Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Dipos pada May 11, 2022

Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang memakai 14 jenis bahan dan 9 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Buat lagi jajanan jadul yang mulai langka,,,biasanya ada di jual di supermarket2 tapi hanya polosan saja tanpa karamel dan itupun keras banget kalo di gigit 😔,,,saya makan yang seperti ini belinya di warung2 kecil,,,duluuuu bngt,,,jadi teringat jajanan ini dan pas makannya pun langsung bernostalgia momen2 masa kecil👧. Akhirnya memberanikan untuk membuatnya meskipun bayang2 bakal lama memelintirnya tapi gakapalah sudah pengen banget,,, Supaya lebih enak di gigitnya saya tambahkan susu bubuk,,airnya di ganti freshmilk dan pakai kuning telur jadi hasilnya kriuk2 empuk 😊 Sebenarnya di makan gitu aja juga sudah enak tapi ini saya tambahkan karamel supaya lebih manis kayak yang buat eeehhh🤭😝 #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Balikpapan #jajananjadul

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang:

  1. 300 gram tepung protein sedang (∆biru)
  2. 1 sdm tepung maizena
  3. 1 sdm susu bubuk
  4. 1 butir kuning telur
  5. 1/2 sdm ragi instan atau bisa di kurangi
  6. 1/2 sdt garam
  7. 150 mili fresh milk / air (sesuaikan lagi ketika menguleninya)
  8. 35-40 gram margarine
  9. Secukupnya minyak goreng
  10. Lapisan gula/karamel :
  11. 50 gram gula pasir
  12. 50 gram brown sugar
  13. 40 mili air
  14. 1/2 sdt garam

Langkah-langkah untuk membuat Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang

1
Campur semua bahan kecuali margarine dan garam,,uleni sambil di tuang sedikit-sedikit freshmilk atau air,,,uleni hingga setengah kalis
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 1
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 1
2
Tambahkan margarine dan garam lalu uleni sampai kalis (kalau tidak mau terlalu kalis juga tidak apa-apa),,,kemudian bulatkan adonan dan tutup dengan wrapping/kain,,,diamkan 20-25 menit,,,bisa juga didiamkan hanya 15 menit saja,,,kalau saya 25 menit karena sambil masak🙏😃
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 2
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 2
3
Setelah 25 menit buka penutupnya,,potong adonan lalu gilas memanjang,,potong panjang lalu pelintir
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 3
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 3
4
Lipat adonan sambil di pelintir,,,liat gambar👇
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 4
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 4
5
Lakukan hingga selesai
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 5
6
Siapkan penggorengan lalu goreng hingga matang atau golden brown,,,angkat dan tiriskan
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 6
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 6
7
Membuat lapisan gula /karamel : Siapkan wajan bersih,,tuang duo gula lalu tuang air aduk lalu nyalakan kompor dengan api kecil,, aduk2 agar tidak gosong
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 7
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 7
8
Aduk terus sampai berbusa dan mengental lalu masukkan kue untir-untir yang sudah di goreng,,,aduk dengan cepat sampai semua kue untir-untir terbalut karamel
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 8
Kue untir-untir/kue tambang/kue kepang - Step 8
9
Setelah kue untir-untir terbalut karamel diamkan hingga benar2 dingin lalu simpan di wadah tertutup

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risol Bihun Sambel Kacang (sisa bihun goreng)

Risol Bihun Sambel Kacang (sisa bihun goreng)

Masih dalam rangka #pekanPosbar dengan tema memanfaatkan bahan atau makanan sisa, kali ini aku punya bihun goreng sisa yang sudah 2 hari ada di kulkas. Kalau diangetin lagi kayanya sudah gak ada yang mau melirikya sudah, ganti penampilan deh biar laku. Disulap jadi risol bihun, pakai bumbu kacang, laris deh dalam sekejap 😄 Cobain yuuk... #masakSetiapBagian #CookpadCommunity_Bandung #mbantuk_kuetradisional

Donat Maizena Tanpa Telur

Donat Maizena Tanpa Telur

walaupun ini donat tanpa telur tapi lembut mengembang dengan sempurna .

Pat Sirutteok (Kue Beras Kacang Merah Khas Korea)

Pat Sirutteok (Kue Beras Kacang Merah Khas Korea)

Pat Sirutteok adalah kue berbahan beras ketan yang dikukus bersama dengan gula dan kacang azuki rebus yang telah ditumbuk kasar. Kalian yang nonton drama Korea berjudul Hometown Cha Cha Cha tentunya tau sama kue yang muncul di episode ke 2 ini. Sebenarnya saya ga tau sih kalo kue ini ada di drama itu 😂 ini hasil search 🤣 Anyway, kenapa kok bikin ini? Ya penasaran aja sih 😁 pas lagi nyari² makanan yang dikukus, muncullah beberapa nama makanan dan salah satunya Pat Sirutteok ini Rasanya gimana? Kaya makan mochi untuk tekstur layer putihnya, karena di sini saya pakai tepung beras ketan 🤭 kalau tastenya saya suka sih, ada manis, asin. Kali ini karena masih percobaan pertama, saya bikin small size dulu hehehe #CocomtangPost_Kukusan #CookPadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #SerbaDikukus

Kue Lobak🍠

Kue Lobak🍠

Punya lobak,biasanya dibikin sup/isian/tumisan,kali ini bikin versi jajanan Medan,tinggal cocol² pakai saos,kalau ngga habis enak banget lo ditumis pakai ebi & toge..di Medan sangat mudah kita jumpai jajanan ala chinese yang enak & harganya terjangkau..kalau disini adapun tempatnya juauh☺️..

