Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju

Dipos pada May 3, 2022

Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju adalah 40 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju memakai 13 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kue lapis tepung beras kali ini, pemanisnya memakai gula aren atau gula jawa. Plus tambahan pisang, susu kental manis, dan keju. sungguh lezat tiada tara. Bisa untuk konsumsi sendiri, atau jualan. Jangan lupa baca rahasia sukses membuat kue lapis tepung beras di halaman tips cookpad.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju:

  1. daun pisang/ plastik, untuk alas, minyak goreng, untuk olesan
  2. 400 gr pisang nangka yang tua dan masak pohon
  3. 100 gr keju cheddar, potong dadu 1/2 cm
  4. Adonan santan:
  5. 1300 gr santan dari 600 gr kelapa parut kupas kulit ari
  6. 400 gr gula aren/gula jawa, sisir halus
  7. 125 gr susu kental manis full cream
  8. 3 lembar daun pandan, sobek-sobek, simpulkan
  9. 1 1/2 sdt garam halus
  10. Adonan tepung:
  11. 300 gr tepung beras kemasan, siap pakai
  12. 150 gr tepung aci/kanji/tapioka
  13. 25 gr tepung terigu protein sedang

Langkah-langkah untuk membuat Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju

1
Alasi loyang persegi ukuran 20 x 20 x 7 cm dengan selembar daun pisang batu. Olesi minyak goreng. Atau olesi minyak goreng, alasi plastik hingga menutupi seluruh dasar, dan dinding loyang. Olesi minyak goreng sekali lagi. Sisihkan. Panaskan dandang atau panci klakat di atas nyala api besar, hingga airnya mendidih.
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 1
2
Didihkan adonan santan di atas nyala api sedang sambil diaduk-aduk, hingga keluar aroma santan gula jawa. Angkat. Saring. Biarkan hangat (suam-suam). Masukan semua bahan adonan tepung ke dalam kom adonan yang besar. Tuang adonan santan hangat secara bertahap sambil diaduk, hingga rata dan licin. Saring. Diamkan 10 menit.
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 2
3
Kukus loyang 5 menit dalam panci klakat panas, hingga panas. Buka tutupnya. Tuang 100 gram adonan (aduk dulu) ke dalam loyang sambil diratakan. Tutup. Kukus 5-6 menit hingga mengeras (mengilap).
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 3
4
Buka panci klakat. Tuang lagi 100 gram adonan (aduk dulu) ke dalam loyang sambil diratakan. Tutup. Kukus 5-6 menit hingga mengeras (mengilap). Ulangi melapis, hingga tersisa adonan sebanyak 200 gram untuk lapisan atas.
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 4
5
Kupas pisang nangka. Potong 4 memanjang, dan iris melintang setebal 1/2 cm. Masukan ke dalam 200 gram adonan lapisan atas. Tambahkan keju. Aduk rata. Tuang 1/2 bagian adonan ke loyang, ratakan hingga menutupi lapisan sebelumnya. Kukus 5 menit hingga mengeras.
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 5
6
Buka tutup panci klakat. Tuang adonan terakhir (aduk dulu) ke dalam loyang. Ratakan hingga menutupi seluruh permukaan lapisan sebelumnya. Tutup panci klakat.
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 6
7
Kukus 20 menit hingga mengeras. kecilkan nyala api. Kukus 30 menit hingga matang tanak. Angkat.
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 7
8
Diamkan kue 12 jam atau semalaman dalam loyang, hingga benar-benar mengeras, agar mudah saat dipotong-potong.
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 8
9
Keluarkan kue dengan cara dibalik, atau diangkat plastik pelapisnya. Potong kue jadi 4 lajur memanjang sama besar memakai pisau yang dibungkus plastik dan beroles minyak goreng. Iris melintang setiap lajurnya setebal 2 cm. Bungkus setiap potong kue memakai selembar plastik bening. Sajikan. Atau siap dijual
Kue Lapis Gula Jawa Pisang Keju - Step 9

