Lumpia Basah

Dipos pada May 11, 2022

Lumpia Basah

Anda sedang mencari inspirasi resep Lumpia Basah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Lumpia Basah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Lumpia Basah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Lumpia Basah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Lumpia Basah adalah 3-4 Porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Lumpia Basah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Lumpia Basah memakai 22 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Biasanya yg jual lumpia basah isiannya pakai bengkuang.. ini diganti lobak

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Lumpia Basah:

  1. Secukupnya kulit lumpia
  2. Isian Lumpia
  3. 2 genggam toge
  4. 1 buah lobak
  5. 2 buah sosis
  6. 6 butir bakso
  7. 2 butir telur
  8. Bumbu Halus
  9. 3 siung bawang merah
  10. 2 siung bawang putih
  11. 5 cabai rawit merah
  12. 6 cabai kriting
  13. Secukupnya garam, kaldu bubuk, gula
  14. Untuk Memasak Lobak
  15. 200 ml air
  16. 1 keping gula merah
  17. Untuk Olesan Lumpia
  18. 100 ml air
  19. 1/2 keping gula merah
  20. 2 1/2 sdm tepung tapioka (larutkan dengan 50ml air)
  21. Secukupnya minyak
  22. Secukupnya air

Langkah-langkah untuk membuat Lumpia Basah

1
Kupas lobak, potong kecil memanjang lalu cuci, tiriskan
Lumpia Basah - Step 1
Lumpia Basah - Step 1
Lumpia Basah - Step 1
2
Panaskan air dipanci, tambahkan gula merah masak sampai gula larut lalu masukan lobak, masak sampai air menyusut, tiriskan.
Lumpia Basah - Step 2
Lumpia Basah - Step 2
3
Untuk Perekat Lumpia : panaskan air dipanci masukan gula merah, masak gula sampai larut lalu masukan larutan tepung tapioka (aduk-aduk cepat) sampai mengental lalu sisihkan.
Lumpia Basah - Step 3
Lumpia Basah - Step 3
Lumpia Basah - Step 3
4
Haluskan bumbu, panaskan wajan beri secukupnya minyak lalu tumis bumbu sampai harum
Lumpia Basah - Step 4
Lumpia Basah - Step 4
5
Tambahkan telur (orak arik) lalu masukan bakso & sosis, tumis -+ 2 menit
Lumpia Basah - Step 5
Lumpia Basah - Step 5
6
Tambahkan sedikit air lalu masukan toge tambahkan garam, kaldu bubuk, gula, koreksi rasa lalu masukan lobak masak sampai air menyusut
Lumpia Basah - Step 6
Lumpia Basah - Step 6
Lumpia Basah - Step 6
7
Siapkan kulit lumpia, beri olesan (step no 3) lalu tambahkan isian lumpia. Siap disajikan
Lumpia Basah - Step 7
Lumpia Basah - Step 7
Lumpia Basah - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Pastel Kentang Ekonomis Renyah Tanpa Telur

Pastel Kentang Ekonomis Renyah Tanpa Telur

Masih bertemakan posbar Serba Palawija. Kali ini saya menggunakan kentang untuk bahan dasar nya. Saya olah jadi pastel. Gegara kemarin harus buat snack untuk tukang, pas gak ada yg jual snack. Alhasil pagi2 udah uprek di dapur.. Jam setengah 6 pagi mulai buat.. dan jam 7 sudah selesai goreng.. woww.. takjub banget. Bisa the fast gitu 🤣😅 Sengaja cari resep yang tanpa telur, dan ternyata benar loh krenyes2.. sampai siang juga masih kriuk.. 😀 #CookpadJawaTimur #CookpadCommunityJawaTimur #CookpadKediri #Coboy #CookpadCommunity_Surabaya #ResepUrsula #PekanPosbar #PosbarPalawija #Palawija #Kentang #Pastel

12 buah
Kue Kacang Jadul

Kue Kacang Jadul

Semenjak bocil suka banget makan kue kacang, mamaknya langsung cari resep biar bikin sendiri, kalo bikinan sendiri pastinya bahan lebih fresh dan dapat banyak🤭. Saya pakai resep kue kacangnya mba @chalistaakitchen dengan modifikasi sedikit.

1 kg
Kue ulang tahun takaran sendok

Kue ulang tahun takaran sendok

Halo teman2 semoga sehat selalu ya.. kali ini saya mau berbagi resep kue ulang tahun dengan menggunakan Bolu kukus takaran sendok, mudah sekali diperuntukan bagi pemula2 yg ingin buat kue tapi tidak tahu tahap2 takaran dan ada sedikit tips2. Sebenarnya lebih enak buat sendiri kue ultah ketimbang beli hehe (pastinya) karena lebih aman di kantong. Oke let's see ya resepnya

Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Risol Kriukkk (tanpa tepung roti)

Jadi ini risol hasil dari inspirasi mama saya, yang hobi banget buat cemilan sore 😄 Selamat Mencobaaaaa 🍳

5- 6 Orang
1 Jam
Donat autolysis

Donat autolysis

Awalnya mau bikin roti tawar tapi berubah pikiran akhirnya digoreng jadi deh donat.. Tapi klo mau dibikin roti dgn resep ini bisa juga..

