Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Dipos pada May 9, 2022

Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

Anda sedang mencari inspirasi resep Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) adalah 12 bungkus. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) memakai 7 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Inilah cikal bakal kue pisang yang sesungguhnya πŸ˜€ Sebab jaman dulu, sebelum segala jenis kue modern berbasis pisang bermunculan, kalau kita bilang "kue pisang", ya ini. Yang dijual di pasar jaman ortu kita dulu. Yang hanya berbahan utama tepung beras, dan harus dibungkus daun pisang, agar aroma dan warna kuenya nanti agak sedikit ada nuansa hijau tipiiiis setelah dikukus kalau pakai daun pisang tua. Jaman sekarang orang bilangnya nagasari. Tapi nagasari yang dijual di toko2 kue modern, kebanyakan bercampur dengan bahan tapioka/sagu. Bikinnya super gampang, kayak bikin pudding. Tapi ini saya buat yang kedua kali kali, sebab yang pertama rada gagal (kuenya kempot wkwk). Gampang kok gagal? Ya namanya masak ya, ada langkah kurang tepat dikit, bisa gak jadi. Jadi belajar dari kesalahan pertama, kali ini saya gulung daun pisangnya lebih 'serius' dan ngukusnya gak lama, cuma 15 menit.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul):

  1. 150 gr tepung beras
  2. 100 gr gula pasir
  3. 600 ml air santan (saya: 100ml santan instant + air)
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1 lembar daun pandan
  6. Secukupnya pisang kepok/tanduk, kukus, belah 2
  7. Secukupnya daun pisang yang sudah dilemaskan di atas api

Langkah-langkah untuk membuat Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul)

1
Siapkan bahan. Kukus pisang, dan setelah dingin belah dua.
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 1
2
Campur bahan kering (tepung, gula, garam), campur rata. Larutkan santan dengan air, tuang ke dalam wadah tepung. Aduk rata dengan whisker.
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 2
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 2
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 2
3
Tuang adonan ke dalam wajan, masukkan daun pandan. Masak dengan api kecil sambil terus diaduk (penting: jangan berhenti ngaduk), sampai adonan mengental. Sisihkan, biarkan dingin dulu (jangan langsung dibungkus daun pisang). Setelah ini bisa siapkan/panaskan kukusan.
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 3
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 3
4
Setelah adonan tidak panas lagi, ambil 2 sdm, letakkan di tengah daun pisang, ratakan sedikit. Taruh potongan pisang di atasnya, tutup dengan 1 sdm adonan.
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 4
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 4
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 4
5
Gulung daun dari sisi bawah, usahakan gulung padat. Lipat kedua ujungnya ke tengah. Kemudian kukus selama 15 menit saja.
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 5
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 5
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 5
6
Setelah 15 menit, angkat dan sisihkan. Biarkan dingin dulu sebelum disantap ya. Dimasukkan kulkas lalu dimakan dingin2 malah enak, karena tepungnya jadi padat tapi lembut πŸ™‚
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 6
Nagasari Tepung Beras (a.k.a Kue Pisang resep jadul) - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Lapis India Bergoyang

Kue Lapis India Bergoyang

Kue lapis india ini salah satu kuliner khas kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Untuk membuat tekstur bergelombang, kue lapis india ini harus di kukus menggunakan api besar. . Perlu siapkan air yang banyak di dalam pengukus. dan Hasil lapisan goyang india sangat bagus dan kue lapis terlihat lebih cantik . modifikasi resep dari . inspirasi : @minienora #CookpadCommunity_Kalsel #Rekreasi_Kalsel #CookpadCommunity_Palembang #ResepNeti

Kue Lumpur Labu Kuning

Kue Lumpur Labu Kuning

Selain enak dan mudah diolah, labu kuning kaya kandungan nutrisi. Mulai dari karbohidrat, protein, vitamin C, kalium, kalsium dan aneka vitamin serta mineral lainnya. Tinggi serat pula. Resep terinspirasi dari @Yanihataka04 dan aku hanya membuat setengah resep saja. Ternyata lariiiis πŸ˜… Kapan-kapan bikin lagi deh... simpel kok. Tinggal campur-campur aduk-aduk, panggang, jadi. Yuuk cobain... #mbantuk_kuetradisional #CookpadCommunity_Bandung

