Kue Lumpur Ubi Merah

Dipos pada May 11, 2022

Kue Lumpur Ubi Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Lumpur Ubi Merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Lumpur Ubi Merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Lumpur Ubi Merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Lumpur Ubi Merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Lumpur Ubi Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Lumpur Ubi Merah memakai 10 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Berdasarkan sejarahnya, kue lumpur dikenalkan oleh bangsa portugis saat menjajah Indonesia, dengan Inspirasi pasteis de nata, kue khas Portugis yang terbuat dari custard, yaitu campuran susu dan kuning telur, yang kemudian dalam pembuatannya dilakukan penyesuaian bahan dengan yang tersedia di tanah air. Nama kue lumpur sendiri merujuk pada adonan kue yang lembut dan lembek, dengan topping parutan kelapa, sehingga mirip lumpur. Dari yang awalnya berbahan utama kentang, santan, terigu, telur dan gula, serta diberi hiasan kelapa muda parut, kue lumpur berkembang dan divariasikan dengan bahan bahan lain, seperti resepnya mama Era @erafani_2000 ini, menggunakan bahan ubi dan diberi topping kismis. Untuk santan di resep ini, bisa gunakan 200 ml santan instan, dan 50 ml air atau 2 bungkus santan instan 65 ml kemudian tambahkan air 120 ml Hasilnya, Enak, lembut, manisnya pun pas, sukaa 😍 Source : Priska Koes #Cookpadcommunity_Kalbar #Cookpadcommunity_Borneo #CooksnapKalbar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Lumpur Ubi Merah:

  1. 250 gr ubi merah
  2. 100 gr gula pasir
  3. 125 gr terigu
  4. 2 butir telur
  5. 250 ml santan kekentalan sedang (2 bungkus santan 65 ml, tambahkan 120 ml air)
  6. 50 gr margarin / butter, lelehkan
  7. Secubit garam
  8. 1/2 sdt vanili
  9. Topping
  10. Kismis

Langkah-langkah untuk membuat Kue Lumpur Ubi Merah

1
Kupas ubi, lalu potong potong. Kemudian kukus hingga empuk
Kue Lumpur Ubi Merah - Step 1
2
Haluskan ubi dengan garpu
3
Masukkan ubi, gula pasir, terigu, santan, air kedalam blender, lalu blender hingga adonan tercampur halus
4
Tambahkan margarin cair, aduk hingga rata
Kue Lumpur Ubi Merah - Step 4
5
Panaskan cetakan kue lumpur, kemudian gunakan api kecil
Kue Lumpur Ubi Merah - Step 5
6
Tuang adonan sekitar 3/4 dari cetakan, jangan terlalu penuh, nanti luber. Tutup hingga permukaan tampak agak kering
Kue Lumpur Ubi Merah - Step 6
7
Lalu berikan topping, tekan sedikit agar menempel, tutup lagi hingga matang. Bisa dilihat dari pinggirannya yang kecoklatan dan lepas dari cetakan
Kue Lumpur Ubi Merah - Step 7
8
Angkat perlahan agar tidak pecah. Kue lumpur yang enak dan lembut siap disajikan 😍
Kue Lumpur Ubi Merah - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Flower Choux - Kue Soes Bunga

Flower Choux - Kue Soes Bunga

Kue Soes yang punya nama kerennya Choux Pastry ini jadi kesukaan saya sejak kecil. Seneng sama teksturnya, tentunya manis & lumer di mulut. Akhir2 ini sempat lihat postingan kue Soes bentuk bunga. Cantiiikk.. langsung beli cetakannya di Market Place & penasaran bikin. Resep kulit soes saya kutip dari Buku resep yg pertama kali saya beli ketika baru lulus kuliah. Kreatif Pastry dari Sedap Sekejap. Menurut saya resep2nya oke banget buat pemula seperti saya. Untuk filling bisa pakai Vla atau pakai Diplomat Creme (lihat resep di CP @dingditskitchen ya)

30 pcs
Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Jadi ini risol hasil dari inspirasi mama saya, yang hobi banget buat cemilan sore πŸ˜„ Selamat Mencobaaaaa 🍳

5- 6 Orang
1 Jam
Cilok

Cilok

2 orang
30menit
Carang Gesing Snack tinggi kalori MPASI 23 bulan

Carang Gesing Snack tinggi kalori MPASI 23 bulan

#pejuanggoldenaproan #sayanganak #camilantinggikalori #MasakSetiapBagian

Bakwan jagung daging cincang

Bakwan jagung daging cincang

Ada stok daging... akhirny campur2 m jagung.. #bakwanjagungdagingcincang #pejuangdapur #dapurmami