5 porsi
3 jam
Sanggar Tiwadak atau Gorengan Cempedak

Sanggar Tiwadak atau Gorengan Cempedak

Bismillah Hujan-hujan enaknya makan gorengan. Kebetulan masih Minggu buah musiman. Si Cempedak setelah kulitnya habis sekarang mengolah isinya.. 😋 sanggar adalah sebutan orang Banjar untuk gorengan jadi mau isinya nangka, pisang, ubi, singkong semuanya sanggar. #berbagisaturesepsetiaphari #sanggarcempedak #cempedakgorengtepung #masaksetiapbagian

3 orang
40 menit
Tahu Aci Kukus

Tahu Aci Kukus

Masih pengen ikutan posbar masakan yg dikukus, saya bikin tahu isi Aci kaya yg dijual abang-abang. Kalau bikin sendiri tentunya lebih enak dan higienis ya moms.... Maaf ada sedikit tambahan di bahannya. Menyesuaikan selera keluarga. Source : @bundaollakitchen #PekanPosbar #AnekaMasakanDikukus

20 pcs
Tahu Isi Gluten Free

Tahu Isi Gluten Free

Bismillah...sesekali makan gorengan buatan sendiri supaya lebih hemat dan higienis yuuk dicoba Bun bisa jadi lauk atau cemilan sore dengan kopi versi gluten free karena goreng pake tepung mocaf ya Bun

10 pcs
1 jam
Siomay Udang Rebon

Siomay Udang Rebon

Source: Maylisha https://cookpad.com/id/resep/6710131-siomay-udang-rebon?invite_token=7LSJWGbPVwKd8Tk9fdynGS8s&shared_at=1627196774 #CookpadCommunity_Bekasi #Cookpad_id #SerbaDiRebus #Somay #CemilanSehat

Gorengan nasi

Gorengan nasi

Memanfaatkan nasi sisa kemaren, bikin kreasi bru dbikin gorengan nasi untuk cemilan warga drumah, alhamdulillah semua pada doyan kreasi mak ny ☺ #masaksetiapbagian #semuabisajadienak

Bakwan jagung

Bakwan jagung

Resep#TitisariLesanpura #Cookies_TitisariLesanpura #CookpadCommunity_Tangerang Buat cemilan guuammmpilnya super dah😆😆😆😉😉😄 kesukaan anak2 plus gaak pake lammmaaa ... Cuzz kepoin yuk🤗🤗🤗🤭😉😉

Kue lapis beras

Kue lapis beras

Assalamualaikum sahabat cookpad lama ngk muncul nulis resep kue 😊 kemaren bikin kue lapis buat si adek ada acara maulid nabi disekolah.saya cetak biar tampilan nya cantik cus lansung keresep ja ya 😁

Kue cubit

Kue cubit

15menit
Cilung/Papeda Gulung Lembut Tidak Pakai Telur

Cilung/Papeda Gulung Lembut Tidak Pakai Telur

Buat yang suka cilung cuma sering ngerasa anyir dengan rasa telurnya dan juga kalau tidak pakai telur adonan cilung nya terasa alot, moggo bisa dicoba resep ini yaa Semoga bermanfaat 🐣 #tapioka #papeda #gulung #cemilan #cilung #jajanansd #cookpadIndonesia

9 tusuk
30 menit
Bakwan bayam tepung kobe serbaguna

Bakwan bayam tepung kobe serbaguna

Resep#PritaKarina #Terimakasih_TimCocomtang #Terimakasih_PritaKarina #CookpadCommunity_Tangerang Krn bahan2 ada..plus tepung kobe pun slalu ada.yooo wis lahh yaak bikin kudapan pemdamping ngeteh atau ngopi🤗🤗🤗😊😋 Dhan alhmdlh bakwan bayam ini anak2 jg sukakkk🤗🤗🤗😊😋💃 Solusi bg anak2 yg ga suka dg sayur nih😆😉🤭

Kue pisang kukus

Kue pisang kukus

Lagi bersihin isi kulkas eh nemu 1 buah pisang yang udah matang banget agak lembek gitu, mau di buat bolu gak ada stok telur, mau di buat masakan lain tanggung cuman satu,iseng"di buat kue tanpa telur, rasanya tetap enak dan maknyus buat temenya ngopi#pekanposbar#serbadikukus

1loyang
30 menit
Siomay Ayam

Siomay Ayam

Bismillah Alhamdulillah berkesempatan ikutan kelas Yoglosemar dengan tema makanan dikukus. Mimi pilih cooksnap resep mba @setiaanggri yaitu siomay ayam udang. Dengan modifikasi daging udangnya..kebetulan nyisa dikit jadi ayam udangnya perbandingan 1:1 Hasilnya tetep enak, gurih dan juicy..makasii ya mba2 di kelas Yoglosemar yg udh sharing resep2 kecenya.. Mimi cooksnap sesuai bahan yg tersedia dirumah aja..kebetulan baru besok jadwal belanja mingguan nya.. Ini Mom resepnya dengan sedikit modifikasi dr mimi.. #pekanposbar #kelasyoglosemar_kukus #kopijos_ngukus #Selaluistimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta