Bakwan Khas Bangka

Dipos pada May 11, 2022

Bakwan Khas Bangka

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakwan Khas Bangka yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakwan Khas Bangka yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakwan Khas Bangka, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakwan Khas Bangka enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakwan Khas Bangka sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakwan Khas Bangka memakai 21 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bakwan ikan bukan bakwan bala-bala.Dulunya cuma tau bakwan itu cuma seperti ini, dan ketika mulai besar dan banyak orang pendatang seperti mas-mas penjual gorengan menjual bakwan sayur dari terigu, baru tau kalau bakwan Jawa dan bakwan Bangka berbeda 😁

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakwan Khas Bangka:

  1. 500 gr ikan parang-parang giling(kondisi dingin 1/2 beku)
  2. 20 buah tahu pong
  3. 400 gr tepung tapioka
  4. 300 ml air
  5. 1 1/2 sdm garam
  6. 1/2 sdt kaldu bubuk / penyedap
  7. 1/2 sdm bawang putih bubuk (boleh diskip)
  8. Bahan kuah :
  9. 7 siung bawang merah (iris tipis)
  10. 5 siung bawang putih (haluskan)
  11. 1/2 sdt merica butiran (haluskan)
  12. 1,5 liter air
  13. 1 sdm garam
  14. 1 sdm kaldu jamur (bisa pakai masako rasa sapi)
  15. 2-3 sdm kecap manis (boleh di skip)
  16. 1 batang daun bawang (iris tipis)
  17. 2 batang daun seledri (iris tipis)
  18. Pelengkap :
  19. Bawang goreng
  20. Cabe rawit utuh atau diuleg
  21. jeruk kunci

Langkah-langkah untuk membuat Bakwan Khas Bangka

1
Letakkan ikan parang-parang, ikan dalam kondisi dingin 1/2 beku dari kulkas (sebagian masih ada batu es nya sedikit). Tekan-tekan dengan sendok kayu hingga batu es mencair. Campurkan air beserta garam dan kaldu bubuk, aduk hingga garam larut. Kemudian tuang bertahap ke dalam adonan ikan sambil diaduk hingga adonan kental.
Bakwan Khas Bangka - Step 1
Bakwan Khas Bangka - Step 1
Bakwan Khas Bangka - Step 1
2
Masukkan bawang putih bubuk dan tepung tapioka bertahap sambil diaduk rata.
Bakwan Khas Bangka - Step 2
Bakwan Khas Bangka - Step 2
3
Didihkan air,tambahkan sedikit minyak dan garam. Kemudian ambil adonan dengan cara dibulatkan pakai sendok. Cemplung ke air mendidih, tunggu hingga mengapung. Biarkan 3 menit, kemudian angkat dan tiriskan.
Bakwan Khas Bangka - Step 3
Bakwan Khas Bangka - Step 3
Bakwan Khas Bangka - Step 3
4
Kerat tahu pong, jika tahunya besar bisa dipotong segitiga. Isi dengan adonan. Cemplung ke air mendidih, rebus hingga matang.
Bakwan Khas Bangka - Step 4
Bakwan Khas Bangka - Step 4
Bakwan Khas Bangka - Step 4
5
Angkat dan tiriskan, sebagian bisa disimpan di freezer untuk stock bakwan ya atau untuk dicocol dengan kuah tauco pun enak.
Bakwan Khas Bangka - Step 5
Bakwan Khas Bangka - Step 5
6
Buat kuahnya : Tumis bawang merah, bawang putih, dan merica hingga harum dan berwarna kekuningan. Tambahkan air, garam, kaldu jamur, dan kecap manis. Jika tidak suka kecap manis bisa di skip ya. Atau kecapnya dikasih di mangkok pas mau makan saja sesuai selera masing-masing.Masak hingga mendidih, test rasa.Terakhir masukkan irisan daun bawang dan daun seledri.
Bakwan Khas Bangka - Step 6
Bakwan Khas Bangka - Step 6
Bakwan Khas Bangka - Step 6
7
Tata bakwan di mangkok, siram dengan kuah panasnya. Bisa juga pentol bakwannya dimasukkan ketika kuah mendidih dan dimasak kembali hingga matang.Tapi bakwan akan cepat mengembang jika tidak langsung dihabiskan. jika pentol bakwan dari kulkas, panaskan kembali kuah hingga mendidih dan masukkan beberapa pentol bakwan sesuai kebutuhan hingga mengapung.
Bakwan Khas Bangka - Step 7
Bakwan Khas Bangka - Step 7
8
Sajikan dengan bawang goreng, cabe rawit, dan perasan jeruk kunci jika suka.
Bakwan Khas Bangka - Step 8
9
Bakwan Khas Bangka siap disajikan...
Bakwan Khas Bangka - Step 9
10
Ini versi kuahnya tidak pakai kecap.Dibiarkan bening saja, bumbunya tetap sama cuma ini bawang merahnya ikut dihaluskan.Sajikan dengan taburan daun seledri dan bawang goreng...Penambahan lada disesuaikan dengan selera, jika suka pedas takaran lada bisa ditambah ya..
Bakwan Khas Bangka - Step 10
Bakwan Khas Bangka - Step 10

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue ulang tahun takaran sendok

Kue ulang tahun takaran sendok

Halo teman2 semoga sehat selalu ya.. kali ini saya mau berbagi resep kue ulang tahun dengan menggunakan Bolu kukus takaran sendok, mudah sekali diperuntukan bagi pemula2 yg ingin buat kue tapi tidak tahu tahap2 takaran dan ada sedikit tips2. Sebenarnya lebih enak buat sendiri kue ultah ketimbang beli hehe (pastinya) karena lebih aman di kantong. Oke let's see ya resepnya

Donat kentang HALLOWEEN

Donat kentang HALLOWEEN

Kesukaan anak adalah donat dan sekarang pas banget bulan oktober yakni bulan halloween langsung cus buat donat tema halloween! Yok moms coba di buat!

16pcs donat
1 jam
*Kue Ubi Panggang isi Keju Manis*

*Kue Ubi Panggang isi Keju Manis*

Jum'at 15-10-2021..... Meramaikan pekan posbar olahan palawija se Jabodetabek bikin kue ubi yang diisi keju manis... Memanfaatkan sisa keju manis dikulkas, yang bisa untuk isian roti dll, jadi bikin kue ubi ini, tapi resep aslinya diyutub diisi sama keju Kraft yg quick melt dipotong-dipotong, tapi karna gak punya jadi diisi sama yang ada aja, kebetulan dikulkas masih ada sisa keju manis gurih, jadi dibuat isiannya ini aja. Ini jadinya enak...legit dan manis Source : Suwandayari #PekanPosbar #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadComnunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

10 buah
Cemilan Mpasi 7m+ : Creeme brulee

Cemilan Mpasi 7m+ : Creeme brulee

Aku ngeliat di instagram kayaknya ini cemilan mudah tapi rasanya enak karena prinsip memberi makan anak kalau orang tua aja suka apalagi anak kan ? πŸ₯°

2porsi
10-15menit
Risol Ragout Ayam

Risol Ragout Ayam

*Urutan bikin Ragout dulu baru bikin kulit, agar kulit ga kelamaan kena angin *Pan teflon saya ukuran 24 cm, hasil akhir terlalu jumbo klo untuk jualan mungkin bisa pakai pan 18 cm *cairan untuk ragout saya pakai susu cair, klo ekonomis diganti air biasa *tepung panir pakai tepung roti warna oranye, lebih ekonomis kalau pakai yg halus warna kecoklatan.

