Donat Kukus

Dipos pada May 11, 2022

Donat Kukus

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Kukus yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Kukus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Kukus, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Kukus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Kukus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Kukus memakai 8 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Alhamdulillah.... Uji coba pertama bebikin donat kukus berhasil. Bentuknya donat banget, rasanya mirip bakpao tapi beda. Enak dan yang pasti lebih berasa "sehat" karena donat ini berada di luar zona gorengan πŸ˜‚πŸ˜‚. Saya pakai resep dasar andalan untuk membuat roti manis, tanpa telur. Untuk donat ini tepung terigunya saya campur antara tepung terigu protein tinggi dan tepung protein sedang. Teksturnya pas menurut saya, empuk, berserat dan kokoh. Yuk dicoba... #Semangcook_dikukusEnak #cookpadcommunity_semarang #semangcookhokya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Kukus:

  1. 150 gr terigu protein tinggi
  2. 100 gr terigu serba guna
  3. 50-60 gr gula pasir
  4. 1 sdt ragi instan
  5. 170 ml susu cair hangat
  6. 30 gr mentega
  7. 1/4 sdt garam
  8. DCC/meises/sprinkle/keju untuk topping, bebas

Langkah-langkah untuk membuat Donat Kukus

1
Siapkan bahan. Campur terigu, gula dan ragi instan, aduk rata. Sedikit demi sedikit tambahkan susu cair hangat sambil diuleni. Setelah tercampur rata, tambahkan mentega dan garam, uleni hingga kalis.
Donat Kukus - Step 1
Donat Kukus - Step 1
Donat Kukus - Step 1
2
Tidak perlu hingga window pane ya. Salah satu tanda kalis, adonan tidak menempel di wadah ketika diangkat. Istirahatkan / diamkan / profing adonan dengan ditutup plastik wrapping, hingga adonan mengembang 2x lipat, (kira-kira 45 menit - 1 jam).
Donat Kukus - Step 2
Donat Kukus - Step 2
Donat Kukus - Step 2
3
Kempiskan atau uleni sebentar adonan. Ambil sedikit adonan (menyesuaikan cetakan donatnya, saya pakai cetakan silikon ukuran kecil), bulatkan, buat lubang di tengahnya, lalu masukkan ke cetakan. Jangan terlalu penuh mengisi cetakan karena adonan masih akan mengembang saat dikukus. Istirahatkan kembali adonan, sembari memanaskan kukusan.
Donat Kukus - Step 3
Donat Kukus - Step 3
Donat Kukus - Step 3
4
Kukus donat selama 10-15 menit, balik donat agar matang sempurna dan tercetak lebih rata. Kukus kembali selama 15 menit atau hingga matang. Keluarkan donat Kukus dari cetakan, dinginkan.
Donat Kukus - Step 4
Donat Kukus - Step 4
5
Hias donat dengan topping sesuai selera. Note: agar meises/keju/sprinkle menempel, oles dahulu permukaan donat dengan susu kental manis atau margarin.
Donat Kukus - Step 5
Donat Kukus - Step 5
Donat Kukus - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bakwan Sayur Garing

Bakwan Sayur Garing

Bakwan garing versi umek @elles_cooking setelah beberapa hari yg lalu Beladas bareng #CookpadCommunity_Palembang materinya tulis menulis caption hehe Tapi emang, nulis caption di resep 11/12 susahnya dengan masak resep itu sendiri 🀣 #WongKitoCooksnap_EllySuryani #Bakwan

Kue Kaca Mata/Mata Roda

Kue Kaca Mata/Mata Roda

Resep: @herlinwulan #posbarpalawija #Jabodetabek_OlahanPalawija #Cookpadcommunity_Tangerang

Donat kampung

Donat kampung

Di rmh pas gak ada kentang,pengennya nyemil 🍩 donat,ya dgn bahan seadanya di rmh jadilah donat kampung yg gak kalah enk, lumayan lah buat cemil2 ringan..πŸ€—πŸ˜˜

