Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok)

Dipos pada May 9, 2022

Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok)

Anda sedang mencari inspirasi resep Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) diperkirakan sekitar 30-45menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) memakai 7 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Saus kacang yg satu ini emang identik sama street food di sekitar kita yaa 😁 dan ternyata bahannya simple banget 😍 coba yuk bikin sendiri dirumah #CookpadCommunity_Solo #WongSoloMasak #Timlo_TimCookpadCommunitySolo

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok):

  1. 100 gr kacang tanah
  2. 4 buah cabe merah keriting
  3. 2 lembar daun jeruk
  4. 40 gr gula merah, disisir
  5. 1/4 sdt garam
  6. 2 siung bawang putih
  7. 200 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok)

1
Goreng kacang sampai setengah matang. Kemudian masukkan bawang putih & cabe. Goreng sampai cabe layu. angkat, dinginkan.Kemudian haluskan
Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) - Step 1
Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) - Step 1
2
Tumis bahan yg sudah dihaluskan, tambahkan daun jeruk. Tumis sampai minyak meresap. Kemudian tambahkan air, gula merah & garam.
Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) - Step 2
Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) - Step 2
3
Masak dengan api kecil sampai terlihat ada minyak terpisah di permukaan. Bila terlalu kental bisa ditambahkan air sesuai selera. Koreksi rasa. Dinginkan. Siap disajikan
Sambal Kacang (untuk siomay, batagor, cilok) - Step 3

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

43. Dimsum Siomai

43. Dimsum Siomai

Beberapa kali bereksperimen bikin dimsum siomai alhamdulillah ini akhirnya yang pas dan orang-orang rumah bilang enak, insyaallah saya mau jualin, semoga resepnya bermanfaat dan untuk jadi pengingat saya juga ❀️❀️ Tapi untuk sausnya saya masih bereksperimen, kalau ada yg pas insyaallah akan saya share 😍

15-20 pcs
Tahu Cilok Bunga Telang

Tahu Cilok Bunga Telang

Hasilnya kenyal walo sudah dingin #tahucilok

20 pcs
Martabak Telor Jadul (jajanan anak era 90an)

Martabak Telor Jadul (jajanan anak era 90an)

Telur tuh emang diapain aja enak ya, dan dia selalu jadi bahan yg sering di stok di kulkas, saat bingung mau masak apa pasti larinya ke si telor ini 😁 Oya salah satu jajanan jaman dlu yg bahan utamanya telor ya ini, rasanya gurih, enak banget kala itu, dan bisa jajan ini aja udah seneng deh pokoknya. πŸ˜„ Sampe sampe abang abang yg tukang jualannya di tungguin setiap hari πŸ˜… #Cookpadcommunity_semarang #masaksetiapbagian

Donat Ubi kuning

Donat Ubi kuning

26 bj
1 jam
Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu isi pedes versi saya ya.. Maafkan gorengan lagi, hihihi.. *boleh di tumis dulu cabenya, tapi rasa pedesnya agak berkurang *boleh juga cabenya disiram minyak panas (seperti membuat sambal korek) untuk menghilangkan bau langu cabe

10 buah
1 jam
Cilok Simple

Cilok Simple

Buat bukti ke orang yang sering menghina saya gabisa apa", Alhamdulillah walau ga terlalu handal, saya ga buta" banget soal masak atau sekedar buat kue, semoga hinaan siapapun bisa jadi motivasi buat saya dan teman" semua πŸ™πŸ»πŸ™‚

4-5 orang
Ide Jualan Sempol Ayam

Ide Jualan Sempol Ayam

Cocok untuk jualan, untung banyak. Modal 73.000 hasil melimpah Nih sempol kalo udah mateng dicelup telur 2x rasanya mantab, alhamdulillah punyaku sisa 7biji

Siomay Ayam Udang (dimsum)

Siomay Ayam Udang (dimsum)

Suami ak suka bgt sama yg namanya siomay.. Nah ak suka bikinin yg ini, tiap makan pasti selalu ngmg enak dan wangi.. Baunya kyk siomay abang2 (yg panci biru) hehehe.. Coba deh bikin kalo gak percaya.. 😊

30an biji
2 jam
Cemilan Roti Goreng Cornflakes

Cemilan Roti Goreng Cornflakes

Waktu itu liat xabiru bikin ini, jd nyobain ternyata enak banget tp gaada maple syrupnya jd kita pake yg ada aja susu kental manisπŸ₯² kalo gasalah namanya juga bukan ini wkwk lupaaa

Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Cooksnap dari resep Mbak @tatta_manyund . Tadinya bertanya-tanya bagaimana rasanya pakai Kayumanis. Ternyata oke lah. Thanks resepnya Mbak Tataku πŸ˜˜πŸ˜˜πŸ˜πŸ˜πŸ’–πŸ’•πŸ’–πŸ’•. Modif dikit ya, Mbak takarannya sama aku tambahin merica. Semoga berkenan πŸ˜˜πŸ™πŸ™ !! #CooksnapTataKirana #Semarak_CooksnapTataKirana #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #EmakNusantaraKreatif #CookpadCommunity_Banjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_KalSel

Siomay Ikan Kakap

Siomay Ikan Kakap

Seperti biasa setiap weekend ada posting bareng grup #CloverCookingLover yg kali ini bertema dimsum atau semacamnya. Disini saya hanya ikut meramaikan saja karena telat posting, maaf ya... Saya cooksnap resepnya @desfita_rozzen tapi saya tidak membuat saus siomay & hanya memakai setengah resepnya saja. Semoga berkenan ya... Di resepnya saya memakai labu siam. Labu siam merupakan salah satu tanaman palawija yang bisa dimanfaatkan sepenuhnya, kandungan dari labu siam sangat menyehatkan dan baik bagi penderita hipertensi. Source : πŸ‘‰πŸ» @desfita_rozzen https://cookpad.com/id/resep/13286217-siomay-ikan?invite_token=bDnQR4fXWEJYjJNN2kLM176X&shared_at=1635037306 #DimsuminAja #Semarak_DimsuminAja #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito #OlahanPalawijaWongkito #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingPlague #Minggu_241021

Kue Barongko Pandan

Kue Barongko Pandan

Barongko ini merupakan salah satu makanan khas Bugis-Makasar. Di sana, kue ini biasa disajikan saat acara adat ataupun saat bulan RamadhanΒ sebagai menu berbuka puasa. Kue Barongko berbahan dasar pisang, santan, gula, dan telur. Bahannya simpel, bikinnya cepet, habisnya apalagi lebih cepet πŸ˜…. Teksturnya lembuuuut, dan kalau dimakan saat masih hangat, langsung lumerrr di mulut. Rasanya juga manis gurih, haruum, dan berasa pisangnya. Mau dimakan hangat ataupun dingin masuk kulkas dulu, sama-sama enaaak πŸ˜‹. Source: @cook_ninda dan @ErnySulistyowati #Pisang #Rekreasi_KalSel #KopiJosDolan_KeKalSel #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

Cilok pedas manis

Cilok pedas manis

Bosen ga ada kegiatan,pengin ngemil jajanan jaman sekolah dulu tapi susah cari yg jualan Alhasil bikin sendiri dg bahan seadanya

2 porsi
Kue Pisang Lapis Rainbow (448)

Kue Pisang Lapis Rainbow (448)

Kue pisang tampil beda..ga selamanya harus dibungkus daun..dicetak dan dibuat warna warni juga bisa...tks mba een @BerandaAqlan resepnya aku modif dikit.. Resep asli : https://cookpad.com/id/resep/15493560-nagasari-pisang?invite_token=W8UTurNZMZ2Q5CaxytCYRLZX&shared_at=1634906289 #Cookies_BerandaAqlan #CookpadCommunity_Tangerang #KuePisang

15 cup
1 jam
Cilok Gluten Free

Cilok Gluten Free

Source detikviliana diadaptasi dari resep mba endang JTT

Kue lumpur pisang coklat

Kue lumpur pisang coklat

Nah sebagai orang yang tidak terlalu gemar makan buah kayak aku gini selalu ada cara makan buah dengan cara yang enak. Pasti selalu aku olah jadi camilan atau minuman. Pisang coklat bukan hanya lumpia lho. Enak juga dibikin kue lumpur. Ini udah modifikasi dari resep aslinya ya, xixixi. Semoga berkenan ya uni tika dan sehat selalu 😘. Sumber : @Gliantika #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeDa_GlianTika #ArisanCooksnap_GlianTika #GenkPeDa_GlianTika #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

37 buah
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Weekend gini enaknya bikin cemilan yuk. Ini bakwan bukan sembarang bakwan, ini bakwan Caisim Kobe @dapurkobe . Cocok banget untuk temen santai bareng keluarga, apalagi kalau anaknya susah makan sayur, bisa banget nih, pasti si kecil doyan ya, kriuk dan menyehatkan. Cuma dikit kok bahannya. Tepungnya pakai tepung bakwan Kress dari @dapurkobe ya, karena selain simpel tanpa campuran tepung lain, juga kriuk nya awet banget 😍. Cobain yuk. #dapurkobe #bakwancaisimkobe #tepungkobe #cookpadcommunity_tangerang #Zahara

6pcs
15menit
Seblak Cilok

Seblak Cilok

Makanan pengobat mual ketika hamil Si Bungsu bbrp tahun lalu πŸ˜˜πŸ˜‹

2 orang
40 menit