17 pcs JUMBO
1 jam
97. Dessert _ Bingka Bakar Cemilan Khas Kalsel🀀🀀

97. Dessert _ Bingka Bakar Cemilan Khas Kalsel🀀🀀

Selalu bikinin cemilan tuk Krucils qu moms .. Lalu ini bikin cemilan khas aslinya dari Banjar , Kalsel yaitu kue bingka .. Namun Aqu modifikasi ala2 aqu yah moms πŸ€­πŸ˜‚ . Karena jarang2 jajan di luar lebih baik bebikinan sendiri lebih hygienis kann , Alhamdulillah bebikinan ajah yang simple2 , ada bahan nya , dan kiranya mereka suka .. hihii .. Karena takaran bahannya juga ala2 saya moms , dan Alhamdulillah enak Koo πŸ˜† Dan Krucils pun suka. . . #KueBingka #KhasBanjar #KhasKalsel #CemilanSore #CookpadCommunity_Jakarta #CookpadCommunity_Kalsel #Keanu_Kitchen

Kue Jongkong Khas Bangka

Kue Jongkong Khas Bangka

Source: ig@ayuaudrey #camilankhasbangka #makanankhasbangka #santapanberbukapuasa

Risoles

Risoles

Resep kulit : @noyan2106 Hasil : 34 kulit risol

1 jam 30 menit
Siomay Ayam Udang

Siomay Ayam Udang

Bismillahirrahmanirrahim Kemarin ada kelas WAG tentang perkukusan lagi.. Membahasan siomay bersama mb anggi @setiaanggri dari jogja. Aku tanya tentang beda dinsum sama siomay sebenatnya itu apa? Ternyata siomay itu bagian dr dinsum,, dinsum itu pakain minyak wijrn lebih berasa dr pada siomay, dan utk sambelnya,, dindum biasanya pksi saos sambel yg merah,, klo siomay biasanya pkai saos kacang. Kemarin langsung eksekusi siomaynya, alhamdulillah berhasil hmm.. Ndaging banget.. Dimakan lamgsung pun enak tanpa sambel , maksih mb anggi imu &resepnya salam sehat selalu utk keluarga. Aamiin ya Rabbal'alamin πŸ€²πŸ˜πŸ€— Monggo bun cap cuz.. Siomay ini bisa utk ide jualan lhoo..gk nyobain nyesel.. πŸ˜€πŸ€­ #pekanposbar #Semangcook_dikukusenak #KelasYoglosemar_kukus #semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

Sate Cilok Talas Bersayur

Sate Cilok Talas Bersayur

Salah satu tanaman palawija kesukaan saya.. ini yang ke dua kalinya saya buat setelah saya tau bahwa talas bisa di buat cilok yang enak banget, mau panas atau dingin tetep aja si cilok ini pulen bangett.. cucok buat cemilan bocil.. salah satu cemilan sehat karena saya selipkan sayur di dalamnya.. saya buat saos kacangnya juga disangrai, ini recoment banget ya bun.. semoga bisa menjadi inspirasi.. πŸ˜‹πŸ‘ #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadCommunity_Bogor

Kue Pukis

Kue Pukis

by Amanda Alfrosia Siahaan (sumber resep: Kitab masakan Nusantara)

Cireng sayur sop isi mozzarella

Cireng sayur sop isi mozzarella

#MasakSetiapBagian selalu saja ada yg tersisa dan ketika d daur ulang baru lah d santap #FoodPlaceCookingLeague tema yg tepat utk selalu semangat mendaur ulang sisa masakan yg sayang bila d buang

16 btr
30-45 mnt
Cilok Kuah Pedas Seger

Cilok Kuah Pedas Seger

Ceritanya pingin makan yang pedes2 karena lagi flu πŸ˜„

2 orang
CITUL _ aci ngaguruntul, cemilan murah meriah

CITUL _ aci ngaguruntul, cemilan murah meriah

Resep dari anak anak kobong di bakom ciawi bogor

5 orang
30 menit
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Ada yang tau ini bakwan apa? Ini adalah bakwan caisim lohh. Hasil recooked dari @dapurkobe . Cukup 2 bahan ajah bisa jadi bakwan yang bergizi. Salah satu alternatif untuk anak yang gak doyan makan sayur. Kaya anak bungsu saya nih. Dimakannya pas masih anget, beuh,,, MasyaAllah. Enak dan renyah,, Kuy lah coba #cookpadcommunity_depok #bakwancaisimkobe #tepungkobe #resep_ummu_mayhai

4 orang
30 menit