KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan)

Dipos pada May 11, 2022

KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan)

Anda sedang mencari inspirasi resep KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) adalah 13 pcs. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) diperkirakan sekitar 45 menit.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) memakai 22 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#SerbaDikukus #PekanPosbar Kue yang satu ini rasanya Legit Manis dan berlesung pipi. Kue ini Khas Palembang, Mudah dibuat dan Rasanya membuat seluruh keluarga menyukainya, bener bener wangi Khas Pandan Suji Indonesia. Seperti asal muasal nama Kue Lumpang, bentuknya memang menyerupai lumpang atau wadah untuk menumbuk padi. Kali ini Kue Lumpang nya Lebih Sehat, Lebih Gurih, Enak, Halal, Kaya Serat karena memakai @fibercreme pengganti Santan. Alhasil Anak anak dan Orang Tua saya pun makin suka jajanan Kue Lumpang ini.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan):

  1. Bahan Utama :
  2. 35 gr Fiber Creme
  3. 300 cc Air matang
  4. Bahan A
  5. 210 gr gula pasir
  6. 75 cc air
  7. 1/2 sdt Pasta Vanila
  8. 1 lembar daun pandan, simpulkan
  9. Bahan B :
  10. 115 gr tepung beras
  11. 75 gr tepung sagu tani
  12. 200 cc air daun suji pandan
  13. 1/2 sdt garam
  14. 1/2 sdt air kapur sirih (boleh di skip)
  15. 3 tetes pasta pandan
  16. Bahan C :
  17. Kelapa parut
  18. 1/2 sdt garam
  19. Kukus 15 menit
  20. Alat :
  21. Minyak kelapa untuk olesan
  22. Cetakan kue plastik/cucing

Langkah-langkah untuk membuat KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan)

1
Bahan Utama : Campurkan @fibercreme dengan air, aduk rata. Sisihkan.
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 1
2
Bahan A : Siapkan wadah, masukkan gula pasir, air dan simpul pandan. Masak hingga mendidih gula mencair sambil diaduk. Lalu angkat, dinginkan
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 2
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 2
3
Bahan B : siapkan wadah, masukkan tepung beras, tepung sagu tani, garam, air kapur sirih, air pandan suji, masukkan Bahan Utama dan bahan A. Aduk rata. Tambahkan pasta pandan. Aduk rata kembali saring.
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 3
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 3
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 3
4
Panaskan kukusan dan cetakan/cucing (yg sudah dilapisi minyak kelapa tipis) Tuang Adonan kue Lumpang Ijo Hingga hampir penuh. (tuangnya diatas kukusan pakai gelas takar biarga tumpah"). Tutup kukusan (dilapisi lap bersih). Kukus 20 menit.
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 4
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 4
5
Angkat, biarkan dingin dulu baru dilepas dari cetakan. Hidangkan dengan parutan kelapa yg sudah dikukus.
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 5
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 5
KUE LUMPANG KUKUS (Tanpa Santan) - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Fluffy Doughut (Donat Montok)

Fluffy Doughut (Donat Montok)

Donat ini termasuk comfort food nya kiddos. Pasti lah yaa, semua anak pasti suka Donat. Kadang bikin Donat begini, belum sempat ditopping apa2 sudah habis aja dicamilin. Anak anak paling suka ditabur gula halus atau Selai coklat. Saya biasa bikin langsung banyak, biar sekali kerja. Selesainya langsung disimpan dikulkas atau di frozen. Kalau mau makan tinggal dikukus atau dipanggang sebentar. Stok camilan praktis pokoknya 😊 Selamat mencoba 💕

Kue ulang bulan oli olive

Kue ulang bulan oli olive

Kue ini dibuat utk merayakan bln ke 2 hadirnya oli dan olive ke duania tdk teras dh 2 bln aja nakal nakal kitten kitten tsb

10 org
5 jam
Tahu Isi Sayuran

Tahu Isi Sayuran

Cooksnap resepnya mbak @desi_k2 Cocok banget buat temen ngopi #CookmemberGenkPeda_Desi #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookpadCommunity_Depok