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Siomay Ayam Udang

Siomay Ayam Udang

Bismillahirrahmanirrahim Kemarin ada kelas WAG tentang perkukusan lagi.. Membahasan siomay bersama mb anggi @setiaanggri dari jogja. Aku tanya tentang beda dinsum sama siomay sebenatnya itu apa? Ternyata siomay itu bagian dr dinsum,, dinsum itu pakain minyak wijrn lebih berasa dr pada siomay, dan utk sambelnya,, dindum biasanya pksi saos sambel yg merah,, klo siomay biasanya pkai saos kacang. Kemarin langsung eksekusi siomaynya, alhamdulillah berhasil hmm.. Ndaging banget.. Dimakan lamgsung pun enak tanpa sambel , maksih mb anggi imu &resepnya salam sehat selalu utk keluarga. Aamiin ya Rabbal'alamin πŸ€²πŸ˜πŸ€— Monggo bun cap cuz.. Siomay ini bisa utk ide jualan lhoo..gk nyobain nyesel.. πŸ˜€πŸ€­ #pekanposbar #Semangcook_dikukusenak #KelasYoglosemar_kukus #semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

Donat maizena empuukk

Donat maizena empuukk

Dah lama bgt gak bikin donat.. Pgen bikin tapi males kupas" kentang,cari resep di cookpad Alhamdulillah dapet resep ny mbk Wiwit Sri w .. Bahan nya simple,cara bikin nya jg mudah .. rasa nya dijamin enaakkk lembut empuukkk.. Catet dlu resep nya sebelum kelupaan hehe..

Pastel bihun

Pastel bihun

#TimGorenganAsin ngacuuunggg . Bikin pastel yukk ... Ini best seller dijualanku waktu itu , sekarang sudah jarang open PO karna lagi ga pengen jualan πŸ˜‚πŸ˜‚ ..

12pcs
60 menit
Dimsum Siu Maai (Siomay) Daging Sapi

Dimsum Siu Maai (Siomay) Daging Sapi

Assalamu'alaikum Sudah hari sabtu lagiii, waktunya Semarak Clover, minggu ini temanya "Dimsum" Ide dari mb Riska @chk_14081984 , sehat sehat selalu yaa mb πŸ™πŸ™ Dimsum (tradisional: ι»žεΏƒ, sederhana: η‚ΉεΏƒ hanyu pinyin: dianxin) adalah istilah dari bahasa Kantonis dan artinya adalah "makanan kecil". Biasanya dim sum dimakan sebagai sarapan atau sarsi. Namun karena dimsum populer ke dunia dari Hongkong maka istilah dimsum lebih populer dibandingkan dianxin. Dimsum terdiri dari berbagai macam penganan kecil-kecil yang biasanya merupakan makanan bersama teh. Orang Kanton sendiri sangat mementingkan acara minum teh yang disebut yamcha (Hanzi: 飲茢, hanyu pinyin: yincha). Beberapa makanan dimsum: Bakpao, Fung zau, Siomai, Dumpling, Hakau, Gyoza, Xiaolongbao (Wikipedia) Hari ini aku bikin dimsum siomay. Pake resep mb @DianaN_17 , untuk bahannya aku pake daging sapi. Source : https://cookpad.com/id/resep/15345164-dimsum-ayam-kenyal-dan-gurih?invite_token=PUEx8bURXgwDNAUQM85xpbzn&shared_at=1634989547 #DimsuminAja #Semarak_DimsuminAja #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Yogyakarta #genkpejuangdapur #Genkpeda_Eksis #Cookmembergenkpeda_DianaNurjanah #Selaluistimewa #KopiJos

Donat Kentang Palm Sugar

Donat Kentang Palm Sugar

Waktunya jatah ngedonat buat stok cemilan krucil... Kali ini pake taburan palm sugar.. Endulllita Recipe : Murniasari Sarifudin #cookpadcommunity_Tangerang

Kue Nona Manis

Kue Nona Manis

by Nur Faizah #Resep recook from Lis Achmady from Youtube

Fluffy Doughut (Donat Montok)

Fluffy Doughut (Donat Montok)

Donat ini termasuk comfort food nya kiddos. Pasti lah yaa, semua anak pasti suka Donat. Kadang bikin Donat begini, belum sempat ditopping apa2 sudah habis aja dicamilin. Anak anak paling suka ditabur gula halus atau Selai coklat. Saya biasa bikin langsung banyak, biar sekali kerja. Selesainya langsung disimpan dikulkas atau di frozen. Kalau mau makan tinggal dikukus atau dipanggang sebentar. Stok camilan praktis pokoknya 😊 Selamat mencoba πŸ’•

Risoles isi ragout daging cincang

Risoles isi ragout daging cincang

SoreΒ² hujan... Ada sedikit daging cincang dan kawanΒ², cemplangcemplung jadilah risoles kesukaan anakΒ²... Prona dan prohe lengkap tersaji dalam kudapan ini... Tentu sehat+mengenyangkan... πŸ₯°

15-20 bh
263. Gandos / Pancong / Rangi / Bandros πŸ‘

263. Gandos / Pancong / Rangi / Bandros πŸ‘

#CookpadCommunity_Jakarta #CookpadIndonesia Source : Cicilia Yustina Salamony

17 pcs
15 menit
212. Kue Apem Ubi Ungu

212. Kue Apem Ubi Ungu

Minggu ini ada Olahan dari Palawija yang selama ini kita anggap pilihan yang kedua setelah padi contoh salah satunya adalah Ubi yang merupakan makanan pegganti selain nasi rasanya manis dan mengenyangkan cocok buat yang lagi diet 😁 ayoo ahh dicoba bikinnya πŸ€— Sumber : Cita rasa atjeh https://cookpad.com/id/resep/14565687-apem-labu-kuning-merekah?invite_token=2YbKhUw4NQHaycGCgw6pGPZB&shared_at=1635060633 #JABODETABEK_OLAHANPALAWIJA #COOKPADCOMMUNITY_BEKASI

Resep Kue Muffin Coklat

Resep Kue Muffin Coklat

Mudah dan enak! Chocolate Muffin untuk snack sore kamu Tonton juga videonya: https://youtu.be/uXnqDYowV9g β–· Daruma Cooking Happy Cooking : ) #muffin #coklat

4 porsi
30 menit
Martabak Telur

Martabak Telur

Nyoba buat sendiri, eh ternyata ga mudah ngelebarin adonan kulitnya. Kalo liat abangnya puter-puter adonan, kayanya enak, pas nyoba sendiri, masyaAllah.. #CookpadCommunity_Tangerang

3 orang
1 jam
Bakwan bayam

Bakwan bayam

Source: @Dapurkobe Cara asik menikmati sayur 🀀🀀😍 #TepungKobe #DapurKobe #BakwanBayam #KobeTepungBakwanKress #BakwanBayamKobe #GenkPejuangDapur

7 porsi
20 menit
Tahu Isi Sayuran Ebi

Tahu Isi Sayuran Ebi

Masih punya beberapa potong tahu di kulkas... Biasanya kalo bikin tahu isi sayuran gag pernah ketinggalan pake toge, nah kali ini karna mager berat kualitas limo buat ke pasar yaudah pake apa yg ada aja.. gag perlu banyak basa basi ini ludes dalam hitungan menit, alhamdulillah.. Sehat dan berbahagia selalu ya teh @DianaN_17 dan keluarga πŸ€—πŸ₯° Source : @DianaN_17 #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookmemberGenkPeda_DianaNurjanah #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanTahuMamiFay

Kue Bawang Spesial

Kue Bawang Spesial

Anak2 kalau hobbi ngemil mom harus kreatif, serba bisa,nah kalau semua mesti jajan ... alamat bakal boros...jadi mom harus smart ... mensiasati berbagai peluang... termasuk bisa jadi peluang usaha..ya gak mom...gak tau awal kue bawang dari mana...yang jelas...enak aja buat cemilan.. walaupun berbagai macam cemilan disekitar kita banyak...

banyak
1jam 30 menit
Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Kue Panggang Khas Minang Sumatera Barat

Pada postingan saya sebelumnya juga pernah membuat kue panggang, bentuk daun. Sekarang ada versi lainnya yaitu pakai kacang tanah. Rasanya mirip kue kacang tapi lebih kokoh dan sedikit keras. YouTube : desmawati kuretangin Link resep : https://youtu.be/oqnNS2p-WKI #CookpadCommnunity_Sumbar

79. Otak-Otak Sambel Mercon

79. Otak-Otak Sambel Mercon

Bikin cemilan yang cepett dan mengenyangkan sekaligus bikin lidah bergoyang .. Karena kepedesan .. hihiii Bisa jg jd lauk lhooo mams, dimakan bareng2 nasi panaass. . Duuhh ngeunah pisan πŸ™ #OtakOtak #SambelMercon #CookpadCommunity_Jakarta

15 menit