5 orang
45 menit
Cireng Nasi

Cireng Nasi

Sumber: @dapuramai Bismillah.... Buat Cireng dengan memanfaatkan nasi sisa kemaren yg masih bagus. Biasanya nasi sisa kalau nggak digoreng ya lewat gitu aja. Padahal banyak sekali olahan berbahan nasi yang bikin wow......seperti pempek, cireng atau bahkan lumpur misalnya dan masih banyak lagi. Dan... ini adalah pertama kalinya saya bikin Cireng (ketinggalan banget sih hihihi...😁) Padahal bikinnya mudah, bahannya murah, gampang dan enak lagi.... Begitu mateng ee..langsung ludes πŸ€­πŸ˜‹πŸ˜‹ #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_blitar

Pancake Buah naga tanpa gula dan tepung Snack MPASI 23 Bulan

Pancake Buah naga tanpa gula dan tepung Snack MPASI 23 Bulan

#MasakSetiapBagian #pejuanggoldenaproan #sayanganak #camilansehat #stayathome

Martabak Mini meises Keju

Martabak Mini meises Keju

Hallo semua,kali ini aku bikin Martabak Mini dengan toping coklat dan keju,,Niat banget pengen bikin Martabak mini yg imut bgt,baru punya cetakannya seneng bgt langsung eksekusi dong bikin Martabak mininya,,dan Alhamdulilah berhasil dong,,yeeeaaayyyyπŸ’•β€οΈπŸ’–πŸ’–πŸ’– Rasanya gk kalah sm yang dijual diluar,,lembut dan empuk banget,Manisnya pas,,gurih dan empuk bgt ,,Buat kalian yg penasaran sm Martabak Mini Boleh yaa dicoba resepnyaπŸ’•Favorite bgt Pokonya.

>10 orang
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak

Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak

Bismillahirrahmanirrahim, ini kue jadul kesukaan. Rasanya kenyal dan legit. Namanya bermacam-macam Kue Ku atau kue Angku atau kue Tok kalau di Cirebon namanya kue Cikak. Ini cooksnap dari mbak @frida_frida & kak @Belvakitchen7, makasih saudara2ku untuk resep mantulnya. Tapi karena resepnya berbeda jadinya saya modifikasi sedikit sesuai selera keluarga. Aku tidak pakai daun pandan karena tidak ada dan untuk kacang hijau kupasnya aku ganti dengan Lentil karena disini tidak ada kacang hijau. Tapi untuk rasa keduanya bisa saling menggantikan, tidak jauh berbeda.

Kue Talam Abon

Kue Talam Abon

Tidak hanya bercita rasa manis, kue talam pun bisa dibuat dalam versi gurih. Biasanya diberi taburan ebi, terinspirasi oleh resepnya mbak @meldayanti aku coba talam dengan taburan abon. Lebih praktis, pakai abon beli jadi tentu saja πŸ˜€ dan enaak... Yuuk cobain... #mbantuk_kuetradisional #CookpadCommunity_Bandung

Martabak Manis Kobe

Martabak Manis Kobe

Gara-gara mba @nevisutio yang kasih bingkisan buanyak tempo hari, saya jadi cooksnap resepnya @dapurkobe nih. Akhirnya nemu resep martabak manis ini. Orang rumah ga nyangka aja tau-tau ada martabak di meja. Alhamdulillah langsung habis😁 #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Borneo

Tahu berontak (tahu isi sayuran)

Tahu berontak (tahu isi sayuran)

Tahu dengan isian sayur yang sampai kapan pun tidak pernah membosankan. Biasanya kalau beli isiannya suka letoy. Tapi yang ini nih asli seger banget. Matang tapi masih kres banget sayurnya. Pokoknya nampol deh. Aku pakai resepnya mbak @didowardah. Top banget.

40 biji
Kulit risol takaran sendok tanpa telur

Kulit risol takaran sendok tanpa telur

Bikin kulit risol untuk bikin risol mayo kesukaan krucil. Hanya perlu takaran sendok, gak lengket dan ekonomis tanpa telur. Yuk dicoba moms

20 lembar
Kue lapis/ kue pepe

Kue lapis/ kue pepe

Anak pengen kue pepe sedang mau keluar beli jajanan ema nya males akhirnya bikin sendiri aja.. sengaja bikin dikit buat bocil doang, yang penting ada cemilan buat bocil

