Martabak Manis Mini

Dipos pada May 3, 2022

Martabak Manis Mini

Anda sedang mencari inspirasi resep Martabak Manis Mini yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Martabak Manis Mini yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Martabak Manis Mini, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Martabak Manis Mini enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Martabak Manis Mini adalah 14 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Martabak Manis Mini diperkirakan sekitar 1 jam 30 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Martabak Manis Mini sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Martabak Manis Mini memakai 19 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillah.. sudah hampir sebulan off tulis resep, baru sempat lagi yaa.. Kali ini bikin martabak manis mini buat cemilan bocah yang baru pada recovery habis demam, nemu resep yang cocok untuk di trial di dapur.. Terima kasih @ucieeka untuk inspirasi resepnya.. Yuuk Cobain..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Martabak Manis Mini:

  1. Bahan 1 :
  2. 250 gr terigu serbaguna
  3. 300 mL air
  4. 50 gr gula pasir
  5. 1/4 sdt baking powder
  6. 1/4 vanili powder
  7. 1/4 sdt garam
  8. 1/2 sdt fermipan
  9. Bahan 2 :
  10. 30 gr gula pasir
  11. 1 btr telur
  12. 2 sdm minyak goreng
  13. 1/2 sdt baking soda
  14. Bahan Pelengkap :
  15. Gula pasir
  16. Margarin
  17. Susu kental manis
  18. Meises
  19. Keju cheddar parut

Langkah-langkah untuk membuat Martabak Manis Mini

1
Siapkan semua alat dan bahan.. Dalam wadah, campur semua Bahan 1 KECUALI FERMIPAN dan AIR, dengan menggunakan whisk aduk hingga tercampur rata. Tuang air secara bertahap, aduk merata sampai tidak bergerindil. Tambahkan fermipan dan aduk rata kemudian istirahatkan selama 30 menit
Martabak Manis Mini - Step 1
Martabak Manis Mini - Step 1
Martabak Manis Mini - Step 1
2
Dalam wadah lain, kocok lepas telur+gula pasir hingga larut. Tambahkan kedalam adonan Bahan 1, aduk hingga merata. Terakhir tambahkan baking soda+minyak goreng, aduk kembali hingga merata sampai tidak bergerindil
Martabak Manis Mini - Step 2
Martabak Manis Mini - Step 2
Martabak Manis Mini - Step 2
3
Panaskan cetakan, pastikan sudah panas ya, bisa percikan air keatas cetakan, jika air sudah menguap sempurna tandanya sudah cukup panas, pakai api kecil. Masukkan 1 scoop sendok takar/sendok sayur kedalam cetakan, lalu tekan luapkan agar sampingnya terkena adonan, biarkan hingga muncul gelembung baru taburkan sedikit gula pasir (fungsi gula pasir untuk membantu memecah gelembung)
Martabak Manis Mini - Step 3
Martabak Manis Mini - Step 3
Martabak Manis Mini - Step 3
4
Jika gelembung sudah pecah, dan terlihat berlubang, tutup cetakan dan biarkan hingga matang, kurang lebih 3-5 menit, atau sampai pinggirnya berwarna kecoklatan. Buka tutup cetakan, diamkan sebentar kira-kira 30 detik, agar kulitnya lebih kres/tidak cepat lembek, kemudian angkat
Martabak Manis Mini - Step 4
Martabak Manis Mini - Step 4
Martabak Manis Mini - Step 4
5
Segera oles dengan margarin tipis-tipis, lalu beri topping sesuai selera. Untuk resep ini jadi 14 pcs, saya pakai cetakan lubang 7, jadi pas 2x prosesnya. Hasilnya cukup bersarang, cuma kurang kenyal yaa, mungkin trial selanjutnya bisa tambahkan tapioka/maizena yaa.. Done.. Yuuk Cobain..
Martabak Manis Mini - Step 5
Martabak Manis Mini - Step 5
Martabak Manis Mini - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan Bayam

Bakwan Bayam

Bener kata mba ayu, ini solusi anak yang ga suka bayam dan ternyata enak bayam dibikin bakwan😋 Source: @Ayu_MamaAura @dapurkobe #CookMemberGenkPeda_AyuMamaAura #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Jakarta

Flower Choux - Kue Soes Bunga

Flower Choux - Kue Soes Bunga

Kue Soes yang punya nama kerennya Choux Pastry ini jadi kesukaan saya sejak kecil. Seneng sama teksturnya, tentunya manis & lumer di mulut. Akhir2 ini sempat lihat postingan kue Soes bentuk bunga. Cantiiikk.. langsung beli cetakannya di Market Place & penasaran bikin. Resep kulit soes saya kutip dari Buku resep yg pertama kali saya beli ketika baru lulus kuliah. Kreatif Pastry dari Sedap Sekejap. Menurut saya resep2nya oke banget buat pemula seperti saya. Untuk filling bisa pakai Vla atau pakai Diplomat Creme (lihat resep di CP @dingditskitchen ya)

30 pcs
464.Bakwan Teri Sayur

464.Bakwan Teri Sayur

Dibuat lauk maupun digadoin juga enak. Bikinnya juga simpel. Biasanya cuma teri nasi dicampur tepung bakwan saja kali ini saya tambahkan sayur (wortel dan tauge). Tepung bakwan saya gunakan tepung bakwan kress @dapurkobe. Hanya perlu ditambahkan air saja, rasanya sudah pas😋😋

