*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih*

Dipos pada May 11, 2022

*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih*

Anda sedang mencari inspirasi resep *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih*, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* adalah 23 buah. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* memakai 26 jenis bahan dan 12 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kamis 16-09-2021..... Pas puasa pengen bikin kue unti buat bukanya, tapi dikulkas adanya ubi 3 warna yg tinggal sedikit-sedikit. Jadilah bikin kue untinya pake ubi deh, jadi warnanya asli dari warna ubi ungu, ubi oren, ubi putih dan jus pandan untuk warna ijonya. Resepnya terinspirasi dari resep bua loy dessert Thailand yang udah pernah ku bikin dari labu kuning, dan sekarang pake ubi dan dalemnya diisi unti kelapa. Seneng aja bikin yang dibentuk-bentuk gitu...seneng liat hasilnya kalo berhasil, tapi kalo gagal ya jadi penisirin pengen ngulang lagi sampe berhasil... Wkwkwkkkkkk ..... itupun kalo bahannya masih ada πŸ€­πŸ€— Makanan sehat itu gak sulit ko dan yang serba dikukus lebih praktis πŸ‘Œ #PekanPosbar #SerbaDikukus #MakananDikukus #CookpadCommunity_Depok #BelajarBarengCookpad #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih*:

  1. Bahan adonan Ungu :
  2. 100 gr ubi ungu, kukus
  3. 100 gr tpg ketan putih
  4. 2 sdm gula pasir (optional), sy,tidak pake, krn ubi sudah manis
  5. Sejumput garam
  6. 1 bgks vanili bubuk
  7. secukupnya Air hangat
  8. Bahan adonan oren :
  9. 100 gr ubi oren, kukus
  10. 100 gr tpg ketan putih
  11. 2 sdm gula pasir, sy skip
  12. Sejumput garam
  13. 1 bgks vanili bubuk
  14. Secukupnya air hangat
  15. Bahan adonan hijau pandan :
  16. 100 gr ubi putih, kukus
  17. 100 gr tpg ketan putih
  18. 2 sdm gula pasir, sy skip
  19. Sejumput garam
  20. 1 bgks vanili bubuk
  21. Secukupnya air hangat
  22. Secukupnya unti kelapa untuk isian
  23. Secukupnya jus pandan
  24. Secukupnya kismis, utk tangkai buah jeruk adonan warna oren
  25. Secukupnya minyak goreng untuk olesan
  26. Secukupnya daun pisang, untuk alas kukus

Langkah-langkah untuk membuat *Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih*

1
Kukus ubi ungu, ubi oren dan ubi putih, angkat lalu haluskan, campur semua bahan utk adonan ungu, beri air sedikit2, uleni hingga adonan bisa dibentuk
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 1
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 1
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 1
2
Begitu juga untuk adonan oren, campur semua bahan, beri air hangat sedikit2, uleni sampai adonan bisa dibentuk..dan untuk adonan putih untuk bentuk biji manggis campur tepung dan bahan lainnya (kecuali ubi), setelah adonan putih diuleni, ambil dulu secukupnya lalu bentuk bulat2 kecil sebanyak 5 bulatan dan satukan/tempelkan kelimanya jadi satu seperti digambar lalu campurkan sisa adonan putih dgn ubi putih yg sudah dihaluskan
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 2
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 2
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 2
3
Beri jus pandan secukupnya dan uleni hingga tercampur rata. Siapkan adonan hijau, ungu, oren dan isian unti kelapa yg sudah dibulat-bulatkan dan siap untuk dibentuk
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 3
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 3
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 3
4
Ambil adonan ungu secukupnya, beri isian unti kelapa, bulatkan lalu buat cekungan kemudian beri adonan putih diatasnya yg sudah dibentuk biji manggis tad
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 4
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 4
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 4
5
Ambil adonan hijau secukupnya, pipihkan, cetak dgn cetakan kue kering lalu ambil adonan ungu secukupnya, bentuk mangkuk, beri isian, bulatkan kembali, lalu ambil satu bagian adonan hijau yg sudah dicetak, tempelkan diatasnya lalu lubangi dengan tusuk gigi
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 5
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 5
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 5
6
Kemudian beri sedikit adonan hijau, gulung2 lalu tempelkan ditempat yg sudah dilubang tadi, buat beberapa buah sesuai selera. Selanjutnya ambil adonan oren secukupnya, pipihkan dan bentuk mangkuk, beri isian, bulatkan, beri sedikit adonan hijau dan bentuk daun sesuai selera, beri kismis ditengahnya.
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 6
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 6
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 6
7
Ambil lagi adonan hijau secukupnya (besar kecilnya sesuai selera) pipihkan, beri isian, bulatkan, bentuk guratan dengan tusuk gigi, beri daun adonan hijau, bentuk sesuai selera.
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 7
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 7
8
Ambil sisa adonan hijau, pipihkan seperti mangkuk, beri isian, bulatkan lalu bentuk seperti jambu atau bentuk sesuai selera, beri tangkai kismis
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 8
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 8
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 8
9
Bentuk yg sama hingga semua adonan habis. Ambil daun pisang yg sudah bersih dan layu, potong bentuk bulat
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 9
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 9
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 9
10
Oles tipis daunnya dengan minyak goreng lalu tata kue diatas daun dan kukus selama 10 menit dengan tutup kukusan dibungkus dgn serbet bersih daan setiap 2 menit buka tutup kukusan sebentar lalu tutup lagi (tutupnya jangan dirapatkan) tujuannya agar kue tidak mbleber/mengembang melebar.
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 10
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 10
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 10
11
Dan setelah Β± 10 menit angkat dan matikan kompor, biarkan hingga dingin lalu oles tipis kue unti dengan minyak goreng, agar tidak kering
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 11
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 11
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 11
12
Daan kue unti ubi siap disajikan dengan teh hangat disore hari.
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 12
*Kue Unti Ubi Ungu, Oren dan putih* - Step 12

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Mi Kremes (cemilan simple)

Mi Kremes (cemilan simple)

Kalo ga habis, bisa disimpan ditoples 😜

30 menit
Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Bismillah.. Selamat sore moms.. ujan ga..disini mulai mendung2 manjah.. Weekend+ mendung enaknya ngemil bareng keluarga ya moms.. Kebetulan anak2 minta bikin gorengan aja yang simple dan kesukaan.. tapi.. Pas uprek kulkas ternyata stok sayuran tinggal cesim doang, maklum baru besok jadwalnya belanja sayur mingguan.. Dipikir2 belom pernah nii coba bikin bakwan pake cesim, trs kenapa ga dicoba.. Eh ternyata dimakan anget2 enak loh, palagi cuma 2bahan aja ini, pake Tepung Bakwan Kress dari @DapurKobe yang bikin ga males kalo mau bikin gorengan sendiri.. Cocolin aja pake sambel kesukaan.. Ini moms resepnya.. #BakwanKobe #BakwanCaisimKobe

Kue Satru Ketan Simple

Kue Satru Ketan Simple

Assalamualaikum aku yorobun apa kabar? semoga baik-baik ya:b. Kali ini aku mau bagiin resep kue satru ketan yang simole yuk cek resepnya, jangan lupa like and recook ya

2 Toples
45 Menit
400. Kue lumpur surga pepaya

400. Kue lumpur surga pepaya

Penasaran banget dg kue lumpur satu ini,sesuai namanya,serasa lagi di surga,rasanya legit dan lembut Saya coba kombinasikan dg buah pepaya,ini sensasi lain cara menikmati buah pepaya,warna lumpurnya cantik tak perlu ditambah pasta Kue khas Banjarmasin Kalimantan selatan ini Lebih nikmat jika dinikmati saat dingin,yg suka dingin Resep asli menggunakan air pandan tp disini saya memcoba pakai pepaya,rasanya tetep nyuuss Source : @veykeu_pesta ra cookies #Timlo_Kukusan #GASiPepayaGandul #Semarak_GASipepayaGandul #TidakSekedarMemasak #CookingwithheartEatingWithlove #Wongsolomasak #CookpadCommunity_solo #pekanposbar

5cup uk 10Γ—5 po
90menit
Martabak Mini Moka

Martabak Mini Moka

Happy weekend! Anak-anak rikues bikin martabak, udah iyain aja eh tetiba cek tepungnya yang protein sedang tinggal dikit, tapi keinget pernah bikin juga martabak mini pakai protein tinggi, ya udah akhirnya dicampur aja tepungnya pakai yang protein tinggi πŸ˜„. Hasilnya, empuuuk, kenyal, berserat, dan aroma mokanya...wangi πŸ˜‹ Source: @mrs_ferdi #Martabak #KopijosArisan_Ega #KopiJos #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa

18 pcs
Kue Sagon

Kue Sagon

Dulu sering ngeliat ibu mertua bikin kue sagon kalau ada acara hajatan. Beliau dulu pakai cetakan yang buat kue pukis itu. Tapi karena punyaku udah lumayan lama nggak kepake agak males ngeluarin dan ngebersihinnya. Sedangkan cetakan martabak mini ini beberapa hari lalu dipakai jadi masih ready dan bersih. Kenapa dulu nggak tanya resepnya yaa, hehee.. Nah, ini dalam rangka menyelamatkan kelapa dan tepung ketan yang sudah agak lama terbuka, coba-coba aja resepnya. #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

7 bh
30 menit
186. Siomay Ayam Topping Nori

186. Siomay Ayam Topping Nori

Source: @dedifa_cooking Lagi kepengen makan siomay. Sebelumnya aku sudah pernah posting resep siomay ayam brokoli, kali ini buat siomay dengan topping nori, soalnya penghuni rumah terutama anak gadis doyan banget sama nori. Foto siomaynya sengaja dibentuk jadi angka satu, mumpung masih sempat meramaikan kegiatan PESAN COCOK (Pekan 1st Anniversaru Cookpad Community Kaltim), ups...ketauan dah klo aku ini sering masuk dalam tim mefet yang suka setor di akhir-akhir waktu gituu😁🀭 Yeyeyeay.... Happy 1stAnniversary buat Cookpad Community Kaltim, semoga jadi komunitas yang selalu memberi warna di cookpad, tambah banyak share resepnya, tambah keren-keren postingan resepnya, dan terpenting tambah menjadi inspirasi bagi para pejuang dapur di seluruh nusantara dan dunia...aamiin. 😘😘😘 #PesanCoCok #CoCoK_1stAnniversary #KulaEtamCoCoK #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Bontang

*Resep Gorengan Nasi*

*Resep Gorengan Nasi*

Sabtu 23-10-2021.... Memanfaat nasi sisa yang kalo dibuang sayang jadi dibikin gorengan nasi ala dapur kobe. Akhirnya terselamatkanlah nasi sisanya menjadi sesuatu olahan yang baru dan enak. Source : Dapur Kobe #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #DibuangSayang #CookpadComnunity_Depok #BagikanInspirasimu #MasakItuSaya

Bakwan mie

Bakwan mie

Akhir2 ini sering bgt hujan di sore hari. Biasanya kalo hujan2 gini pak su pasti request pingin minuman hangat serta gorengan. Gorengan apa aja asal tidak manis. Bikin bakwan aja,sayang sayuranya dah pada habis, efek mamang sayur yg gak jualan, dah 3 hari,didapur ada mie sm daun bawang ya udah bikin bakwan mie aja. Mari kita memasaknya....

Bola Bola Bakwan Sayur

Bola Bola Bakwan Sayur

Bebikin gorengan bola bakwan selain buat camilan sengaja bakwannya untuk lauk pendamping makan nasi Ada banyak versi gorengan dan ini adalah resep ala mbak @DianaN_17 dengan modifikasi bahan #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_Eksis #CookmemberGenkPeDa_DianaNurjanah #Cookpadcommunity_bali

Kue cubit

Kue cubit

15menit
Resep ini pemenang favourite santan kara-Kue Pelita Daun Pandan

Resep ini pemenang favourite santan kara-Kue Pelita Daun Pandan

Salah satu kota yang terkenal dengan sebutan kota seribu kue di Bangka Belitung adalah kota Muntok. Kota Muntok menjadi saksi tempat pengasingan Soekarno dan Hatta pada Febuari sampai Juli 1949. Saat diasingkan di Kota Muntok, Bung Karno sangat menyukai kue penganan pelite atau kue pelita. Sebenarnya kue ini memiliki banyak nama, ada yang menyebutkan kue perahu, kue lampu, kue tetu dan jojorong. Namun nama kue pelita lebih banyak digunakan Pekan Pizza (Posting ini Zama-Zama) kali ini saya mencoba membuat kue pelita. BahanΒ² dan cara membuatnya cukup simple. Yang agak rumit mungkin membuat wadah dari daun pandannya. Tapi kalau sudah bisa, sebenarnya tidak rumit kok. Rasa Kue Pelita manis dan gurih, teksturnya lembut #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang #PekanPosbar #SerbaDikukus #KuePelita #Pandan

Cireng Isi Mie

Cireng Isi Mie

by Utari Agustini

Pastel Mini Renyah Isi Abon (ide bakulan snack kering)

Pastel Mini Renyah Isi Abon (ide bakulan snack kering)

Sabtu, 16 Oktober 2021/#529 Source recipe : @Pawon_WinnaCoboy Bakpia clover bulan ini menghadirkan narsum praktisi bakulan snack yg sdh berpengalaman mbak Uma @khumairahs_kitchen . Banyak banget ilmu yg didpt, antara lain bgmn agar punya semangat utk bakulan snack itu bisa dimulai dg sesuatu yg disukai, bgm mengurus perizinan dan sertif halal, bgm bisa bergabung sbg UMKM yg dibimbing oleh dinas pemerintah... Intinya perlu NIB nomor Induk Berusaha sbg cardnya pengusaha.. Terimakasih banyak ya mbak Uma sdh mau berbagi pengalaman, smoga pahala dan sukses menyertai beliau. Aamiin Ya Robbal 'Alamiin Sesuai dg tema dari narsum, tugas bakpia membuat ide bakulan snack kering.. Sy coba bikin snack kering berupa pastel mini renyah isi abon, bisa awet 2 bulanan.. Bisa jd ide bakulan snack bergizi utk anak kost, anak pondok/asrama, atau utk isi toples hari raya. Bikin pastel mini renyah ini perlu ketelatenan dlm melipatnya.. Mempersiapkannya itu yg lama.. Klo harga, sy hitung2 modalnya kurang dari 25.000 utk 1 resep. Satu resep ini menghasilkan sekitar 500 g pastel abon mini. #BakpiaClover #BakpiaClassCookies #BelajarBakingwithCT_Khumairah #CookpadCommunity_Pekanbaru #Clover_mj2

530 g
40 menit
Donut Ekonomis tanpa telur

Donut Ekonomis tanpa telur

Resep ini adalah resep ku sendiri. Hasil dari coba-coba. Karena kepengen bisa bikin donut yg empuk tapi g perlu pake telur dan kentang. Dengan maksud bisa jadi bakulan dan modal g terlalu banyal😁. Resep ini pertama kali nongol in my mindπŸ˜† tahun 2012 saat anak k2 ku lahir.

16 donut
1 jam 30menit
Kue Pepe/Kue Lapis (tepung beras)

Kue Pepe/Kue Lapis (tepung beras)

Udah lamaaaaaa banget pengen bikin ini, itu tepung beras nongkrong aja di lemari, sampe lupa beli udah lama, bikin ah yuk.. Ternyata pas bikinnya perlu ekstra sabar yah, banget banget.. Hasilnya Alhamdulillah.. Enyak . . . #SetorResep #DiRumahAja #MasakOnline #MasakItuMudah #BoluPisang

Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Selamat siang @dapurkobe , izinkan saya Recook Challenge "Bakwan Caisim ". Awalnya sempet bingung ko caisim bisa di bikin bakwan apa rasanya gak pahit?. Eh ternyata pas esekusi beuh serius ini enak banget wajib coba. Cocok buat anak-anak yang kurang suka sayuran. Anakku sampe nambah katanya enak mah. Nah apalagi di campur dengan tepung Bakwan Kress dijamin bikin bakwan jadi lebih kriuk, renyah dan gurih. Hehe mksh @dapurkobe sudah menginpirasi masak hari ini. Sukses dan berkah terus. Source @dapurkobe

Martabak minimalis

Martabak minimalis

Mager u cari cemilan keluar, sisa bahan terigu dan telor ,ya udah eksekusi aja jadi martabak,hehehehe

6 potong
15 menit