Kikicak (kue khas Banjarmasin)

Dipos pada May 11, 2022

Kikicak (kue khas Banjarmasin)

Anda sedang mencari inspirasi resep Kikicak (kue khas Banjarmasin) yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kikicak (kue khas Banjarmasin) yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kikicak (kue khas Banjarmasin), mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kikicak (kue khas Banjarmasin) enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kikicak (kue khas Banjarmasin) sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kikicak (kue khas Banjarmasin) memakai 14 jenis bahan dan 8 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Banjarmasin terkenal dengan berbagai macam masakan & kue tradisioanalnya. Walau lama di Surabaya namun macam-macam kue khas Banjar tak pernah lupa. Salah satunya ya kikicak ini. Dulu sih tinggal makan tanpa pengin tau bagaimana cara membuatnya, sekarang bedalah 😊. Di sini saya tidak pake tepung terigu, jadi saya pake resep asli yaitu sedikit larutan kapur sirih agar rasanya tidak alot saat dingin. Jadi saat mamah ngajak rekreasi ke Kalsel yaa gak akan di lewat pastinya. #CookpadCommunity_Surabaya #Rekreasi_Kalsel

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kikicak (kue khas Banjarmasin):

  1. 100 gr tepung ketan
  2. Pasta pandan
  3. 3 lembar daun pandan
  4. 100 gr air
  5. 1/4 sdt garam
  6. 1 sdm larutan kapur sirih
  7. Rebusan
  8. 500 ml air
  9. 1 sdm minyak
  10. Unti / inti
  11. 100 gr kelapa parut
  12. 50 gr gula merah
  13. 1 sdm gula
  14. 50 ml air

Langkah-langkah untuk membuat Kikicak (kue khas Banjarmasin)

1
Buat pasta pandan : blender daun pandan bersama air lalu saring, tambahkan garam dan larutan kapur sirih, aduk dan rebus sebentar hingga suam kuku.
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 1
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 1
2
Siapkan tepung ketan lalu masukan pasta pandan sedikit demi sedikit sambil di uleni dan hentikan pemakaian pasta jika di rasa adonan kalis dan mudah di bentuk (pasta saya sisa sedikit)
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 2
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 2
3
Ambil sedikit adonan lalu bentuk bulat kemudian tekan tenggahnya (jadi berlubang atas bawah). Note : bentuk inilah keunikan dari kue kikicak.
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 3
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 3
4
Letakan di wadah yang sudah di olesi minyak / tepung agar tidak lengket
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 4
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 4
5
Rebus air hingga mendidih lalu masukan adonan dan rebus hingga mengapung, biarkan mengapung beberapa menit agar matang sempurna.
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 5
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 5
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 5
6
Angkat, tiriskan dan dinginkan.
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 6
7
Buat unti πŸ‘‰
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 7
8
Kikicak siap di hidangkan bersama unti kelapa.
Kikicak (kue khas Banjarmasin) - Step 8

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Donat panggang

Donat panggang

Selasa, 5 Oktober 2021/#524 Source recipe : @ikha_thea1 Pingin nyoba resep donat nya Teh Ika dari cocomba, tap saya bikin versi tidak digoreng... Karena stok minyak goreng lagi sedikit. Dan hasilnya meski dipanggang tetap empuk juga.. Seratnya lembut krn adonannya kalis elastis saat diulen. Tentu lebih ringan bobotnya krn tdk digoreng, jd tdk menyerap minyak. Cocok buat yg sdg mengurangi konsumsi minyak. Saran : Susu bubuknya jangan diskip, selain berpengaruh membuat rasa lebih enak, memberi efek kecoklatan pada donat jadi lebih cakep penampakannya setelah dipanggang. #Alhamdulillah_Ala_Kulli_Hal #CookpadCommunity_Sumbar #CookpadComunityIndonesia #Cookpad_id #Basidoncek

16 buah
30 menit
Donat kampung

Donat kampung

Di rmh pas gak ada kentang,pengennya nyemil 🍩 donat,ya dgn bahan seadanya di rmh jadilah donat kampung yg gak kalah enk, lumayan lah buat cemil2 ringan..πŸ€—πŸ˜˜

5 orang
45 menit
Risoles

Risoles

Resep kulit : @noyan2106 Hasil : 34 kulit risol

1 jam 30 menit
Pat Sirutteok (Kue Beras Kacang Merah Khas Korea)

Pat Sirutteok (Kue Beras Kacang Merah Khas Korea)

Pat Sirutteok adalah kue berbahan beras ketan yang dikukus bersama dengan gula dan kacang azuki rebus yang telah ditumbuk kasar. Kalian yang nonton drama Korea berjudul Hometown Cha Cha Cha tentunya tau sama kue yang muncul di episode ke 2 ini. Sebenarnya saya ga tau sih kalo kue ini ada di drama itu πŸ˜‚ ini hasil search 🀣 Anyway, kenapa kok bikin ini? Ya penasaran aja sih 😁 pas lagi nyariΒ² makanan yang dikukus, muncullah beberapa nama makanan dan salah satunya Pat Sirutteok ini Rasanya gimana? Kaya makan mochi untuk tekstur layer putihnya, karena di sini saya pakai tepung beras ketan 🀭 kalau tastenya saya suka sih, ada manis, asin. Kali ini karena masih percobaan pertama, saya bikin small size dulu hehehe #CocomtangPost_Kukusan #CookPadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #SerbaDikukus

Papeda aci gulung

Papeda aci gulung

2 orang
30 menit
Kue lapis pelanggi

Kue lapis pelanggi

Ceritanya ni di rumah ada tepung beras dan tapioka,pas ujan2 mau ngemil eh kepikiran deh kira2 bisa buat apa ya,nah jadi kepikiran buat lapis deh,hasilnya mantap dah pokoknya☺️

Cireng makaroni

Cireng makaroni

Memanfaatkan bahan yang ada di dapur

Donat Gula Palem

Donat Gula Palem

Untuk donat klasik ini saya lebih suka pake gula palem ketimbang gula putih halus. Meskipun memang lebih susah nempel di donatnya yaa.. Masih bs dicocol2 lah 😁

Cireng Banjur

Cireng Banjur

Bandung lagi hujan besar, pengen banget makan yang angetΒ². Dan akhirnya bikin cireng banjur ini deh simpel banget

Donat kepang

Donat kepang

Setoran borongan nih, hihihi. Soalnya nanti kalo udah ke tempat mama, gak bisa sering sering pegang hp. Udah mau persiapan pernikahan adikku ini. Ini resep korea mbk desi, tapi gak punya whipping cream nya ya udah aku kepang aja deh donatnya biar cakep. Ini jumlah airnya aku kurangi soalnya aku pakai telur utuh, sayang dibuang putihnya. Raginya juga dibikin biang dulu, biasa test ragi aktif soalnya ragi aku kan stok kulkas. Semoga berkenan ya mbk desi πŸ˜˜πŸ™. Sumber : @desi_k2 dengan penyesuaian #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeDa_Desi #GenkPeDa_Desi #ArisanCooksnap_Desi #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

Donat Kentang (tanpa ulen)

Donat Kentang (tanpa ulen)

Source : @pre_sella dan @desi_k2 dengan modifikasi Resep anti ribet, tinggal aduk2 tanpa diulen (tanpa capek pastinya ya) yuuk dicoba Bu ibu πŸ‘‡ #JABODETABEK_OLAHANPALAWIJA #CookpadCommunity_Tangerang #GenkPejuangDapur #GenkPeDaEksis #CookMemberGenkPeDa_Desi

Kue cucur tanpa mixer

Kue cucur tanpa mixer

Pernah gagl bikin ini tp teknik kali ini berhasil

+- 20 biji
1 jam lebih
Ide Jualan Sempol Ayam

Ide Jualan Sempol Ayam

Cocok untuk jualan, untung banyak. Modal 73.000 hasil melimpah Nih sempol kalo udah mateng dicelup telur 2x rasanya mantab, alhamdulillah punyaku sisa 7biji

Donat ala ala

Donat ala ala

Penasaran dr kemarin mau bikin, trus hari ini si anak minta, cus ke dapur

Cireng Salju Sambal Rujak

Cireng Salju Sambal Rujak

Ini tipe cireng yang kenyal lembut di dalam, crispy di luar. Cirengnya tebal. *kalau mau lebih lembut di dalam, perbanyak air di bahan biang. *Kalau mau tambah crisy, simpan di kulkas dalam wadah tertutup, goreng di api sedang.

15 buah
30 menit
27. Salmon Pocket a.k.a. Martabak Salmon

27. Salmon Pocket a.k.a. Martabak Salmon

Ada yg masih ga bisa terima rasa salmon ga? Misal, krna amis, bau tanah, dll. Naaah, buat ngakalin bau2an yg ga enak, sblm masuk kulkas, balur pke perasan jeruk nipis & garam sampai rata, simpan di wadah kedap udara, masukkan ke freezer. Klo mau ga ada amis2nya sama sekali, kulitnya di-peel aja, biasanya dari situ rasa amisnya. Terus, biar ga bosen, mari berkreasi bikin martabak salmon, hahaha. Boleh tambah sayuran kaya wortel, brokoli dll ya. #cookpad #cookpad_id #cookpad_community #cookpadcommunity_depok #salmon #idemasaksalmon #salmonpocket

5 orang
30 menit