Martabak brownis

Martabak brownis

Ceritanya nih punya bahan brownis , dan mau coba cetakan martabak baru saya . . .

Cilok somay kampung ekonomis

Cilok somay kampung ekonomis

Somay ini walupun tanpa ikan rasanya lumayan enak dan ramah dikantong, hemat waktu juga, cemal-cemil sambil quality time sama keluarga

5 porsi
30 menit
Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Tahu Bulat Kayumanis ala Violet Azalea

Cooksnap dari resep Mbak @tatta_manyund . Tadinya bertanya-tanya bagaimana rasanya pakai Kayumanis. Ternyata oke lah. Thanks resepnya Mbak Tataku 😘😘😍😍💖💕💖💕. Modif dikit ya, Mbak takarannya sama aku tambahin merica. Semoga berkenan 😘🙏🙏 !! #CooksnapTataKirana #Semarak_CooksnapTataKirana #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #EmakNusantaraKreatif #CookpadCommunity_Banjarmasin #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_KalSel

Cimol anti gagal

Cimol anti gagal

Anak anak suka sekali ngemil klau lagi lht tv,kebetulan gak ada cemilan sama sekali,ya udah bikin cimol aja, praktis dan sangat mudah

Kue Talam Jagung Pandan

Kue Talam Jagung Pandan

#StokResep #KueTalamBundaMelvy #PekanPosbar #SerbaDiKukus Source : IG Veronica Dhani

10 buah
30 menit
Telur Gulung Isi Sayur

Telur Gulung Isi Sayur

Salah satu menu pilihan untuk sarapan simpel kami, terutama saat harus buru-buru karena kesiangan 😁

Siomay Bandung (Ayam)

Siomay Bandung (Ayam)

Sudah jadi nih siomay buat sarapan pagi yg tertunda terus 😄 ayam giling sdh bbrp kali turun naik dari freezer, batal terus di eksekusi 😐, sekarang jadi deh dengan resep teh @Desriayu_Ecy yang cooksnap juga dari resep lain, ini sy pakai ayam negeri ya...tks inspirasinya semua, sekalian buat setoran #ComboNgabibita_Seupan #CookpadCommunity_Bogor #dapurtunik #PekanPosbar #serbadikukus

Bakwan Sayur Garing

Bakwan Sayur Garing

Bakwan garing versi umek @elles_cooking setelah beberapa hari yg lalu Beladas bareng #CookpadCommunity_Palembang materinya tulis menulis caption hehe Tapi emang, nulis caption di resep 11/12 susahnya dengan masak resep itu sendiri 🤣 #WongKitoCooksnap_EllySuryani #Bakwan

Siomay Goreng

Siomay Goreng

MasyaAllah, ini enak banget. 🤤🤤🤤 Biasa beli dengan harga yang 'mantap', bikin sendiri bisa makan sepuasnya. Alhamdulillah, ❤️❤️❤️ #ResepGorenganIhda #CookpadCommunity_Yogyakarta #memasakdengancinta #masakituibadah

Cemilan Mpasi 6m+ : Bahan dasar biskuit milna

Cemilan Mpasi 6m+ : Bahan dasar biskuit milna

Kadang cemilan itu dibuat dadakan tanpa persiapan, sesempatnya aja makanya aku sok ngide buat cemilan alakadarnya ini yg penting masuk kemulut bayi🤣

1porsi
10-15menit
Donut ala krispy kr*m*

Donut ala krispy kr*m*

Source : Moucup Abaikan bentuknya ya..hahaha dicetak sm anak..yang penting rasanya yumm smpai besok pun lembut..

Kue Cantik Manis

Kue Cantik Manis

Sebetulnya buat kue ini gara2 penasaran sama rasanya.. soalnya setiap beli, sy kurang suka sama rasa kue ini padahal bentuknya cantik.. Tapi stlh bwt sendiri, lgsg jatuh cinta sama rasanya.. enaaaaak.. ❤️❤️ Buatnya simple, bahannya murah, bentuknya cantik, & rasanya enak... Rada kesulitan saat proses mencetaknya krn adonan cepat mengeras, jadi harus cepat di proses pencetakannya.. Source : Dapur Maya

+/- 35 biji
1 jam