Kue Apem Kukus

Dipos pada May 9, 2022

Kue Apem Kukus

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Apem Kukus yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Apem Kukus yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Apem Kukus, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Apem Kukus enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Apem Kukus sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Apem Kukus memakai 8 jenis bahan dan 10 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Assalamualaikum momies....lg suka sama olahan gluten free 😅....dan ternyata, aneka jajanan tradisional itu kebanyakan gluten free, pinter yah org² jaman dulu, pinter buat makanan enak dan sehat. Dan....dr dl saya suka nyediain jajanan tradisional buat kiddos kl pagi hari, jd kl pagi² rajin jln² atau ke pasar cari jajanan tradisional ini. Dan lidah mereka sdh terbiasa makanan "wong ndeso" Harganya sbenernya terjangkau moms, tp kl jumlah dan macemnya banyak yg dibeli, duitnya jd membengkak pula khan moms 😓, jadilah saya searching resep² jajanan tradisional ini di cookpad 😂. Resep kali ini apem tp versi kukus, mau yg pakai cetakan diatas kompor saya blm punya cetakanya moms, yo wes versi kukus aja malah lebih sehat 😁 Source : @cook_7747511 Recook : @lovekitchens24 #Kopijos #Kopijos_Ngukus #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Apem Kukus:

  1. 100 gr tape singkong buang sumbunya dan haluskan
  2. 140 gr gula pasir
  3. 150 gr tepung beras
  4. 30 gr tepung terigu (bisa di skip ganti tepung beras semua)
  5. 270 ml santan
  6. 1/2 sdt garam
  7. 1 sdt ragi instant
  8. Secukupnya pewarna makanan

Langkah-langkah untuk membuat Kue Apem Kukus

1
Rebus gula + garam + santan hingga gula larut, tidak perlu sampai mendidih
2
Campur tape yg dihaluskan tadi dg tepung beras + tepung terigu dan air santan tadi bergantian campur sampai homogen dan tidak bergerindil
3
Tuang ragi instan dan aduk sampai tercampur rata, kemusian tutup adonan dan biarkan ±1 jam sampai muncul gelembung²
4
Setelah mengembang aduk² supaya gelembung berkurang dan bagi adonan sesuai dg macam² warna yg di inginkan
5
Tambahkan pewarna pd masing² adonan yg telah dibagi tadi
6
Siapkan cup yg sdh dioles minyak goreng tipis², kemusian tuang adonan ke dalam cup ¾ saja
7
Kukus pd kukusan yg sdh dipanaskan sebelumnya. Kukus sekitar ±30 menit atau sampai matang, jgn lupa lapisi tutup kukusan dg kain.
8
Setelah matang, angkat dan dinginkan kemudian keluarkan dr cetakan
Kue Apem Kukus - Step 8
Kue Apem Kukus - Step 8
Kue Apem Kukus - Step 8
9
Kue Apem Kukus - Step 9
Kue Apem Kukus - Step 9
Kue Apem Kukus - Step 9
10
Selamat mencoba 😘

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Telur gulung ala Abang-abang

Telur gulung ala Abang-abang

Bismillahirrahmanirrahim Sesuai reques anak-anak hari ini telur gulung, kalau didesa memang gak ada tempat jajan jadi kalau lagi pengen apa-apa emak belajar aja membuatnya. Oia,untuk telur gulung ini sedikit saya beri tambahan kaldu ayam bubuk😀 Source: @ihdanas #Barampaan #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_Borneo

Tahu isi

Tahu isi

Assalamu'alaikum... Selamat pagi, selamat berakhir pekan teman2. Akhir pekan ga akhir pekan mah kalau saya sama aja, ketemunya dapur dapur juga wkwkwk Tapi ada yg beda di sabtu ini, karena pagi2 saya sudah siapkan amunisi, sudah bisa cemal cemil... Hihihi Cooksnap resepnya pejabat cookpad yang cetar membahana badai @mamiNa dan sebagai partisipasi buat pemenang arisan genk pejuang dapur mba @desi_k2 . Dengan penyesuaian bahan dari saya... Terimakasih resepnya ya akak2 keceee 🤗 #bainai_mamina #genkpejuangdapur #cookmembergenkpeda_desi #cookpadcommunity_sumbar

