Pastel Isi Bihun

Dipos pada May 11, 2022

Pastel Isi Bihun

Anda sedang mencari inspirasi resep Pastel Isi Bihun yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Pastel Isi Bihun yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Pastel Isi Bihun, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Pastel Isi Bihun enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Pastel Isi Bihun sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Pastel Isi Bihun memakai 23 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Beberapa waktu lalu aku bikin pastel isian kentang wortel...hasil cooksnap resep mbak Vita yang cantik @vitajaurina . Hari ini beda isian aja.. Sama sama enak, sekedar buat variasi biar ga bosen. Kulit pastelnya dah paling mantap krn ga mudah robek alias lentur. Apalg setelah digoreng garingnya dapat tapi tidak keras... Dalam membuat isian pastel lebih baik kebanyakan daripada kurang ya.. Jd bahan bahan bisa dikira kira sendiri juga. #CokpadCommunity_Bekasi #CookpadCommunity_ID #CookpadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Pastel Isi Bihun:

  1. Bahan Kulit:
  2. 250 gr tepung terigu protein sedang
  3. 50 gr tepung maizena
  4. 1/4 sdt Garam
  5. 1/4 sdt merica (opsional)
  6. 1 Butir telur
  7. 50 gr mentega/margarin, lelehkan
  8. 100-120 ml air dingin (air es)
  9. Bahan Isian:
  10. 2 Keping Bihun (rendam air hangat hingga lunak), potong potong
  11. 150 gr kentang, potong² kotak kecil, rebus
  12. 150 gr wortel, potong² kotak kecil, rebus
  13. 2 Batang daun bawang, iris (seledri juga boleh)
  14. 5 butir bawang merah, cincang halus
  15. 3 Siung bawang putih, cincang halus
  16. 11/2 sdm saus tiram
  17. 1/2 Sdt Minyak Wijen (optional)
  18. 1/2 sdt merica bubuk
  19. 1/2 sdt Kaldu bubuk (totole)
  20. 1/2 sdt garam
  21. 1/2 sdt gula pasir
  22. Bahan Lain:
  23. 3 butir telur rebus, potong2 kotak

