Donat Gula Jadul

Dipos pada May 9, 2022

Donat Gula Jadul

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Gula Jadul yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Gula Jadul yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Gula Jadul, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Gula Jadul enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Gula Jadul adalah 10 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat Gula Jadul diperkirakan sekitar 1 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Gula Jadul sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Gula Jadul memakai 13 jenis bahan dan 16 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#cloverdandelion17 #donat Hai, moms. Hari ini aku bikin donat gula jadul yang biasa mamakku bikin. Jadul karena bikinnya tidak harus mikirin ada white ringnya dan jadul karena masa fermentasi cukup satu kali aja selama 30 menit. Walau jadul tetap lembut loh, moms. Fyi, donat ini biasa mamakku bikin dadakan untuk disajikan ke tamu yang berkunjung kerumah. Dan ini bukan kategori donat yang ringan seperti donat² mall yah, moms.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Gula Jadul:

  1. ● Adonan donat:
  2. 500 gram tepung terigu warungan aja
  3. 70 gram gula pasir (7 sendok makan tidak munjung)
  4. 2 sendok teh ragi roti instant
  5. 1 sendok makan susu kental manis putih
  6. 1 sendok makan madu (boleh diganti susu kental putih)
  7. 1/2 sendok teh emulsifier mis: sp, tbm, ovalete (tambahan aja)
  8. 1 sendok teh vanili cair/bubuk (tambahan aja)
  9. 250 mili air hangat
  10. 50 gram margarin
  11. 1 sendok teh garam halus
  12. ● Topping:
  13. Gula halus

Langkah-langkah untuk membuat Donat Gula Jadul

1
Campur jadi satu terigu, telur, ragi, gula, madu, susu, emulsifier, vanili cair, air hangat. Adon dengan tangan saja sampai adonan tercampur dengan baik. Noted: Air hangat membuat bahan adonan tercampur dengan baik dan proses mengulen ditahap kalis juga lebih cepat. Takaran air untuk tepung protein tinggi tentu berbeda jadi berikan bertahap saja.
Donat Gula Jadul - Step 1
2
Setelah adonan kalis tambahkan margarin dan garam halus. Adon sampai menjadi adonan yang licin tidak perlu sampai ada window pane nya. Aku adon pakai tangan aja selama 10 menit tanpa membanting² adonan. Noted: jika adonan dirasa lengket cukup olesin kedua telapak tangan dengan minyak sayur.
Donat Gula Jadul - Step 2
3
Seperti ini, moms. Ini beratnya 1000 gram. Dan langsung dibagi 20 dengan berat 50 gram. Noted: membagi adonan jangan ditarik² tapi potong menggunakan pisau ataupun spatula, setelah itu timbang. Jika ketika membagi dan merounding terasa lengket, olesi kedua telapak tangan dengan minyak sayur.
Donat Gula Jadul - Step 3
4
Ambil satu adonan lalu bulatkan atau rounding. Lihat bagian bawah jika agak merekah cukup dicubit² dan bulatkan atau rounding kembali.
Donat Gula Jadul - Step 4
5
Lalu pipihkan dengan telapak tangan.
Donat Gula Jadul - Step 5
6
Lubangi tengahnya. Noted: bisa juga dilubangi dengan bantuan jari telunjuk. Cekupkan jari telunjuk pada tepung terigu dan buat lubang pada adonan hingga membentuk donat.
Donat Gula Jadul - Step 6
7
Setelah semua selesai dibulatkan lalu tutup dengan serbet dan diamkan selama 30 menit (hidupkan timernya)
Donat Gula Jadul - Step 7
8
Setelah 30 menit, siap untuk digoreng.
Donat Gula Jadul - Step 8
9
Goreng dengan api sedang cenderung kecil.
Donat Gula Jadul - Step 9
10
Goreng donat cukup sekali balik agar tidak banyak menyerap minyak. Noted: ketika donat kita masukkan ke minyak dalam hitungan 5 detik langsung kita balik yah, moms. Posisi atas yang gak kena minyak ke bagian bawah minyak. Dan biarkan sampai donat berwarna golden brown baru kita balik lagi untuk mematangkan sisi satunya.
11
Beri taburan gula halus ketika donat benar-benar dingin.
Donat Gula Jadul - Step 11
12
Untuk: 20 donat.
Donat Gula Jadul - Step 12
13
Noted: untuk mendapatkan white ring donat maka prosesnya agak panjang. Adonan donat harus ditahap windon pane dimana ketika adonan kita lebarkan setipis kulit ari tidak robek. Dan masa fermentasi bisa 2 sampai 3 kali.
Donat Gula Jadul - Step 13
Donat Gula Jadul - Step 13
Donat Gula Jadul - Step 13
14
Suka pakai ceres atau gula, moms?
Donat Gula Jadul - Step 14
Donat Gula Jadul - Step 14
15
Roti goreng kelapa
16
Roti goreng wijen khas Medan.