4 orang
30 menit
Tahu Aci Mercon

Tahu Aci Mercon

Nikmat banget dimakan pas hujan2, mau di cemil atau sebagai lauk juga enak. Di makan bareng nasi putih bikin ketagihan (*^^*) Ini udah kesekian kali saya bikin, tapi ga sempat terus nulis resep, kali ini nulis resep nya tapi foto step by step nya ga sempat ambil πŸ™ #CookpadCommunitySampit #CookpadCommunity_Kalteng

Kue Lumpur Kentang

Kue Lumpur Kentang

Sudah lama pingin banget bikin kue ini dan baru kesampaian, belum punya cetakan, ini pinjam mertua hehehe Mantul sekali rasanya, resep dari mbak @yulianamenjoi #ColamMatos #Matos_SedikitMinyak #Matos_MakanSehatTetapEnak #CookpadCommunity_Malang #MakananNusantara #LumpurKentang #JajananPasar #Tradisional #PekanPosbar

Bakwan jagung udang yumih

Bakwan jagung udang yumih

#PekanPosbar #PosbarPalawija Krn udang kesukaan orang serumah ..jd klo masak2 menyertakan udang yooo mantepp dan disukai lohh dirmh syπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ˜‰πŸ€€

Kue Sagon Kelapa

Kue Sagon Kelapa

Alhamdulillah.. bisa ikut meramaikan semarak #BakpiaClover dengan narsum mba @khumairahs_kitchen yang cantik dan sang owner cheese stick maciis. kali ini kita di tantang untuk membuat snack/cemilan kering yang siapa tau bisa menginspirasi teman2 lain nya yang akan memulai usaha. Dan siapa tau juga bisa sukses seperti mba uma😁😁😁 Buat mba uma... Makasih sharing ilmu nya,sangat bermanfaat sekali.mudah2an makin sukses usaha nya,dan kita ketularan sukses nya.Aamiin🀲🀲🀲 Aku mencoba buat cemilan jadul yang sudah mulai terlupakan,karena sudah jarang yang membuat nya. Sebenarnya ada cetakan khusus buat kue sagon ini,tapi karena aku ga punya jadi pake cetakan kuker😁😁😁 Cemilan ini bahan dan cara membuat nya pun gampang,buat yang pengen mengenang masa lalu ,cuss buat.. #BakpiaClassCookies #BelajarBakingWithCT_Khumairah #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHearthEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi

Siomay Pangsit

Siomay Pangsit

Resep simpel dari mba @neviakitchen . Tinggal tambah bumbu kacang jadi deh batagor. Terima kasih atas imspirasinya mba.

Sempol Mie Instan (Indomie)

Sempol Mie Instan (Indomie)

Simpel bikinnya, gampang dan praktis banget.. cocok buat cemilan ala anak kost maupun di tanggal tua, hehehe.. murah meriah. Anak² ku di rumah pun pada doyan, di cocol pakai saus tomat 😍😍😍 resep asli pakai Supermi, tapi saya pakai Indomie, karena di rumah adanya itu.. heheh.. tapi sama² enak kok.. Source: @ardhaniluvnabva #CookpadCommunity_Depok

Donat

Donat

Donatnya lembut meski tanpa kentang...πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

24. Donat

24. Donat

Menurut sy resep ini paling simpel,begitu jg dg rasa donatnya, juara! Source : umikitchen88

14 bh
Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu isi pedes versi saya ya.. Maafkan gorengan lagi, hihihi.. *boleh di tumis dulu cabenya, tapi rasa pedesnya agak berkurang *boleh juga cabenya disiram minyak panas (seperti membuat sambal korek) untuk menghilangkan bau langu cabe

10 buah
1 jam
Cilor Bandung (Cilor abang-abang)

Cilor Bandung (Cilor abang-abang)

akhirnyaa ketemu resep cilor yg pas , selama ini gak pernah puas kalau jajan cuma bisa makan terbatas , skrg bisa makan sepuasnyaa 😍

Kue Bawang Spesial

Kue Bawang Spesial

Anak2 kalau hobbi ngemil mom harus kreatif, serba bisa,nah kalau semua mesti jajan ... alamat bakal boros...jadi mom harus smart ... mensiasati berbagai peluang... termasuk bisa jadi peluang usaha..ya gak mom...gak tau awal kue bawang dari mana...yang jelas...enak aja buat cemilan.. walaupun berbagai macam cemilan disekitar kita banyak...

banyak
1jam 30 menit
Donat Red Velvet

Donat Red Velvet

Donat jadi cemilan kesukaan warga rumah πŸ˜‹ senengnya koleksi resep donat nambahπŸ₯°cooksnap dari mba @RuDes https://cookpad.com/id/resep/14754114-donat-red-velvet?invite_token=RZJSiAuivzfFP3BqWGdVDT3u&shared_at=1626770098 Sumber Resep : @rhinie_kitchen #CookmemberGenkPeDa_RuthDestianty #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookpadCommunity_Depok #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #CookpadIndonesia

12 pcs
2 jam