Donat Kentang Empuk

Dipos pada May 3, 2022

Donat Kentang Empuk

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Kentang Empuk yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Kentang Empuk yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Kentang Empuk, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Kentang Empuk enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Kentang Empuk adalah 12 pcs besar. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat Kentang Empuk diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Kentang Empuk sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Kentang Empuk memakai 15 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pecinta donat kentang pasti suka deh. Ini rasa kentangnya kuat dan empuk tahan sampai 3-4 hari ya. Adopsi dari resep donat kentang NCC tapi sedikit saya modifikasi ya bunda.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Kentang Empuk:

  1. Bahan A:
  2. 100 gr kentang kukus (haluskan)
  3. 150 gr terigu protein sedang
  4. 100 gr terigu protein tinggi
  5. 20 gr susu bubuk
  6. 40 gr gula pasir
  7. 4 gr ragi instan
  8. 2 kuning telur
  9. 40 ml susu cair
  10. 30 ml air
  11. Bahan B :
  12. 37 gr butter
  13. Sejumput garam
  14. Tambahan:
  15. Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah untuk membuat Donat Kentang Empuk

1
Campurkan semua bahan A, kemudian uleni/mixer sampai kalis. Ciri-cirinya adonan sudah tidak menempel pada dinding wadah.
2
Campurkan bahan B, uleni hingga kalis elastis. Cirinya adonan terlihat mulus, tidak lengket, jika dibentangkan dapat membentuk membran tipis dan tidak sobek. (Penting)
3
Jika sudah, istirahatkan adonan sekitar 5-10 menit. Jangan lupa adonan ditutup plastik/serbet bersih agar donat tidak kering.
4
Setelah 5 menit kempeskan adonan dengan cara ditinju-tinju. Lalu timbang adonan sesuai selera. Saya timbang 50 gr.
5
Rounding adonan sampai mulus, istirahatkan lagi 30 menit. Jangan lupa ditutup ya.
6
Buka donat, lalu lubangi. Istirahatkan lg sampai 30 menit. Ini tidak pasti ya. Tergantung suhu di tempat masing-masing. Jangan lupa ditutup plastik lagi.
7
Kemudian lihat donatnya, jika sudah mengembang 2 kali lipat, dan jika disentuh adonan akan kembali kebentuk semua, artinya siap digoreng.
8
Panaskan minyak dengan api sedang, tes dengan sumpit/lidi jika sudah mengeluarkan gelembung kecil artinya minyak sudah panas. Kecilkan api dan masukkan donat. Tunggu 1 sisi donat kecoklatan baru balik. Setelah seluruhnya matang angkat dan tiriskan.
9
NB: goreng donat dengan minyak banyak. Api kecil cenderung besar. Goreng satu kali balik saja agar tidak menyerap minyak. Semoga berhasil Selamat mencoba

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue pisang kukus

Kue pisang kukus

Lagi bersihin isi kulkas eh nemu 1 buah pisang yang udah matang banget agak lembek gitu, mau di buat bolu gak ada stok telur, mau di buat masakan lain tanggung cuman satu,iseng"di buat kue tanpa telur, rasanya tetap enak dan maknyus buat temenya ngopi#pekanposbar#serbadikukus

1loyang
30 menit
Siomay Mini Kering Pedas

Siomay Mini Kering Pedas

Awal mula pengen bikin ini tuh karena sodara jualan, terus iseng coba bikin siapa tau bisa dan akhirnya langsung scroll cookpad deh cari resepnya apa aja bahan yang dipakai. Ternyata eh ternyata cukup mudah sekali bikinnya dan bahannya gak banyak yang diperlukan.

1 porsi
1 jam
Otak-Otak Kriuk

Otak-Otak Kriuk

Gak pake goreng setengah mateng balur langsung sreng abis dalam sekejap, Source : Ruth Destianty #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya

Kue soes

Kue soes

#CookpadCommunity_Bandung #masakannyaine #goodfoodgoodmood

16. Siomay

16. Siomay

5 org
45menit
Day. 459 Bakwan Jagung (21 month+)

Day. 459 Bakwan Jagung (21 month+)

Gorengan favorit orang serumah. Biasanya bikin bakwan sayur. Kali ini bikin bakwan jagung. Pake tepung Kobe Bakwan Kress. Gampang dan cepat buatnya. Rasanya enak dan orang rumah acc. Source: Dapur Kobe.