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bento Diet Perkedel Kentang Panggang, Sop Bening & Telur Gulung

Bento Diet Perkedel Kentang Panggang, Sop Bening & Telur Gulung

Dalam rangka mengurangi konsumsi makananan berminyak ataupun digoreng. Coba buat perkedel kentang panggang mudah dan rasanya lembut.

1 orang
34 menit
52. Ote - ote / bakwan / bala - bala

52. Ote - ote / bakwan / bala - bala

Ote ote terfavorit dari jaman masih ada ibu, sampai sekarang sudah jadi ibu. Ote ote sangat banyak diminati di semua kalangan. Selain rasanya enak, gurih dan ada beberapa sayur yang ada di dalamnya. Sehingga ote ote ini sangat cocok diberikan pada balita yang sedang GTM (Gerakan Tutup Mulut). Kebetulan saya buat resep ini hasilnya sekitar 12 ote ote ya.. Tergantung ukuran dan bahan juga. Ini yang saya foto, kebetulan baru matang 1. Hehe Untuk lebih lanjut nya kita liat di resep bawah ini yuk..

3-5 orang
60 menit
Donat waluh (labu kuning)

Donat waluh (labu kuning)

banyak labu di rumah hasil dari ngasih teman,saudara,, bosen buat kolak,akhr nya di buat donat dech...

50 porsi
1jam1/2 menit
Telur gulung sosis

Telur gulung sosis

Assalamu'alaikum.. Pertama kali buat telur gulung sosis Alhamdulillah langsung berhasil... #tips nya ketika menggulung dadar telur nya masih setengah matang belum kering betul dan jika diberi isian isiannya jangan terlalu banyak atau jangan terlalu besar potongannya agar mudah ketika menggulung nya.. Harusnya ditambahi daun bawang dan wortel tapi karena gak punya akhirnya aku skip hehe.. Terimakasih bunda Nur Ummu Faris @farisfaris8654 atas resepnya.. Link resep: https://cookpad.com/id/resep/15287466-telur-gulung-sosis-gyeran-mari?invite_token=NcxAqEzEwmLiqCXvJi6pPsC5&shared_at=1634279355

24. Donat

24. Donat

Menurut sy resep ini paling simpel,begitu jg dg rasa donatnya, juara! Source : umikitchen88

14 bh
Lumpia indomie

Lumpia indomie

15 pcs
30 menit
Martabak Telur Kulit Lumpia Krispi

Martabak Telur Kulit Lumpia Krispi

Martabak telur krispi pake kulit lumpia siap pakai, praktis banget dan rasanya enak kriuk krispi Source @DianaN_17 Link resep asli https://cookpad.com/id/resep/14832591-martabak-telur-kulit-lumpia?invite_token=ffcZ8a2uvj2fRVwzabyf2Npf&shared_at=1635062182 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_DianaNurjanah #Cookpadcommunity_bali

Kue Rangin / Pancong

Kue Rangin / Pancong

Jaman kecil dulu banyak sekali yang menjual panganan satu ini. Seiring perkembangan jaman, panganan satu ini tergantikan dengan makanan-makanan modern. Terkadang kangen juga dengan makanan ini, apalagi di perumahan saya tidak ada orang yang berjualan maka dari itu buat sendiri yukk. Source : @Citraharies59

Cilok tetelan sapi

Cilok tetelan sapi

Ini makanan yg saya suka, kalau jajan ini gak cukup sedikit🤣

4 orang
30 menit
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Assalamualaikum... Selamat pagi semuanya... Akhir pekan ini masak apa nih Bunda ? Gimana kalau kita cobain resep terbaru dari Kobe ? Ya... Bakwan Caisim Kobe. Caisim atau sawi hijau selain dimasak juga enak lho dibikin bakwan. Apalagi buat anak-anak yang susah banget makan sayur, Bakwan Caisim ini adalah solusinya. Dengan menggunakan tepung bakwan Kobe, tekstur bakwan jadi renyah dan empuk. Anak-anak pasti suka... #TepungKobe #BakwanCaisimKobe

Corndog sosis ekonomis

Corndog sosis ekonomis

Corndog sosis ala haelmoni di drakor start up :D

30 potong
Bolu coklat untuk kue ulang tahun

Bolu coklat untuk kue ulang tahun

Cerita di balik bikin bolu ini karena anak laki laki saya ulang tahun karna sering melihat temannya merayakan ulang tahun dan di beri kue kemudian anak saya meminta di buatkan kue .. akhirnya saya buatkan karena tidak harus merayakan ulang tahun untuk menikmati kue ulang tahun kapan pun dia mau jika sempat pasti saya buatkan

30 menit
Kue pisang kukus anti gagal

Kue pisang kukus anti gagal

Resep ini khusus dibuat untuk ayah saya yang menderita diabetes, karena sulit untuk cari cemilan akhirnya saya coba buat, dan hasilnya enak tidak terlalu manis dan sangat praktis untuk dibuat dirumah

3 porsi
25 menit
Somai kering (soker) atau pangsit goreng isi tpg sagu

Somai kering (soker) atau pangsit goreng isi tpg sagu

Sp yg suka cemilan kriuk2? Cung☝️. Smbl nonton, smbl baca, smbl webinar hrs ada yg digayem ya buibuu😊. Ini gampil bgt, cuma PR ngisi & bulet2innya..hehe. Yuk coba moms🤗

1 jam
Cemilan sehat pakai Oats

Cemilan sehat pakai Oats

Buat sy ini sehat sih krna tanpa gula tanpa tepung, dan minyak2an. Buat sarapan pagi or tmn ngeteh di sore hari. Dan 1 hal irit gas, masaknya cpt gk pake lama 😅. Cobain deh 😊

Bakwan Kangkung

Bakwan Kangkung

Dari kemarin kangkung diolahnya tumisan, karena hari ini masak sayur sop ceker jadinya kangkungnya di bakwan aja.. Nyumss.. Kress renyah 👏😍 Btw itu untuk takaran, kalian bisa pas bikin icip-icip rasanya pas atau kurang ya, tinggal ditambahin aja. Karena kan ukuran sayur kangkung tiap tempat beda-beda, jadi nanti takut kurang pas rasanya hihi 👍👌 . NontonYoutube Channel ku yaaa : Dinda Arya Setyarini . #cookpadcommunity_tangerang

Kue Talam Jagung Pandan

Kue Talam Jagung Pandan

Resep: IG veronicadhani Masih dgn olahan palawija nih. Kali ini buat Kue Talam Jagung Pandan mumpung punya jagung frozen. #Jabodetabek_OlahanPalawija #cookpadcommunity_tangerang #posbarpalawija