Kue Lumpur Ubi Merah

Kue Lumpur Ubi Merah

Berdasarkan sejarahnya, kue lumpur dikenalkan oleh bangsa portugis saat menjajah Indonesia, dengan Inspirasi pasteis de nata, kue khas Portugis yang terbuat dari custard, yaitu campuran susu dan kuning telur, yang kemudian dalam pembuatannya dilakukan penyesuaian bahan dengan yang tersedia di tanah air. Nama kue lumpur sendiri merujuk pada adonan kue yang lembut dan lembek, dengan topping parutan kelapa, sehingga mirip lumpur. Dari yang awalnya berbahan utama kentang, santan, terigu, telur dan gula, serta diberi hiasan kelapa muda parut, kue lumpur berkembang dan divariasikan dengan bahan bahan lain, seperti resepnya mama Era @erafani_2000 ini, menggunakan bahan ubi dan diberi topping kismis. Untuk santan di resep ini, bisa gunakan 200 ml santan instan, dan 50 ml air atau 2 bungkus santan instan 65 ml kemudian tambahkan air 120 ml Hasilnya, Enak, lembut, manisnya pun pas, sukaa 😍 Source : Priska Koes #Cookpadcommunity_Kalbar #Cookpadcommunity_Borneo #CooksnapKalbar

Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Bismillahirrahmanirrahim... Apa kabar mom?? Sehat-sehat selalu ya...🤗🤗 Hari ini pinginnya bikin camilan yang simple aja. Males banget bikin yang ribet-ribet. Scroll-scroll IG ketemu resep Bakwan Caisim Kobe. Pas banget nih bahannya ada semua. Jadi cus deh bikin. Bakwan Caisim ini gampang banget bikinnya. Karena menggunakan tepung bakwan kress ala @dapurkobe . Gak perlu tambah bumbu lagi. Karena tepung bakwan kress ala @dapurkobe sudah berbumbu. Rasanya mantap dan dijamin kress banget..🤤🤤 Oh ya...bakwan caisim ini sedikit saya modifikasi ya. Dengan saya tambahkan udang rebon ke dalam adonan. Karena anak saya suka banget sama udang rebon. Rasanya makin mantep dan kress banget. Cocok banget deh buat anak yang gak suka sayur. Source : @dapurkobe #tepungkobe #bakwancaisimkobe

Kue lumpur pisang coklat

Kue lumpur pisang coklat

Nah sebagai orang yang tidak terlalu gemar makan buah kayak aku gini selalu ada cara makan buah dengan cara yang enak. Pasti selalu aku olah jadi camilan atau minuman. Pisang coklat bukan hanya lumpia lho. Enak juga dibikin kue lumpur. Ini udah modifikasi dari resep aslinya ya, xixixi. Semoga berkenan ya uni tika dan sehat selalu 😘. Sumber : @Gliantika #GenkPejuangDapur #CookmemberGenkPeDa_GlianTika #ArisanCooksnap_GlianTika #GenkPeDa_GlianTika #GenkPeDa_Eksis #MasakItuSaya #BagikanInspirasimu #cookpadcommunity_jakarta #cookpadindonesia

37 buah
Bakwan jagung

Bakwan jagung

Karna masih ada separuh jagung dan sedikit daun bawang saya buat saja bakwan jagung... Saya tepungnya juga tidak pakai tepung bakwan.. Adanya tepung sajiku serba guna maka saya manfaatkan juga...ternyata enak 😄

2 orang
Tahu Aci Kukus

Tahu Aci Kukus

Masih pengen ikutan posbar masakan yg dikukus, saya bikin tahu isi Aci kaya yg dijual abang-abang. Kalau bikin sendiri tentunya lebih enak dan higienis ya moms.... Maaf ada sedikit tambahan di bahannya. Menyesuaikan selera keluarga. Source : @bundaollakitchen #PekanPosbar #AnekaMasakanDikukus

20 pcs
Donuts endul

Donuts endul

Berhubung anak ku suka banget donuts jd aku trus blajar dari google

3 orang
beberapa menit
Tumis Jamur Tiram & Otak Otak Cabe Gendot

Tumis Jamur Tiram & Otak Otak Cabe Gendot

Ada sisa otak-otak goreng kemarin malam, paksu minta diangetin untuk sarapan pagi, tapi kucoba dicampur bahan lain, biar bisa dimakan pake nasi hehehe Hasilnya paksu jadi nambah lagi nambah lagi, yuk dicoba moms

30 menit
Cilok

Cilok

Camilan yang mengenyakan bisa dijadikan pengganti makan berat 😀 Kebetulan di kulkas saya masih ada bumbu kacang, moms.. #cilok #berbagiresep #anekaresepmasakan #cookpadcommunity_jakarta #adjeng_mw

DONAT ENAK, MENUL2 DAN RINGAN

DONAT ENAK, MENUL2 DAN RINGAN

Udah beberapa kali coba resep donut, dan kayaknya ini yg paling pas. Hasil rotinya ringan, menul2, lembut, tidak perlu tambahan kentang.

30-32 pcs
1 jam 30 menit
Donat tepung ketan

Donat tepung ketan

Bismillahirrahmanirrahim... Masih ada beras ketan sisa bikin pengkang...kelamaan di simpan takut kutuan...jadi di buat tepung dulu di penggilingan...sudah jadi tepung tinggal di olah aja bikin camilan... Ya...ini...donat...baru pertama kali nyoba Alhamdulillah berhasil bulat sempurna🤭 Biasanya bikin donat dari tepung terigu... Naah...ini dari tepung ketan... Tekstur nya seperti onde" Langsung suka...buat nya mudah dan bahan nya mudah di dapat. #donattepungketan #olahantepungketan #dirumahaja #CookpadCommunity_KalBar #CookpadIndonesia #resepmakwin

30 pcs
45 menit
27. Salmon Pocket a.k.a. Martabak Salmon

27. Salmon Pocket a.k.a. Martabak Salmon

Ada yg masih ga bisa terima rasa salmon ga? Misal, krna amis, bau tanah, dll. Naaah, buat ngakalin bau2an yg ga enak, sblm masuk kulkas, balur pke perasan jeruk nipis & garam sampai rata, simpan di wadah kedap udara, masukkan ke freezer. Klo mau ga ada amis2nya sama sekali, kulitnya di-peel aja, biasanya dari situ rasa amisnya. Terus, biar ga bosen, mari berkreasi bikin martabak salmon, hahaha. Boleh tambah sayuran kaya wortel, brokoli dll ya. #cookpad #cookpad_id #cookpad_community #cookpadcommunity_depok #salmon #idemasaksalmon #salmonpocket

5 orang
30 menit
Martabak Telur Mini

Martabak Telur Mini

Buat inspirasi camilan oke, lauk juga oke💫

3 porsi
45 menit
Siomay Ikan Gurame Ekonomis (Sedikit Ikan)

Siomay Ikan Gurame Ekonomis (Sedikit Ikan)

Buat yang mau coba buat siomay tapi daging ikan yang ada cukup sedikit, bisa dicoba yaa resep ini 😄 Jujur sebenernya untuk hasil siomay nya sendiri ga begitu kerasa ikannya, mungkin krn ikannya yg sedikit dan juga dari ikan air tawar. Kalau misalnya ikannya diganti dengan ikan laut seperti tenggiri, atau ikan lain yg biasa diolah jadi siomay kemungkinan akan lebih enak dan lebih terasa ikannya.. Tapi untuk keseluruhan menurutku siomaynya tetep okee kok ehehehe Jadi kalau misalnya ikannya mau diganti jenis apapun selagi cocok gapapa boleh aja yaa. Happy cooking gaiss ✨

1 langsang
3 jam
Siomay Ayam

Siomay Ayam

Saya mau nyebut ini dimsum ayam yang banyak dijual tapi karakteristiknya Shumai banget🤣 Tadi bikin pas lagi hujan-hujan, enak banget dimakan hangat-hangat🤩 Oh iya untuk kulitnya sebaiknya pakai kulit dimsum aja, kalau saya pakai kulit pangsit karena sudah tersedia di tukang sayur langganan dan mager belii😂. Kalau ada yang tanya apakah pakai telur?saya bisa blg gausah ya, karena nanti rasa dan teksturnya malah seperti bakso

3 orang
1 jam
Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Pernah ga sih kepikiran wlu dianggap sederhana tp ink tips n trik tersendiri mengenai singkong😁😁😁😆😉? Klu beli kang gorengan pasti singkongnya mempur bagus.pdhal hasil membuktikan di lapangan kita sering kli dpti singkong krng bagus alias saat sdh di proses hasilnya ga mempur.sebetulnya dilihat mudahnya saat kita mndpti singkong kurang bgus berdampak emng ga mempur alias bisa bantet ibarat kata kerupuknya bgt ya. Saat kita kupas singkong.jika kulitnya mudah mengelupas biasanya ith tandanya singkong bgt dan mampur .sebaliknya jika kekep saat dikupasnya aga susahatau kulitnya nemepel bgt gt.biasanya hsilnya krng bagus Cusss tahap kepoin tahap selanjutnya agat singkong mempur dan bisa merekah yaakk🤗🤗🤗🤗😉😆 #MasakSetiapBagian

Bakwan Masak Kecap (bakwan gongso)

Bakwan Masak Kecap (bakwan gongso)

Merhaba Hujan hujan gini paling enak ngeteh sambil makan gorengan kan ya... Oh ya Kali ini aku mau kasih tips memanfaatkan gorengan yg sisa nih Biasanya aku suka mengolahnya kembali. Iya bener Aku mengolah bakwan menjadi makanan lagi. Biasanya bisa buat lauk atau bahkan di camilin. Jadi ga akan bosan. Aku pernah mencoba 2 jenis gorengan. Yg pertama mendoan. Tapi menurutku kurang masuk sih. Dan pas aku coba bakwan Eh enak juga di ginii. Coba yuk #GenkPejuangDapur #CookpadCommunity_Semarang