Donat Kentang Palm Sugar

Donat Kentang Palm Sugar

Waktunya jatah ngedonat buat stok cemilan krucil... Kali ini pake taburan palm sugar.. Endulllita Recipe : Murniasari Sarifudin #cookpadcommunity_Tangerang

Bakwan Bayam Kobe

Bakwan Bayam Kobe

Source : @dapurkobe Mensiasati anak yg kurang suka makan sayur👍 dengan dibuat bakwan ternyata malah syukkaaak banget😁 dibuat cemilan malah. Ngga sampe 10 mnt udah ludes🤭 Tepung bakwan kobe sangat recomanded banget deh👌🏽 Makanan biasa jadi luar biasa rasanya😋 #MasakItuSaya

Cilok Gluten Free

Cilok Gluten Free

Source detikviliana diadaptasi dari resep mba endang JTT

Corn dog Sosis

Corn dog Sosis

Meramaikan arisan bulan ini, ngerecook cemilan yg isinya favorit kiddos banget, yaitu sosis, dan kebetulan semua bahan ada, terimakasih resep Corn dogsnya mba, setor cooksnapnya juga ya mba @lolitavegga , saya modifikasi sedikit ya 😊 Rasanya tuh manis gurih, dalemnya empuk teksturnya. #masaksetiapbagian #semangcookarisan_LolitaVega #semangcookarisan_DesyChamim #semangcookhokya #cookpadcommunity_semarang

#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

#147 Donat Maizena (tahan lembut hingga 3 hari)

Assalamualaikum wr.wb. Seminggu sekali saya bikin donat karena anak saya begitu suka dengan donat, nah kali ini resep ini adalah hasil uji coba ketahanan donat saya. Alhamdulillah masih tetap empuk selama 3 hari dalam keadaan dimika satu per satu. Semoga bermanfaat!! Resep ini cocok untuk jualan. Happy cooking

Kue Pisang Lapis Rainbow (448)

Kue Pisang Lapis Rainbow (448)

Kue pisang tampil beda..ga selamanya harus dibungkus daun..dicetak dan dibuat warna warni juga bisa...tks mba een @BerandaAqlan resepnya aku modif dikit.. Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15493560-nagasari-pisang?invite_token=W8UTurNZMZ2Q5CaxytCYRLZX&shared_at=1634906289 #Cookies_BerandaAqlan #CookpadCommunity_Tangerang #KuePisang

15 cup
1 jam
Bakwan Sawi Hijau / Caisim

Bakwan Sawi Hijau / Caisim

Source @dapurkobe Masak dengan Tepung Bakwan Kress Kobe ini sangat praktis ya. Solusi mudah makan sayur untuk anak yang picky eater. Anak saya yang suka pilih2 makanannya pun akhirnya mau makan sayur heheheh. Padahal kalau di masakan daun2 selalu dipinggirkan heheheh Nah yuk simak resepnya #cookpadcommunity_jakarta #tepungkobe #bakwancaisimkobe

Risoles Segitiga Isi Rogout Sayur

Risoles Segitiga Isi Rogout Sayur

Lagi males banget sarapan apapun. Tiba2 pengen risol. Tapi dadakan gini males beli keluar. Pas liat persediaan bahan, semuanya lengkap. Ada sisa isian arem-arem. Nah untuk isian rogut, tinggal ditambah tepung maizena dicampur air atau bisa juga tepung bakwan instan dicampurkan ke dalam adonan bahan isian ini, lalu dimasak terus sampai kental #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Kue lapis pelanggi

Kue lapis pelanggi

Ceritanya ni di rumah ada tepung beras dan tapioka,pas ujan2 mau ngemil eh kepikiran deh kira2 bisa buat apa ya,nah jadi kepikiran buat lapis deh,hasilnya mantap dah pokoknya☺️

Kue lapis tepung beras

Kue lapis tepung beras

12 potong
30 menit
Makroni sosis snack 2Th

Makroni sosis snack 2Th

mama papanya suka makroni telor abang2. jadi bikin makroni ini dengan sosis karena stok telor habis :"D