Bakwan Jagung ala Jawa

Dipos pada May 3, 2022

Bakwan Jagung ala Jawa

Anda sedang mencari inspirasi resep Bakwan Jagung ala Jawa yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Bakwan Jagung ala Jawa yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Bakwan Jagung ala Jawa, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Bakwan Jagung ala Jawa enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Bakwan Jagung ala Jawa sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Bakwan Jagung ala Jawa memakai 12 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bedanya bakwan biasa sama bakwan jagung ala Jawa ini adalah.. kalau bakwan jagung ala Jawa, jagungnya itu dihaluskan terlebih dahulu dan penambahan bumbu seperti kencur dan terasi di bumbu halusnya, tapi.. banyak versinya sih, ada yang pakai temu kunci. Tapi kalau si Mbah dulu pas masak yaa begini resepnya. Orang² biasa nyebutnya pelas/dadar gulung/gorengan jagung 🤭😁. duuhh.. jadi kangen si Mbah yang ada di kampung (Blora, Jawa Tengah) kalau makan ini tuh.. kangen mudik 🥺🥺🥺. Btw.. ini cabainya cuman pakai 1 biji doang biar anak² ikutan makan juga. #CookpadCommunity_Depok

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Bakwan Jagung ala Jawa:

  1. 2 buah jagung manis
  2. 1 butir telur
  3. 3-4 SDM tepung terigu
  4. 1 batang daun bawang, iris2 halus
  5. Secukupnya gula, garam (kaldu bubuk optional)
  6. Secukupnya minyak goreng untuk menggoreng
  7. Bumbu halus:
  8. 5-6 siung bawang merah
  9. 3-4 siung bawang putih
  10. 1 buah cabai merah keriting
  11. 1 ruas kencur
  12. Sedikit terasi

Langkah-langkah untuk membuat Bakwan Jagung ala Jawa

1
Sisir Jagung, lalu ulek atau blender sesuai tingkat kehalusan yang diinginkan, sisihkan
2
Dalam wadah, campur jagung yang sudah dihaluskan tadi bersama bumbu halus. Aduk rata. Lalu tambahkan tepung terigu, telur, irisan daun bawang, gula, garam, dan kaldu bubuk. Aduk² hingga semua tercampur rata. Tes rasa
Bakwan Jagung ala Jawa - Step 2
3
Panaskan wajan yang berisi minyak goreng. Lalu goreng bakwan/pelas/dadar jagung hingga matang atau berwarna coklat keemasan, angkat dan tiriskan
Bakwan Jagung ala Jawa - Step 3
4
Siap disajikan sebagai pendamping lauk.. cocok banget kalau sayurnya jangan menir (sayur bayam) + sambel
Bakwan Jagung ala Jawa - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tahu Aci Mercon

Tahu Aci Mercon

Nikmat banget dimakan pas hujan2, mau di cemil atau sebagai lauk juga enak. Di makan bareng nasi putih bikin ketagihan (*^^*) Ini udah kesekian kali saya bikin, tapi ga sempat terus nulis resep, kali ini nulis resep nya tapi foto step by step nya ga sempat ambil 🙏 #CookpadCommunitySampit #CookpadCommunity_Kalteng

Bola kentang krispy camilan MPASI 22 bulan

Bola kentang krispy camilan MPASI 22 bulan

#pejuanggoldenaproan #sayanganak #stayathome #masakpenuhcinta #camilansehat #mpasi22bulan

Cemilan Mpasi 6m+ : Bahan dasar biskuit milna

Cemilan Mpasi 6m+ : Bahan dasar biskuit milna

Kadang cemilan itu dibuat dadakan tanpa persiapan, sesempatnya aja makanya aku sok ngide buat cemilan alakadarnya ini yg penting masuk kemulut bayi🤣

1porsi
10-15menit
Martabak minimalis

Martabak minimalis

Mager u cari cemilan keluar, sisa bahan terigu dan telor ,ya udah eksekusi aja jadi martabak,hehehehe

6 potong
15 menit
Kue Nona Manis

Kue Nona Manis

Kue Nona Manis berasal dari daerah Sulawesi. Kue ini bertekstur lembut, ciri khas kue talam Indonesia, tetapi lebih lembut lagi karena didalam adonannya mengandung telur dan dikocok seperti membuat bolu. Ditambah lagi aroma wangi pandan. Kue ini terdiri dari dua bagian yang hijau berasa manis gurih pandan, sedangkan yang putih berasa manis gurih santan. Ini pertama kalinya saya membuat Kue Nona Manis. Untuk rasa, saya suka sekali. Karena dalam 1 kue ada rasa manis dan gurih, jadi balance. Bahan² dan cara membuatnya pun cukup mudah #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #SerbaDikukus #KueNonaManis #Pandan

20 pcs
Kue Lumpur Labu Kuning

Kue Lumpur Labu Kuning

20 biji
1 jam
Kue cucur legit

Kue cucur legit

8 orang
1 jam
Donat SKM

Donat SKM

Requestnya anak anak ngga jauh dr donat,, pas bgt anak anak minta donat, kebetulan juga. Nyoba bikin donatnya moucap yg pake skm.. Ternyata enakk dan lembut.. Recipe : moucap #cookpadcommunity_Tangerang

Carang Gesing Snack tinggi kalori MPASI 23 bulan

Carang Gesing Snack tinggi kalori MPASI 23 bulan

#pejuanggoldenaproan #sayanganak #camilantinggikalori #MasakSetiapBagian

Bakwan Caisim : Hanya 2 Bahan !

Bakwan Caisim : Hanya 2 Bahan !

Sianggg.... hari Minggu pengennya bikin yg simple2. Nahhh yg lagi mager bisa coba resep satu ini bun : Bakwan Caisim Kobe. Hanya 2 bahan : caisim/sawi hijau dan tepung bakwan kres dari @dapurkobe. Selain bikinnya superrrr gampang karena tidak perlu ditambah bumbu apapun, kress nya juga tahan lama dan bakwan caisim ini bisa menjadi solusi untuk anak yg susah makan sayur. Bakwan caisim Kobe menjadi salah satu cara asik makan sayur ❤️ Yukk cobain bunda 😘 #tepungkobe #kobetepungbakwan #bakwancaisimkobe

Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Gampang banget buatnya, anakku juga sukaaa 🥰

Bakwan Jagung Crispy diluar Lembut didalam

Bakwan Jagung Crispy diluar Lembut didalam

Resep yang satu ini dijamin anti gagal, dan cuma perlu 5 bahan tanpa ribet. Teksturnya renyah diluar, lembut di dalam.

4 orang
20 menit
Tahu Aci Kukus

Tahu Aci Kukus

Pagi2 bikin tahu aci kukus, enak kayanya bwt di cemil cemil di pagi hari 🥰 Source : @astiyalestari https://cookpad.com/id/resep/15498198-tahu-aci-kukus?invite_token=XqxnLhgXL6SXKp4x7GvYmiUN&shared_at=1631928519 #CocomtangPost #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #SerbaDikukus

Otak-otak Gluten Free (Diet Eliminasi)

Otak-otak Gluten Free (Diet Eliminasi)

Pengen jajan enak, tapi autoimun, ga boleh jajan sembarangan dong....😂 Alhasil buat otak2 versi sendiri dgn menghindari penyedap pasar, msg, gluten, telur, dan lainnya yg bisa memicu inflamasi

Siomay Ayam Udang

Siomay Ayam Udang

Kalo sama siomay nggak ada yg nolak deh. Pas udah selesai buat mau pocan, eh adek nungguin disebelah sambil diketawain. Katanya kurang kerjaan. Karna pas ngebentangin kertas karton buat alas susah banget. Ke gulung terus. Suruh megangin juga nggak mau. Aku suruh pergi juga nggak mau. Katanya nunggu siomaynya selesai di foto 😄. Padahal dikukusan itu ya ada, tapi kenapa selalu nunggu yg udah selesai di foto 😅. Nah, adek kan ndak suka sama udang. Siomay ini kan pake udang. Aku biarin aja dia makan dulu sepuasnya. Pas udah hampir habis tuh dipiring, aku bilang kalo ada udangnya. Diluar dugaan jawabannya enak kok, udangnya ndak berasa. Ya ampunn, malah nambah lagi jadinya,.😂. Tapi kalo bebikinan terus pada suka dan habis dimakan itu seneng banget rasanya. Kalo resepnya mbak desi cuma pake kentang sama adonan siomaynya aja. Ini aku tambahin sama tahu dan juga kol, biar jadi banyak. Karna ayamnya juga tinggal 200 gr, aku pake aja segitu. Enak kok, berasa juga dagingnya. Source: @desi_k2 #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi

Cireng Nasi

Cireng Nasi

Sumber: @dapuramai Bismillah.... Buat Cireng dengan memanfaatkan nasi sisa kemaren yg masih bagus. Biasanya nasi sisa kalau nggak digoreng ya lewat gitu aja. Padahal banyak sekali olahan berbahan nasi yang bikin wow......seperti pempek, cireng atau bahkan lumpur misalnya dan masih banyak lagi. Dan... ini adalah pertama kalinya saya bikin Cireng (ketinggalan banget sih hihihi...😁) Padahal bikinnya mudah, bahannya murah, gampang dan enak lagi.... Begitu mateng ee..langsung ludes 🤭😋😋 #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_blitar

8. Donat Kentang Empuk

8. Donat Kentang Empuk

Karena gagal terus bikin donat. Jadi coba dan mencoba lagi dan akhirnya alhamdulillah berhasil. Rasanya enak dan empuk

4orang
367.Pastel Tutup

367.Pastel Tutup

Selesai sudah bikin tugas mingguan Coboy acara MBOIS_Serba Palawija aku pilih kentang sesuai bahan yg ada dirumah kebetulan pingin bikin sarapan buat bocil2 yg lagi main kerumah bikin sarapan sehat he he he,... Sudah lama gak pernah bikin pastel tutup ini tadi jg sempat error sebetulnya waktu bikin isian lupa sohunnya lgsg dimasak aja jadi hancur dah jgn diikuti ya harusnya masak dulu semua bahan isian klo sdh matang baru sohunnya dimasukan aduk rata selesai tapi untung rasanya enak banget ini ... jadi oke oke ajalah begitu matang lgsg ludes .... Eh kalau sdh agak dingin baru bisa dipotong ya Bu ibu.... #Mbois_SerbaPalawija #CoboyMbois_SerbaPalawija #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #CookpadCommunity_Banyuwangi #MasakSetiapBagian

Lumpia tahu versi lowcalories

Lumpia tahu versi lowcalories

hii balik lagi untuk yg lagi defisit kalori tapi mau makan lumpia cuss recook resep ini ❤️