Bakwan Tahu

Bakwan Tahu

Gampang banget buatnya, anakku juga sukaaa πŸ₯°

Kue Sagon Kelapa

Kue Sagon Kelapa

Alhamdulillah.. bisa ikut meramaikan semarak #BakpiaClover dengan narsum mba @khumairahs_kitchen yang cantik dan sang owner cheese stick maciis. kali ini kita di tantang untuk membuat snack/cemilan kering yang siapa tau bisa menginspirasi teman2 lain nya yang akan memulai usaha. Dan siapa tau juga bisa sukses seperti mba uma😁😁😁 Buat mba uma... Makasih sharing ilmu nya,sangat bermanfaat sekali.mudah2an makin sukses usaha nya,dan kita ketularan sukses nya.Aamiin🀲🀲🀲 Aku mencoba buat cemilan jadul yang sudah mulai terlupakan,karena sudah jarang yang membuat nya. Sebenarnya ada cetakan khusus buat kue sagon ini,tapi karena aku ga punya jadi pake cetakan kuker😁😁😁 Cemilan ini bahan dan cara membuat nya pun gampang,buat yang pengen mengenang masa lalu ,cuss buat.. #BakpiaClassCookies #BelajarBakingWithCT_Khumairah #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHearthEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi

244. SIOMAY BANDUNG IKAN TENGGIRI komplit

244. SIOMAY BANDUNG IKAN TENGGIRI komplit

Olahan ikan tenggiri, kita bikin menu bergizi karena kandungan protein omeganya, kali ini diolah jadi siomay ala Bandung. Saya bikin menu komplit alias lengkap ada sayuran juga; pare, kentang, telur, tahu. Biasanya suka ditambahkan daun kol gulung yang ikut dikukus...kali ini anak anak minta gak pake kol, parenya juga hanya kesukaan mamak ajah..., sedap betul dipadukan dengan bumbu kacang. Sangat mengenyangkan dan sehat , tanpa minyak karena semua dikukus. Cooksnap dari mbak Anggraini @rence dan modifikasi dari beberapa resep dengan penyesuaian. Source : Mbak Angraini @rence #PekanPizza #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #GA_rence

Banyak
1 jam
Kue Bugis Ubi Ungu

Kue Bugis Ubi Ungu

Nah satu lagi bikin kreasi ala kue tradisional. Kebetulan kemarin dikasih tetangga ubi ungu manis manis banget. Sayangnya cuma 3 biji πŸ˜‚. Kue Bugis ini mirip kue pare. biasanya ngga pale vla. Tapi Aku buat aja via Makin gurih gituπŸ€—. Ngga pake vla udah oke sebenernya.. sesuaikan selera aja ya.. enak banget ini Masya Allah.. Bikin cemilan untuk teman ngeteh sore2. Sekalian setoran posbar dalam rangka memperingati Anniversary kampung Cocok. Semoga semakin Jaya,maju dan berkembang, solid selalu dan semakin menginspirasi πŸ€—πŸ€— "Happy Anniversary Cookpad Community Kaltim"πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³πŸ₯³ #PesanCoCoK #CoCoK_1stAnniversary #KulaEtamCoCok #CookpadCommunity_Kaltim

*Kue Pepare khas Kal-Sel*

*Kue Pepare khas Kal-Sel*

Sabtu 18-09-2021.... Masih punya unti kelapa dikulkas, cukuplah untuk isian satu macam kue lagi. Dan mumpung masih banyak waktu untuk rekreasi ke KalSel jadi cari2 resep kue yang dari cookpad community KalSel deh... Dan akhirnya ketemulah sama resep kue pepare ini yang isiannya juga unti kelapa...pas deeh jadinya, karna dah lama juga sih pengen bikin kue ini πŸ€—..tapi resepnya utk adonan kulitnya aku tambah kentang kukus sedikit, jadi kenyil-kenyil enak πŸ‘πŸ˜‹ Dan resep aslinya pun aku lampirkan disini ya Source : nindaummuzia Disini πŸ‘‡link resep aslinya ya : https://cookpad.com/id/resep/14273285-kue-pepare-khas-kalimantan-selatan?invite_token=3J52h7Wd5KpWi5wZAz9D1LRM&shared_at=1631950002 #PekanPosbar #SerbaDikukus #Rekreasi_KalSel #CookpadCommunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItusSaya