Kue Muso

Dipos pada May 6, 2022

Kue Muso

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Muso yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Muso yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Muso, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Muso enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Muso sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Muso memakai 15 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : Yoshi Nur Imama

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Muso:

  1. 125 gr tepung ketan
  2. 25 gr terigu
  3. 1 sdm coklat bubuk
  4. 1/4 sdt garam
  5. 1/2-1 sdm gula (aslinya ga pake)
  6. 25 ml minyak sayur
  7. Secukupnya air hangat (sy 140 ml)
  8. Bahan Isi
  9. 50 gr terigu, ayak
  10. 1 butir telur
  11. 1 sachet (65 ml) santan instan
  12. 1 sdm kental manis
  13. 65 gr gula (aslinya 75 gr)
  14. 180 ml air
  15. 1/2-1 sdt pasta pandan

Langkah-langkah untuk membuat Kue Muso

1
Campur bahan kulit. Aduk rata. Lalu uleni dgn tangan hingga adonan dapat dibentuk.
Kue Muso - Step 1
Kue Muso - Step 1
2
Olesi loyang dgn sedikit minyak (umumnya pake cetakan talam). Cetak kulit mengikuti bentuk loyang, jgn terlalu tebal.
Kue Muso - Step 2
3
Kukus sebentar, sekitar 5 menit. Kukusan sdh dipanaskan sebelumnya dan tutup panci dialasi dgn kain supaya uap airnya tdk menetesi kue.
Kue Muso - Step 3
4
Campur bahan isi. Aduk rata dgn whisk hingga gulanya larut. Saring bila perlu.
Kue Muso - Step 4
Kue Muso - Step 4
5
Tuang adonan isi ke mangkuk kulit sampe penuh. Masak hingga matang sekitar 30 menit.
Kue Muso - Step 5
Kue Muso - Step 5
6
Tunggu agak dingin baru keluarkan dari cetakan.
Kue Muso - Step 6
Kue Muso - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Kue Sagon

Kue Sagon

Dulu sering ngeliat ibu mertua bikin kue sagon kalau ada acara hajatan. Beliau dulu pakai cetakan yang buat kue pukis itu. Tapi karena punyaku udah lumayan lama nggak kepake agak males ngeluarin dan ngebersihinnya. Sedangkan cetakan martabak mini ini beberapa hari lalu dipakai jadi masih ready dan bersih. Kenapa dulu nggak tanya resepnya yaa, hehee.. Nah, ini dalam rangka menyelamatkan kelapa dan tepung ketan yang sudah agak lama terbuka, coba-coba aja resepnya. #PekanPosbar #MasakSetiapBagian #Semangcookhokya #CookpadCommunity_Semarang

7 bh
30 menit
Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Masih edisi masak ngga pakai ribet dengan tepung kobe @dapurkobe Hari ini nyobain tepung bakwannya hasilnya beneran kress...

Donat SKM

Donat SKM

Requestnya anak anak ngga jauh dr donat,, pas bgt anak anak minta donat, kebetulan juga. Nyoba bikin donatnya moucap yg pake skm.. Ternyata enakk dan lembut.. Recipe : moucap #cookpadcommunity_Tangerang

Kue Soes

Kue Soes

Nyobain resep dr FB ..karena kue sus kesukaan suami..lumayan la walau kurang cantik bentuknya๐Ÿ˜‚..suami bilang enak..perdana buat๐Ÿ‘Me buat setengah dari resep asli ny jd ny 14pcs aslinya 29pcs..dibwh ini resep full nya

29 pcs
Bakwan Batang Bayam

Bakwan Batang Bayam

Saya belajar banyak tentang #masaksetiapbagian Dan kali ini saya mau share mengolah batang bayam yang sering dibuang Batang nya panjang, dan saya olah jadi bakwan. Saya pakai bumbu instan, jadi lebih praktis ๐Ÿคฉ Rasanya enak, ga kerasa kalo ini batang bayam. Tapi diolah dulu ya sahabat, kulit luarnya dibuang di bagian bawah batang bayam. Cuuss bareng saya Peri Dapur kita olah bahan yang selama ini dibuang, kita #masaksetiapbagian dari bayam, seperti batang bayam ini, kalo #dibuangsayang donk. Bisa jadi bakwan enak kayak ini. Selamat mencoba ya๐Ÿค— #masaksetiapbagian #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

Donat Pepaya

Donat Pepaya

Semarak Clover minggu ini dengan olahan pepaya oleh mba Indah @indah_kurniasari semoga berkenan ya mba ๐Ÿ™ Donat jadi salah satu olahan yang bisa dibuat dengan tambahan pepaya. Pepaya yang digunakan juga pepaya matang ya. Donatnya nggak kalah enak dari donat biasa. Source : Ceu Rini @Rindu_Dapur #GASiPepayaGandul #Semarak_GASiPepayaGandul #CloverCookingLovers #TidakSekedarMemasak #CookingWithHeartEatingWithLove #CookpadCommunity_Sumbar

1 jam 20 menit
Bolu coklat untuk kue ulang tahun

Bolu coklat untuk kue ulang tahun

Cerita di balik bikin bolu ini karena anak laki laki saya ulang tahun karna sering melihat temannya merayakan ulang tahun dan di beri kue kemudian anak saya meminta di buatkan kue .. akhirnya saya buatkan karena tidak harus merayakan ulang tahun untuk menikmati kue ulang tahun kapan pun dia mau jika sempat pasti saya buatkan

30 menit
309. Bakwan Caisim Kobe

309. Bakwan Caisim Kobe

Sabtu, 23 Oktober 2021 Nah, berhubung anak-anak dirumah agak susah disuruh makan sayur, kali ini saya mau buat bakwan dari sayur Caisim atau sawi hijau. Resepnya dari @dapurkobe ๐Ÿค— Tepung yang saya gunakan adalah Tepung Bakwan Kress dari @dapurkobe Hasil bakwannya tuh renyah diluar lembut didalam. Dan sudah tentu sangat praktis dan mudah membuatnya. Oh iya. Ternyata orang rumah suka loh bakwan caisim Kobe... Enak kata mereka. Alhamdulillah gorengannya laris manis. ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ๐Ÿ’ƒ Oia. Saya disini buat 3 resep sekaligus ya... Namun saya tetap mencatatnya satu resep saja. Agar lebih mudah. ๐Ÿ˜Š #tepungkobe #bakwancaisimkobe #KulaEtamCoCoK #cookpadIndonesia #cookpadcommunity #CookpadCommunity_Id #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_Paser #CookpadCommunity_Longikis #Cookpad #DapurMarinBorneo #resepmarin309 #marinbakwan #homemadeisbetter #MasakItuSaya #MasakanRumahan #MasakanSederhana #MasakApaHariIni #IdeMasak #ResepMasakan #ResepRumahan #BelajarMasak #CookingWithHeartEatingWithLove

Snack: Roti Goreng Gluten Free (21 month+)

Snack: Roti Goreng Gluten Free (21 month+)

Tekturnya renyah di luar dan empuk di dalam. Gunakan sendok sayur saat menuang adonan agar hasil jadinya tidak keras dan kering. Menggorengnya hingga berwarna kekuningan aja ya. Biar ga menyerap minyak dan tetap empuk dalamnya. Untuk yang suka manis, bisa ditambah lagi jumlah gulanya. Untuk rasanya, mirip roti goreng kaki lima di daerahku. Cuma ga pake wijen dan tidak terlalu mania rasanya. Alhamdulillah nak bayi doyan banget. Source: Nano ~ Nanoo.

Martabak Manis Mini

Martabak Manis Mini

Bismillahirrahmanirrahim.. Alhamdulillah.. sudah hampir sebulan off tulis resep, baru sempat lagi yaa.. Kali ini bikin martabak manis mini buat cemilan bocah yang baru pada recovery habis demam, nemu resep yang cocok untuk di trial di dapur.. Terima kasih @ucieeka untuk inspirasi resepnya.. Yuuk Cobain..

14 pcs
1 jam 30 menit
Misro

Misro

"Phaladwija" berasal dari bahasa sansekerta yang secara harfiah bermakna "tanaman kedua". Dibanding padi yang menjadi primadona bahan pangan Nusantara, palawija menjadi tanaman hasil panen kedua di lahan padi, melalui sistem rotasi tanaman. Bukan hanya sekedar sebagai pengisi kekosongan lahan, tapi palawija juga mampu memutus siklus hama tikus di lahan pertanian dan menghemat air dimusim kering (mamah cookpad). Beberapa jenis palawija a.l jagung, sukun, ubi, kentang, singkong & talas bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan yang menggugah selera. Di Hari Pangan Sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober ini, mamah CP mengajak anakยฒnya membuat olahan palawija. Saya buat misro, camilan olahan singkong parut yang diberi isian gula merah lalu digoreng. Misro kependekan dari 'amis dijero' (manis didalam), merupakan makanan khas Jawa Barat yang memiliki rasa manis gurih dengan bentuk bulat pipih. Yuk dicoba resepnya, moms . #Jabodetabek_OlahanPalawija #CookpadCommunity_Bekasi

Kue bika mini

Kue bika mini

Instruktur di pelatihan memasak

Donat Pandan (Tanpa Telur)

Donat Pandan (Tanpa Telur)

Lagi hujan pengen bikin cemilan, nguprek dapur ada tepung dan bahan lainnya cuma ga ada telur. Oke meskipun telur ga ada saya tetap bikin donat kesukaan, meskipun tanpa telur donat nya empuk dan enak dengan aroma pandan yang menggoda ๐Ÿ˜‹ #CookpadCommunitySampit #CoopadCommunity_Kalteng

KUE LUMPANG/KUE IJO

KUE LUMPANG/KUE IJO

Mumpung punya stok daun pandan banyak ๐Ÿ˜†๐Ÿ˜†

Kue Sus Vla Harum tanpa Rum

Kue Sus Vla Harum tanpa Rum

Waktu kecil saya suka sekali dengan kulit sus. Dan sekarang anak2 juga suka kue sus. Daripada jajan, bikin sendiri dong....nah ini satu resep bisa jadi 32 buah ukuran kecil-sedang, dan...ludes dalam hitungan jam oleh anak-anak. Senang banget meski masak berkeringat tapi makanan ludes...simak video proses pembuatannya di Youtube Razita Corner ya... #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingLeague

32 buah kecil
2 jam
Donat kentang HALLOWEEN

Donat kentang HALLOWEEN

Kesukaan anak adalah donat dan sekarang pas banget bulan oktober yakni bulan halloween langsung cus buat donat tema halloween! Yok moms coba di buat!

16pcs donat
1 jam
Tahu Berontak (Tahu Isi)

Tahu Berontak (Tahu Isi)

Ceritanya lagi pengen makan gorengan pagi-pagi, pas juga ada bahannya, jadinya langsung ajalah dieksekusi, pas sudah jadi baru kepikiran buat diupload di Cookpad, jadi foto step by stepnya ga lengkap. Alhamdulillah, jadinya jumbo-jumbo tahunya, jadi puas makan buat sekeluarga, sekalian buat dibagi-bagiin juga tadi.

20 porsi
1 jam
Pastel (kulit no telur)

Pastel (kulit no telur)

Dulu dibela2in beli cetakan pastel gegara ga bisa ngepang kulit pinggirnya eh taunya jarang banget bikinnya wkwkw. Jadi skrg diniatin bikin lagi gegara ada lebih buncis wortel tapi ga terlalu banyak dan dirasa kurang kalau dijadikan 1 resep sayur ๐Ÿ˜ฌ. Berhubung di dalamnya sudah diisi telur jadi spt biasa kulitnya dibuat tanpa telur. Recooked dr youtubenya CR Cook dan berhub uda punya timbangan jadi lebih PD buatnya wkwkw. Hasilnya lumayanlah.. tapi sbnrnya bkn pastel yang spt ini yang saya cari dan biasanya saya beli. Pingin buat spt yang dibeli tapi blm nemu huhu.

Keluarga