16 pcs
Donat TANPA telur dan susu

Donat TANPA telur dan susu

Dapat resep dari teman saya 🌹🌹 Dan udah praktek kesekian kalinya,dijadikan roti sobek jg mantul πŸ‘πŸ‘πŸ‘

CHAI THAU KUE (KUE LOBAK EBI)

CHAI THAU KUE (KUE LOBAK EBI)

Karena suami pecinta kue lobak,iseng2 lah bikin sendiri daripada selalu beli dan belum tentu cocok dilidah!!

-+4-5 orang
-+ 1- 1,5 jam an
Bakwan Sawi Hijau / Caisim

Bakwan Sawi Hijau / Caisim

Source @dapurkobe Masak dengan Tepung Bakwan Kress Kobe ini sangat praktis ya. Solusi mudah makan sayur untuk anak yang picky eater. Anak saya yang suka pilih2 makanannya pun akhirnya mau makan sayur heheheh. Padahal kalau di masakan daun2 selalu dipinggirkan heheheh Nah yuk simak resepnya #cookpadcommunity_jakarta #tepungkobe #bakwancaisimkobe

Tahu Bulat Sederhana

Tahu Bulat Sederhana

21 buah
2 1/2 jam
Kue Cucur Gula Merah

Kue Cucur Gula Merah

Alhamdulillah...🀲 akhirnya bisa ikutan juga meramaikan kegiatan WAG Minggu ini setelah sekian purnama susahnya signal ditempat saya...nah kali ini bikin kue Tanpa Telur, baiklah resep kue cucur ini memang anti gagal... Kebetulan lagi pengen banget kue vavorit sepanjang masa.. yuk ah bikin πŸ§‘β€πŸ³ Source: @adityadamayanti #BarapiManjuhu #DiaBatanteloh #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Borneo

Kue Mawar Talas πŸ’œ

Kue Mawar Talas πŸ’œ

Source : @ge_aja_simple Kue mawar ini simple dan enak, mirip kue lapis atau kue talam. Kenyal, manis dan gurih. Cobain yukk.. #semangcookhokya #cookpadcommunity_semarang

Bakwan jagung / dadar jagung / rempah jagung ala saya

Bakwan jagung / dadar jagung / rempah jagung ala saya

Ini sebenarnya resep turunan dari ibu saya di Tulungagung. Ibu saya menyebutnya rempah jagung, entah kenapa disebut rempah, padahal sama sekali gak ada bumbu rempahΒ² nya. Saat di Malang, orangΒ² menyebutnya dadar jagung/bakwan jagung. Namun sedikit berbeda, rempah jagung yg biasa dibuat ibu saya ini didominasi oleh jagung, sedangkan tepung hanya pelengkap saja dan penggunaannya sedikit. Sebaliknya, dadar jagung/bakwan jagung yg saya jumpai di tempat lain lebih didominasi oleh tepung dibanding jagungnya. Saya suka sekali makan rempah jagung ini baik dicellmilin atau sebagai lauk. Tapi seringnya memang sebagai lauk.

Risoles isi Balado Hati Ayam

Risoles isi Balado Hati Ayam

Risoles isi sosis ? Mayonaise ? Daging Ayam ? Udah biasa ! Kali ini Bestie mau ngajakin Sobat Bestie nyobain Risoles isi balado hati. Hati ayam punya nutrisi baik untuk kamu yang sering punya keluhan anemia, jadi risoles isi balado hati ini bisa kamu jadiin camilan sehat dan enak yang akan semakin mantap dinikmati sore sore nih,Sob. Mari kita coba !

4-5 orang
45 menit
Sosis corndog

Sosis corndog

Resep berdasarkan insting sndiri..

10 tusuk
1 jam 20 menit
Bakwan Daun Singkong

Bakwan Daun Singkong

#TerimakasihKobe #BersamaKobe #RecookBubuhanKaltim #KulaEtamCoCoK #CookpadIndonesia #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Samarinda #CookpadCommunity_Kalimantan.

Siomay Ayam Lezat Ala Fibercreme

Siomay Ayam Lezat Ala Fibercreme

Source : Fibercreme FRC11 #BhirasKitchen #CookpadCommunity #CookpadCommunity_Depok #MasakItuSaya

Bakwan Sayur Bayam ala kobe

Bakwan Sayur Bayam ala kobe

Masak enak.. Masak simple.. Ya dikobein aja... Ga pake ribet, cepet pula.. Nah ini salah satu solusi bagi keluarga yg ga begitu suka sayur. Dibikin bakwan pasti buat ketagihan.. @dapurkobe memang selalu kreatif dalam membikin sajian.. Yuk mari dicoba

Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Pernah ga sih kepikiran wlu dianggap sederhana tp ink tips n trik tersendiri mengenai singkongπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜†πŸ˜‰? Klu beli kang gorengan pasti singkongnya mempur bagus.pdhal hasil membuktikan di lapangan kita sering kli dpti singkong krng bagus alias saat sdh di proses hasilnya ga mempur.sebetulnya dilihat mudahnya saat kita mndpti singkong kurang bgus berdampak emng ga mempur alias bisa bantet ibarat kata kerupuknya bgt ya. Saat kita kupas singkong.jika kulitnya mudah mengelupas biasanya ith tandanya singkong bgt dan mampur .sebaliknya jika kekep saat dikupasnya aga susahatau kulitnya nemepel bgt gt.biasanya hsilnya krng bagus Cusss tahap kepoin tahap selanjutnya agat singkong mempur dan bisa merekah yaakkπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ˜‰πŸ˜† #MasakSetiapBagian

432. Apel Pie Kulit Lumpia

432. Apel Pie Kulit Lumpia

Versi sederhana apple pie, dibuat dari kulit lumpia dengan isian potongan apel yang dimasak dengan gula dan kayu manis. Cocok jika ingin cemilan yang ringkas cara membuatnya. Seger dari apelnya dan kriuk kulitnya. Mengcooksnap resep account annisazuhara Resep asli di sini : https://cookpad.com/id/resep/4070457-apple-pie-kulit-lumpia?invite_token=xLtQTRbW8iigNrLdyuUvmBwn&shared_at=1631794892 #CookpadCommunity_Depok

10 potong
30 menit
ES KRIM ROTI TAWAR TINGGI KALORI-Snack MPASI 8bulan++

ES KRIM ROTI TAWAR TINGGI KALORI-Snack MPASI 8bulan++

Siapa yang baby nya lagi GTM? atau siapa yang baby nya lagi tumgi? merapat yuk buπŸ€— Kali ini ibun share resep snack mpasi yang mengeyangkan & bisa banget meredakan ngilu tumgi baby😍 Bonusnya es krim ini tinggi kalori loh karbo, prohe, lemak semua ada disini. Jangan ragu buat recook ya bun, dijamin baby pasti suka❀️ Selamat mencoba & semoga bermanfaatπŸ₯°πŸ™πŸ» #resepMpasiSena #snackmpasi #snackmpasitinggikalori #bbbooster #tinggikalori #eskrimmpasi #icepop #icecream

3-4 ice pop
Kue Janda Khas Bugis

Kue Janda Khas Bugis

Assalamu'alaikum,..bila ada kue kering Janda Genit maka kue tradisional juga ada yang namanya Kue Janda (Bugis red : Beppa Janda). Jangan tanya aku asal usulnya yaa,..he,., jauh sebelum ummi melahirkan aku ke dunia, kue ini sudah terkenal di SulSel. Kue ini perpaduan singkong, pisang dan kelapa ditaburi gula. Di daerah lain juga ada dengan nama yang berbeda. Apapun namanya, yuuk kita lestarikan kuliner tradisional khas daerah! #KueTradisional #KulinerNusantara #KueKhasBugis

24 buah
1 jam