Langkah-langkah untuk membuat Pastel Isi Bihun

1
Buat isian: Potong-potong kentang dan wortel kotak kotak kecil. Lalu rebus sebentar, tiriskan. Rendam bihun dgn air hangat sekitar 10 menit, tiriskan dan potong-potong (gunting). Siapkan juga bawang merah, bawang putih dan daun bawangnya.
Pastel Isi Bihun - Step 1
Pastel Isi Bihun - Step 1
Pastel Isi Bihun - Step 1
2
Panaskan secukupnya minyak didalam wajan diatas api sedang. Masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis sampai wangi. Masukkan kentang, wortel dan bihun, aduk rata. Masukkan saus tiram, merica bubuk, kaldu bubuk, garam, gula dan minyak wijen (jika pakai). Aduk rata. Cicipi dan koreksi rasa.
Pastel Isi Bihun - Step 2
Pastel Isi Bihun - Step 2
Pastel Isi Bihun - Step 2
3
Sesaat sebelum diangkat masukan daun bawang, aduk rata sebentar. Angkat dan tuangkan kedalam wadah. Masukkan telur rebus yang telah dipotong-potong. Aduk rata. Sisihkan.
Pastel Isi Bihun - Step 3
Pastel Isi Bihun - Step 3
4
Bahan Kulit: Campur rata tepung terigu, tepung maizena, garam dan merica bubuk. Masukkan telur dan mentega/margarin cair, aduk rata menggunakan garpu. Tuangkan air dingin kedalam adonan sedikit-sedikit sambil diulen menggunakan tangan sampai kalis (tepung tidak menempel pada tangan maupun wadah). Stop penggunaan air apabila adonan sudah kalis dan permukaan adonan mulus.
Pastel Isi Bihun - Step 4
Pastel Isi Bihun - Step 4
Pastel Isi Bihun - Step 4
5
Tutup adonan dengan plastik wrap atau kain serbet bersih, diamkan 30 menit. Lalu bagi adonan @25gram atau @30 gram (atau sesuai selera). Bulatkan. (sya bikin 2x resep adonan @25 graman dapat kurleb 36 biji)
Pastel Isi Bihun - Step 5
Pastel Isi Bihun - Step 5
Pastel Isi Bihun - Step 5
6
Ambil satu adonan, pipihkan bulat menggunakan rolling pin. Lalu pipihkan memanjang, adonan akan berbentuk lonjong. Note: taburkan secukupnya tepung apabila adonan agak lenget. Pipihkan hingga cukup tipis sesuai selera.
Pastel Isi Bihun - Step 6
Pastel Isi Bihun - Step 6
7
Beri isian secukupnya (kurang lebih 1 - 1 1/2 sdm), oles pinggir kulit dgn air (supaya nanti kulitnya menempel pada saat dipilin). Tutup adonan, tekan-tekan pinggirnya. Lalu pilin ujung nya.
Pastel Isi Bihun - Step 7
Pastel Isi Bihun - Step 7
Pastel Isi Bihun - Step 7
8
Bs juga tekan pinggirnya pakai garpu. Lakukan sampai adonan habis. Tata rapi pastel didalam wadah pipih (loyang atau nampan) yang sudah ditaburi sedikit tepung. Beri jarak agar tidak saling nempel.
Pastel Isi Bihun - Step 8
Pastel Isi Bihun - Step 8
Pastel Isi Bihun - Step 8
9
Panaskan minyak goreng secukupnya dgn api sedang, goreng pastel sambil permukaan pastel disiram siram minyak panas. Goreng hingga kedua sisi golden brown. Angkat dan tiriskan.
Pastel Isi Bihun - Step 9
Pastel Isi Bihun - Step 9
Pastel Isi Bihun - Step 9
10
Jika ingin disimpan untuk hari berikutnya maka goreng hingga kedua sisi setengah matang saja (permukaan kulit menjadi putih). Angkat. Tiriskan. Jika sudah suhu ruang masukan dalam wadah dan bs simpan di kulkas bagian bawah untuk 1 atau 2 hari, tetapi jika ingin tahan lebih lama simpan di freezer (bekukan).
Pastel Isi Bihun - Step 10
Pastel Isi Bihun - Step 10
11
Nanti keluarkan dr kulkas dan goreng kembali pastel untuk kedua kalinya diatas api sedang cenderung kecil. Goreng sampai berwarna kuning kecokelatan (golden brown). Angkat dan tiriskan. Sajikan dan siap disantap selagi hangat.
Pastel Isi Bihun - Step 11
Pastel Isi Bihun - Step 11
Pastel Isi Bihun - Step 11

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

*Bakwan Kulit Singkong*

*Bakwan Kulit Singkong*

Kamis 21-10-2021... Memanfaatkan kulit singkong dari singkongnya yang dibuat talam lumer, sayang juga kulitnya kalo dibuang, nanti kalo ketauan sama Mamah takut dimarain 🤭🤗🤫... jadi kulitnya tuh langsung juga dibersihin, cuci terus direndem deh dan akhirnya dibikin bakwan ditemenin sama wortel 😋 Bikin bakwannya juga pake tepungnya campur-campur, karna semua tinggal tanggung adanya. Untuk resep pengolahan kulit singkongnya aku pakai resepnya mba Nidarudi @Nidarudi Makasih mba resepnya 🙏 #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadComnunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

Kue Sus Vla Harum tanpa Rum

Kue Sus Vla Harum tanpa Rum

Waktu kecil saya suka sekali dengan kulit sus. Dan sekarang anak2 juga suka kue sus. Daripada jajan, bikin sendiri dong....nah ini satu resep bisa jadi 32 buah ukuran kecil-sedang, dan...ludes dalam hitungan jam oleh anak-anak. Senang banget meski masak berkeringat tapi makanan ludes...simak video proses pembuatannya di Youtube Razita Corner ya... #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingLeague

32 buah kecil
2 jam
Pastel rogut sayuran

Pastel rogut sayuran

Di balik resep ini ada banyak cerita 😅 Mau posting resep ada aja cobaan nya (hiyaahh...🤣🤣) yang lupa foto step by step,akhirnya nunggu ada pesanan pastel lagi baru lengkap foto2 nya. Foto udah lengkap semua,eh...ngk bisa diupload 🤦‍♀️ Alhamdulillah...setelah mendaki gunung lewati lembah(kayak Hattori 🤭),selesai juga posting resep 💃💃 Sekalian ikut meramaikan kegiatan COBOY minggu ini,dengan tema PALAWIJA. Palawija adalah hasil panen kedua disamping padi. Disini saya menggunakan bahan palawija yaitu kentang dan wortel. Ini saya bikin 2x resep ya fotonya. Yuk..sama2 bikin 🥰 #Mbois_SerbaPalawija #CoboyMbois_SerbaPalawija #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #MasakSetiapBagian

10 pcs
Wajik Ketan Gula Aren

Wajik Ketan Gula Aren

Wajik adalah kue tradisional yg cukup populer & mudah pembuatannya. Terbuat dari beras ketan yg divampur dengan santan & gula merah. Kali ini saya memakai gula aren untuk membuat wajik

1 loyang
2 jam
309. Bakwan Caisim Kobe

309. Bakwan Caisim Kobe

Sabtu, 23 Oktober 2021 Nah, berhubung anak-anak dirumah agak susah disuruh makan sayur, kali ini saya mau buat bakwan dari sayur Caisim atau sawi hijau. Resepnya dari @dapurkobe 🤗 Tepung yang saya gunakan adalah Tepung Bakwan Kress dari @dapurkobe Hasil bakwannya tuh renyah diluar lembut didalam. Dan sudah tentu sangat praktis dan mudah membuatnya. Oh iya. Ternyata orang rumah suka loh bakwan caisim Kobe... Enak kata mereka. Alhamdulillah gorengannya laris manis. 💃💃💃 Oia. Saya disini buat 3 resep sekaligus ya... Namun saya tetap mencatatnya satu resep saja. Agar lebih mudah. 😊 #tepungkobe #bakwancaisimkobe #KulaEtamCoCoK #cookpadIndonesia #cookpadcommunity #CookpadCommunity_Id #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Paser #CookpadCommunity_Longikis #Cookpad #DapurMarinBorneo #resepmarin309 #marinbakwan #homemadeisbetter #MasakItuSaya #MasakanRumahan #MasakanSederhana #MasakApaHariIni #IdeMasak #ResepMasakan #ResepRumahan #BelajarMasak #CookingWithHeartEatingWithLove

Bakwan Tempe

Bakwan Tempe

Tempe itu bahan makanan kaya gizi yang harganya murah meriah.. Dibikin tempe kriuk oke, dibikin mendoan ayoook, dibikin kering monggo.. pokoke dibikin apasaja ya mariiii... Buat hari ini akunya males ribet², diaduk² udah jadi deh.. apalagi kalo bukan dibikin bakwan. Ini terinspirasi dari resepnya mba @desi_k2 nih.. Enak juga ternyata, secara sebenernya aku salah satu makhluk bumi yang kurang doyan tempe sih... heheee Semoga mba Desi dan keluarga selalu sehat ya...🤗🥰 Source : @desi_k2 #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis #CookmemberGenkPeda_Desi #CookpadCommunity_Sumbar #OlahanTempeMamiFay

Dadar/Bakwan Jagung Surabaya

Dadar/Bakwan Jagung Surabaya

Bedanya apa dengan bakwan surabaya dengan bakwan jagung biasa, yang ini bumbunya dipakein cabe yg dihaluskan jadi rasanya rada pedas2 gitu 🙂 Inpirasi resep @Tehagie #CookpadCommunity_Bogor #dapurtunik #cooksnap

Kue Jongkong Khas Bangka

Kue Jongkong Khas Bangka

Source: ig@ayuaudrey #camilankhasbangka #makanankhasbangka #santapanberbukapuasa

Martabak Mini Tahu

Martabak Mini Tahu

Punya kulit pangsit yang masih ada, cus lah buat martabak mini tahu

2 orang
30 menit
Martabak Teflon mudah murah meriah anti gagal

Martabak Teflon mudah murah meriah anti gagal

Mau maem cemilan tapi malas keluar rumah. Alhamdulillah masih ada bahan yg bisa diolah jadi martabak. Bahan yang amat sederhana, jadinya juga banyak.

15 potong
30 menit
Kue lapis kentang

Kue lapis kentang

Alhamdulillah jadi juga kue kentang kesukaan anak aku tambahan ultah anak aku si bungsu olahan kentang tgl 17 kemarin belum sempat aku posting, aku pakai loyang ukuran kecil klau mau besar tinggal tambah adonan nya ya...kebetulan ada tantangan dari Cilmin.olahan kentang, pas banget #Berampaan-spiral #CookpadContinuity-Balikpapan

Kue Awug

Kue Awug

By @meigaCandinegara

Donat kentang

Donat kentang

Udah lama ga bikin donat, kmrn suami mnta dibikinin donat pk glaze, saya bikin pk resepnya ncc, meskipun sampai besok jg donatnya ttp empuk, asal disimpan di wadah kedap udara

Pastel Abon Mini

Pastel Abon Mini

Pastel abon ini cemilan turun temurun dari nenek... Biasanya klo buat ini mesti sabar banget karna ngelipet satu persatu... Buat nya lama eh habis nya cepet... 😄😄😄😄 By. Anitya Hapsari IG : masak_itu_seru Youtube : Masak Itu Seru

600 gr
6 jam
Kue Mata Roda Pelangi

Kue Mata Roda Pelangi

• 15-10-2021 • Punya singkong sama pisang, jadi inget ada kue tradisional dari kedua bahan ini yang saya bikin beberapa hari yang lalu. Saya buat warna warni supaya menarik, meski gak terlalu kelihatan karena terselimuti kelapa parut, hehe. Pernah lihat resepnya ini dari blog nya mbak diah didi. Kata mak'e ini kalau bahasa jawa disebutnya plenggong. Wah kebetulan nih acara coboy minggu ini mbois dengan tema palawija, salah satunya singkong. Yaudah posting ini aja buat setor posbar coboy minggu ini, hihii. Kue tradisional ini sepertinya sudah jarang ditemui ya. Meski jadul tapi rasanya enak. Kalau mblenger sama cake dan semacamnya, bikin ini aja. Bahannya simple dan buatnya juga mudah. #Mbois_SerbaPalawija #CoboyMbois_SerbaPalawija #CoboyMbois #CoboyWani #Coboy_CookSnap #CookSnap #CookpadCommunity_Surabaya #MasakSetiapBagian

ES KRIM ROTI TAWAR TINGGI KALORI-Snack MPASI 8bulan++

ES KRIM ROTI TAWAR TINGGI KALORI-Snack MPASI 8bulan++

Siapa yang baby nya lagi GTM? atau siapa yang baby nya lagi tumgi? merapat yuk bu🤗 Kali ini ibun share resep snack mpasi yang mengeyangkan & bisa banget meredakan ngilu tumgi baby😍 Bonusnya es krim ini tinggi kalori loh karbo, prohe, lemak semua ada disini. Jangan ragu buat recook ya bun, dijamin baby pasti suka❤️ Selamat mencoba & semoga bermanfaat🥰🙏🏻 #resepMpasiSena #snackmpasi #snackmpasitinggikalori #bbbooster #tinggikalori #eskrimmpasi #icepop #icecream

3-4 ice pop
Bakwan Sayur Renyah

Bakwan Sayur Renyah

Gorengan pasti jadi cemilan favorit di rumah. Meski lagi diet, sesekali tetap pengin makan bakwan 😁 Kalau bikin di rumah, bisa pakai minyak yg lebih aman. Mengurangi rasa bersalah kan jadinya, meskipun kalorinya ya tetap tinggi 😅😅 Saya selalu menambahkan jamur kalau bikin bakwan. Kali ini pakai jamur kancing krn lagi banyak stoknya di kulkas. Bikin rasanya makin gurih menurut saya. Bakwan ini pas banget renyahnya. Resepnya dari amih Qiby. Karena pakai margarin, jadi lebih wangi gurih. Yakin ini sih ngga bisa berhenti makannya 🤣🤣