Cireng Nasi

Dipos pada May 6, 2022

Cireng Nasi

Anda sedang mencari inspirasi resep Cireng Nasi yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Cireng Nasi yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Cireng Nasi, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Cireng Nasi enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Cireng Nasi sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Cireng Nasi memakai 16 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Sumber: @dapuramai Bismillah.... Buat Cireng dengan memanfaatkan nasi sisa kemaren yg masih bagus. Biasanya nasi sisa kalau nggak digoreng ya lewat gitu aja. Padahal banyak sekali olahan berbahan nasi yang bikin wow......seperti pempek, cireng atau bahkan lumpur misalnya dan masih banyak lagi. Dan... ini adalah pertama kalinya saya bikin Cireng (ketinggalan banget sih hihihi...😁) Padahal bikinnya mudah, bahannya murah, gampang dan enak lagi.... Begitu mateng ee..langsung ludes πŸ€­πŸ˜‹πŸ˜‹ #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #CookpadCommunity_blitar

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Cireng Nasi:

  1. 250 gram nasi sisa
  2. 100 gram tepung tapioka
  3. 100 ml air
  4. 3 siung bawang putih dihaluskan
  5. 1/2 sdt totole
  6. 1 sdt garam
  7. 1/4 sdt merica bubuk
  8. Secukupnya tepung tapioka untuk baluran
  9. 2 helai daun bawang, iris
  10. Sambal Rujak:
  11. sesuai selera Cabai rawit
  12. 1 sdt Asam
  13. 1/4 sdt Garam
  14. 100 g Gula merah
  15. 1/2 sdt Terasi bakar
  16. air matang

Langkah-langkah untuk membuat Cireng Nasi

1
Haluskan nasi, air serta semua bumbu.
Cireng Nasi - Step 1
2
Masukkan tepung tapioka dan daun bawang. Aduk rata.
Cireng Nasi - Step 2
3
Siapkan wadah berisi tepung tapioka. Ambil sedikit adonan tekan tekan diatas tepung tapioka sambil dibentuk tidak perlu diulen cukup tekan tekan pakai tangan. Siapkan wajan lalu goreng hingga matang.
Cireng Nasi - Step 3
4
Sambal Rujak Haluskan semua bumbu sambel lalu cairkan dengan air matang.
Cireng Nasi - Step 4
Cireng Nasi - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Risol Mayo Kulit Homemade

Risol Mayo Kulit Homemade

Biasanya untuk isian aku tambahin butiran jagung manis, tapi karena gada jadi aku ga pakai. Menurutku lebih banyak bawang bombay rasanya lebih mantep karena perpaduan rasa yang crunch, lembut, pedes, gurih. Ini aku goreng sebagian dan sisanya aku taruh ke wadah kedap udara dan masukkan ke kulkas.

23 biji
Kue lapis/ kue pepe

Kue lapis/ kue pepe

Anak pengen kue pepe sedang mau keluar beli jajanan ema nya males akhirnya bikin sendiri aja.. sengaja bikin dikit buat bocil doang, yang penting ada cemilan buat bocil

Bakwan Bayam Krispi

Bakwan Bayam Krispi

Bawan yang disukai anak2 resep dari @dapurkobe yuk mari kita lihat cara membuatnya #dapurkobe #cookpadcommunity_bogor #bayamkrispy

3 porsi
20 menit
Siomay Ayam Udang

Siomay Ayam Udang

Kesukaan banget nih, saya bikin buat cemilan 🀭 pakai daging ayam giling dan juga udang di cincang tapi ga usah sampai halus banget,biar ada rasa garing-garingnya gtu 😊 #Siomayayamudang #ComboNgabibita_Seupan #PekanPosbar #CookpadCommunity_Bogor

3 orang
50 menit
Kue coklat kukus sederhana

Kue coklat kukus sederhana

berawal dari anak disapih dan suka banget ngemil.. nyoba yg simpel2

4 porsi
50 menit
Cilok Kuah

Cilok Kuah

Ini cilok kuah/bakso cilok yaa πŸ˜ƒ Enak banget rasanya bikinnya juga gampang #FoodplaceCookingLeague #MasakSetiapBagian

Bakwan Indomie

Bakwan Indomie

Rasanya enak + renyah, mari dicobaaa.. πŸ˜πŸ˜‹πŸ‘ pake saos sambal tambah mantul πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹ Note: bila suka bs tambah daun bawang ya 😊 #bakwanindomie #bakwanindomiegoreng

Cilok isi telor puyuh bumbu kacang

Cilok isi telor puyuh bumbu kacang

Ceritanya anak LG sakit g mau makan nasi alhasih ini deh Alhamdulillah 🀲 mau nyemil dia

3 orang
1 jam
Bakwan jagung

Bakwan jagung

Cooksnap yg terlambat. Setoran untuk pemenang arisan minggu lalu di Genk Peda, resep source dari diek @desi_k2 sebagai pemenang arisan. Resep awal jangung di biarkan pipilan. Anak2 gak seberapa suka.jd sy haluskan pakai chooper.buat bakwan jagung dari 3 jagung ludes sehariπŸ˜‚πŸ˜ #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_Desi #semanggisuroboyo #DiRumahAja #PejuangGoldenApron3 #cookpadcommunity_surabaya #cookpadcommunity_sidoarjo #cookpadcommunity_id #cookpadcommunity #cookpad_id #dewisaraswati

3 orang
20 menit
Jamur Bakwan lnstant

Jamur Bakwan lnstant

Masih ada persediaan jamur tiram di kulkas, ada tepung bakwan sasa juga. Eksekusi jadi cemilan sore aja deh πŸ˜‰

3 porsi
20 menit
Ragout (Isian risol,gabin,roti dll)

Ragout (Isian risol,gabin,roti dll)

Coba buat ragout untuk isian risol, terinspirasi dari resep nya mba @dina090515 #CookpadCommunity_Jakarta #TerimaKasih_TimJcco

Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll)

Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Source: Dapur Olive Akhirnya kesampean juga bikin sambel kacang sendiri. Pedesnya sedengan. Haluskan kacangnya pake chopper speed sedang ke tinggi selama 3 menit bertahap, dan dibagi 3x prosesnya. Aroma jeruknya ada dikit, gak terlalu kuat. Jadi disesuaikan dgn selera aja. Resep pecelnya terlampir. #AR_PecelPincuk #CookpadCommunity_Tangerang

200 gr
30 menit
Bakwan jagung

Bakwan jagung

Bakwan jagung gorengan kesukaan q,pa lg di makan panas" hemmmm,ga ckp satu makanya😊

Kue Sus Vla Buah

Kue Sus Vla Buah

Kue sus bentuk baruuuu 😁 Mau dibentuk Sus Bunga tp spluit yg kecil pake hilang segala. Ya dah yaa... daripada mogok, bentuklah seadanya tp hasilnya lucu juga sih mirip cupcake 🧁 jadilah diberi nama cupsus 🀭

20 cup
1 jam
Bakwan Tahu (Manatahan)

Bakwan Tahu (Manatahan)

Hujan² gini enak.nya makan yg anget² kayak gorengan. Lihat isi kulkas adanya tahu putih, yaudah buat aja bakwan tahu. Kalau di daerahku sih namanya Manatahan mungkin ada cabe.nya gitu bikin pedes nggak ketahan.☺️

10 buah
30 menit
Dimsum Siomay Ayam Merah Udang Whole Wheat

Dimsum Siomay Ayam Merah Udang Whole Wheat

Source : Chika Soepandi @chk_14081984 23/10/2021 (467).....dalam rangka meramaikan acara semarak dimsum dr Clover,kmrn sy bikin siomay csnap resep mba Riska @chk_14081984 yg tentunya resep dgn penyesuaian sesuai selera kelg sy. Sy pake putih telur sisa wkt bikin roti dan garlic butter sisa bikin garlic bread,jd memanfaatkan bahan-bahan yg msh ada di rmh biar gk mubazir. Krn sy memakai ayam merah/petelur dan kulitnya yg lumayan liat alias agak keras di banding kulit ayam lain jd sy blender/Chopper dulu ayam merahnya sblm di campur bahan2 yg lain #DimsuminAja #Semarak_DimsuminAja #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Bekasi #CookpadIndonesia

*Kue Ubi Panggang isi Keju Manis*

*Kue Ubi Panggang isi Keju Manis*

Jum'at 15-10-2021..... Meramaikan pekan posbar olahan palawija se Jabodetabek bikin kue ubi yang diisi keju manis... Memanfaatkan sisa keju manis dikulkas, yang bisa untuk isian roti dll, jadi bikin kue ubi ini, tapi resep aslinya diyutub diisi sama keju Kraft yg quick melt dipotong-dipotong, tapi karna gak punya jadi diisi sama yang ada aja, kebetulan dikulkas masih ada sisa keju manis gurih, jadi dibuat isiannya ini aja. Ini jadinya enak...legit dan manis Source : Suwandayari #PekanPosbar #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadComnunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

10 buah
Sosis corndog

Sosis corndog

Resep berdasarkan insting sndiri..

10 tusuk
1 jam 20 menit