Kue Singkong Kulit Pisang Selai Nanas Gula Aren

Kue Singkong Kulit Pisang Selai Nanas Gula Aren

Bismillaah... Posbar Bancakan Ceria 3C pekan ini, temanya olahan singkong. Alhamdulillah, pas banget habis panen singkong di sawah. Karena lagi pengen yang manis-manis tapi seger, jadinya keidean bikin kue singkong di mix sama pisang + kulitnya juga pake selai nanas homemade sisa bikin nastar. Biar makin nikmat, saya tambahkan santan dan gula aren, duhh pas udah mateng, wanginyaa semerbak enak banget 😍. Kuenya legit, aroma rempahnya menggoda, manisnya pas, perpaduan rasa nya ciamik banget 💜 #CookingCommuniyClass_KreasiOlahanSingkong #BancakanCeria3C #CookpadCommunity_Bandung #MasakSetiapBagian #SalamKompakSelalu #AuthorsBandungHebring

Martabak manis pandan (teflon)

Martabak manis pandan (teflon)

Karena martabak manis salah satu camilan fav anak anak, maka saya mencari tahu gimana bikinnya kalo ndak punya cetakan. Alhamdulillah bisa pakai teflon. Sudah 2x bikin gagal, kali ini berhasil. Alhamdulillah

1 loyang
1 jam 45 menit
201. Bakwan Caisim Kobe

201. Bakwan Caisim Kobe

Source: @dapurkobe Pernah gak sih masak caisim/sawi hijau jadi bakwan tanpa bahan sayuran lainnya? Kali ini saya nyoba bikin nih, caisim dimasak bakwan dengan menggunakan kobe bakwan kress...ih enak bangeeet bener, gak berasa kalo lagi makan sayur gitu. Anakku yg biar udah gede rada susah makan sayur aja sukaa, apalagi makannya pakai nasi hangat, gak usah ditambah lauk lagi juga udah lahap😍. Cara membuatnya juga simple yaa dan kressnya beneran dapet, pokoknya masaknya jadi gak pakai ribet. Gak percaya? Kuy cobain mak😁 #Cookpadcommunity_Borneo #Cookpadcommunity_Kaltim #Cookpadcommunity_Bontang #TepungKobe #BakwanCaisimKobe #masaktanparibet

Donat Kentang

Donat Kentang

Si donat favoritnya anak anak.. Ini menghasilakan 16 pcs donat mini, dgn ukuran ± 25gr Recipe : muniasri sarifudin

16 buah
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Assalamu'alaikum, selamat sore.. Happy weekend semuanya🥰 Sore sore gini dan disini pas hujan enaknya bersantai sambil ngemil yaa. Duuh pas banget kemarin dikirimin tepung bakwan kress yang lagi viral. Dikirimin banyaaak banget sama @dapurkobe 😍 Yaudah, sekarang waktu yang tepat untuk eksekusinya. Saya buat bakwan caisim ala Kobe. Simple banget dan rasanya uwenak poollll. Buibu di rumah wajib banget untuk cobain yaa. Jangan lupa, harus pakai Tepung Bakwan Kress dari @dapurkobe biar kressnya pecah di mulut. Ini dia resepnya ☺️ #DapurKobe #BakwanCaisim

Kue Talam Pandan

Kue Talam Pandan

Jajanan pasar ini termasuk kue faveku,aroma pandan asli dan gurihnya santan bikin nagih akhirnya bisa bikin sendiri dan bisa ikutan meramaikan event serba kukus dr cookpad. Resepnya aku lihat di IG cookingwithhel #PekanPosbar #Serbadikukus #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang

12 pcs
60 menit
Pentol Cilok

Pentol Cilok

Anak2 lagi suka jajan cilok, biar hemat dan memastikan makanan sehat, mumpung WFH, perdana nyobain bikin cilok🥰

2 orang
< 1 jam
Kue ulang tahun takaran sendok

Kue ulang tahun takaran sendok

Halo teman2 semoga sehat selalu ya.. kali ini saya mau berbagi resep kue ulang tahun dengan menggunakan Bolu kukus takaran sendok, mudah sekali diperuntukan bagi pemula2 yg ingin buat kue tapi tidak tahu tahap2 takaran dan ada sedikit tips2. Sebenarnya lebih enak buat sendiri kue ultah ketimbang beli hehe (pastinya) karena lebih aman di kantong. Oke let's see ya resepnya

Risol Mayo Kulit Homemade

Risol Mayo Kulit Homemade

Biasanya untuk isian aku tambahin butiran jagung manis, tapi karena gada jadi aku ga pakai. Menurutku lebih banyak bawang bombay rasanya lebih mantep karena perpaduan rasa yang crunch, lembut, pedes, gurih. Ini aku goreng sebagian dan sisanya aku taruh ke wadah kedap udara dan masukkan ke kulkas.

23 biji
Corndog sosis ekonomis

Corndog sosis ekonomis

Corndog sosis ala haelmoni di drakor start up :D

30 potong