Tahu Bulat Sederhana

Tahu Bulat Sederhana

21 buah
2 1/2 jam
Bakwan Sayur Sosis Santan

Bakwan Sayur Sosis Santan

Assalamualaikum Wr Wb...salam sejahtera dan sehat selalu, amiin. Arisan Cooksnap 3C bulan Ini yaitu dimenangin Teteh Geulis dari Ciamis, Teh Desriayu @Desriayu_Ecy atau biasa kita panggil Teh Ecy. Cooksnap ke9 yaitu bikin bakwan sayur ada campuran santannya. Pertama kali coba dan enak juga, seringnya santan itu buat campuran pisang goreng loh. Baru tau ada bakwan santan ya dari resep teh @Desriayu_Ecy . Makasih teh inspirasi resepnya🙏, unik😉. Semoga teh ecy n famili sehat selalu lancar rezekinya, amiin🤲. Yuk Markisa, mari kita memasak Senin, 04 oktober 2021 #ArisanCooksnap3C_Desriayu #CookingCommunityClass #CookpadCommunity_Surabaya #SalamKompakSelalu

Kue Lumpur Kentang

Kue Lumpur Kentang

Udah lamaa banget pengen coba buat kue lumpur, dan alhamdulillah nemu resep yg cocok punya @dapuramai rasanya enaakk, lembut banget . Cocok banget buat nemenin ngeteh sore 💛

Donut Pudding

Donut Pudding

Donat itu termasuk jenis roti, cuma cara memasaknya digoreng dan diberi topping macam-macam 😂😂. Nah... Biasanya kalau ada roti sisa yang nganggur dibuat jadi bread pudding, kali ini saya bikin donut pudding pake sisa donat yang ada di toples untuk sarapan, karena donat kalau dipanaskan jadi nggak enak apalagi donat dengan topping. Setelah dibikin jadi donut pudding donatnya enak, nggak keras dan rasa nggak kalah dari bread pudding biasanya. Note : Di sini saya pake donat yang dibaluri gula halus, jadi langsung saya campur jadi satu dalam cup. Kalau menggunakan donat dengan aneka macam topping, pisahkan topping dari donatnya terlebih dahulu atau langsung dipottong tapi dimasukkan dalam 1 cup dengan topping yang sama. Untuk donat yang toppingx tidak dipisahkan takaran gula pada custard vla bisa dikurangi agar tidak terlalu manis. #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingLeague #CookpadCommunity_Kalteng

3 cup
30 menit
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Ada yang tau ini bakwan apa? Ini adalah bakwan caisim lohh. Hasil recooked dari @dapurkobe . Cukup 2 bahan ajah bisa jadi bakwan yang bergizi. Salah satu alternatif untuk anak yang gak doyan makan sayur. Kaya anak bungsu saya nih. Dimakannya pas masih anget, beuh,,, MasyaAllah. Enak dan renyah,, Kuy lah coba #cookpadcommunity_depok #bakwancaisimkobe #tepungkobe #resep_ummu_mayhai

4 orang
30 menit
Kue kering rasa bawang

Kue kering rasa bawang

lagi santai di rumah enak nya bikin cemilan ini .bisa sambil menemani aktvts nantinya sperti membaca buku /menonton tayangan kesukaan

6 org
1 jam 30 menit
Sosis corndog

Sosis corndog

Resep berdasarkan insting sndiri..

10 tusuk
1 jam 20 menit
Cilok Bumbu Kacang Yang Empuk dan Enak

Cilok Bumbu Kacang Yang Empuk dan Enak

source : @Ernisafitri cilok ini enak banget, empuk dan bumbunya itu lo, kata orang jawa luekohhh, maemnya puas, anak sampai ketagihan😂😂 Trimakasih banyak mb Erni @Ernisafitri sudah berbagi resep lezatnya, smg mb Erni sehat sehat selalu #CookpadCommunity_Surabaya

DONAT ENAK, MENUL2 DAN RINGAN

DONAT ENAK, MENUL2 DAN RINGAN

Udah beberapa kali coba resep donut, dan kayaknya ini yg paling pas. Hasil rotinya ringan, menul2, lembut, tidak perlu tambahan kentang.

30-32 pcs
1 jam 30 menit
Cireng Empuk&Kenyal Simple

Cireng Empuk&Kenyal Simple

Assalamualaikum aku yorobun apa kabar? semoga baik-baik ya:b. Kali ini aku mau bagiin resep cireng empuk kenyal tidak alot pastinya, yuk cek resepnya, jangan lupa like and recook ya

2-3 Orang
20 Menit
Donat (2)

Donat (2)

32pcs
Pare kukus bumbu somay kw

Pare kukus bumbu somay kw

Punya sisa2 bahan di kulkas,di satu in jadi lah masakan ini,simple dan yummy ,knp bumbu somay nya kw krn sy tidak pakai kacang tanah 😁, yuk kita cek cara membuat nya #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang

Kue cubit

Kue cubit

15menit
American Risoles

American Risoles

Biasa disebutnya risoles mayo. Ternyata ini Americam Risoles. Okelah. Apapun namanya yang penting rasanya tuh enak banget. Kali ini saya cooksnap resepnya mbak @DianaN_17 Bahan isi saya sesuaikan. #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok