Wajik Ketan Gula Merah

Dipos pada February 8, 2022

Wajik Ketan Gula Merah

Anda sedang mencari inspirasi resep Wajik Ketan Gula Merah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Wajik Ketan Gula Merah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Wajik Ketan Gula Merah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Wajik Ketan Gula Merah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Wajik Ketan Gula Merah adalah 18 potong. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Wajik Ketan Gula Merah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Wajik Ketan Gula Merah memakai 6 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Source : channel YT Hobi Masak Waaah setor resep waktunya mepet mepet gini ya sudah la ga sempet masak lain keluarin tabungan resep aja 😁 #PejuangGoldenBatikApron #week9 #Cookpadcommunity_Sumut

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Wajik Ketan Gula Merah:

  1. 500 gr Beras ketan putin
  2. 200 ml air panas
  3. 250 gr gula merah
  4. 300 ml santan (kekentalan sedang)
  5. 1 sdt garam
  6. 2 lbr daun pandan (opsional)

Langkah-langkah untuk membuat Wajik Ketan Gula Merah

1
Rendam ketan semalaman atau minimal 3 jam, tiriskan.
Wajik Ketan Gula Merah - Step 1
Wajik Ketan Gula Merah - Step 1
Wajik Ketan Gula Merah - Step 1
2
Panasakan kukusan lalu kukus ketan yang sudah direndam tadi, masak selama 15 menit.
Wajik Ketan Gula Merah - Step 2
3
Setelah 15 menit angkat ketan, lalu tuang air panas aduk aduk hingga air terserap ke ketan. Kemudia masak lagi hingga matang kurang lebih 25 menit.
Wajik Ketan Gula Merah - Step 3
Wajik Ketan Gula Merah - Step 3
Wajik Ketan Gula Merah - Step 3
4
Selagi ketan dimasak, kita buat untuk larutan gula merah dan santannya. Dalam wajan atau panci masukkan santan, gula merah, gula pasir, garam dan daun pandan, masak hingga gula larut sambil sesekali diaduk aduk masak sampai santan agak mengental, kecilkan api.
Wajik Ketan Gula Merah - Step 4
5
Setelah 25 menit atau ketan matang, angkat ketan lalu langsung masukkan ke larutan gula merah tadi aduk aduk hingga ketan tercampur rata dengan larutan gula dan santan. Aduk terus sampai larutan habis terserap ke ketan (pakai api sedang terus agar tidak gosong).
Wajik Ketan Gula Merah - Step 5
Wajik Ketan Gula Merah - Step 5
Wajik Ketan Gula Merah - Step 5
6
Siapkan loyang ukuran 20Γ—20 olesi sedikit minyak lalu selagi panas tuang ketan ke loyang, ratakan sambil agak ditekan supaya padat, diamkan hingga dingin.
Wajik Ketan Gula Merah - Step 6
Wajik Ketan Gula Merah - Step 6
Wajik Ketan Gula Merah - Step 6
7
Setelah dingin wajik ketan pun siap dipotong potong sesuai selera, saya dapat 18 potong ukuran seperti di foto.
Wajik Ketan Gula Merah - Step 7
Wajik Ketan Gula Merah - Step 7
Wajik Ketan Gula Merah - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll)

Bumbu / Sambal Kacang untuk aneka makanan (Siomay, Batagor, dll)

Terniat bikin ini sih sudah lamaaa. Dan baru minggu kemarin sempat bikin. Saya bikin dan tulis ulang 2x resep aslinya yaa. Sengaja saya bikin tidak terlalu kental. Kalau mau lebih kental boleh kurangi takaran airnya atau masak lebih lama sampai kuah lebih mengental. Source : @Inapermana29 ....Hatur Nuhun Resepnya Teh πŸ™ Berikut Link resep aslinya : https://cookpad.com/id/r/15991449 #PejuangGoldenBatikApron #Minggu10 #CookpadCommunityBandung

Siomay Ayam ala Cecil

Siomay Ayam ala Cecil

Sekarang resep Siomay nya yaa... Hihihi 😁 Yuk diintip resepnya. Terimakasih. #pejuanggoldenbatikapron2022 #cookpad #cookpadindonesia #cookpadcommunity_Semarang #resepcecil127 #PejuangGoldenBatikApron PGBA10

Siomay Dimsum Ayam Udang

Siomay Dimsum Ayam Udang

Siomay kesukaan seluruh penghuni rumah πŸ˜„

-/+ 20 biji
1 jam 30 menit
Pastel kampung

Pastel kampung

Waktu saya kecil, Mama saya selalu beli pastel ini diwarung tetangga setiap sore saat Ramadhan, rasanya khas dengan isi bihun. Sederhana tapi sangat membekas dalam ingatan.

Pastel Isi Abon

Pastel Isi Abon

Bismillahirrahmanirrahim..... 10 Ramadhan 1443 H Cemilan murah meriah tapi rasanya enak banget, cemilan favorite hubby, kalau sudah bikin ini...bakalan ndak berhenti ngunyah, tapi juga paling rajin dan paling rapi kalau bantu bikinnya 😁 makanya kalau mau bikin, saya selalu tanya hubby dulu, kalau pas beliau tidak sibuk baru bikin 😍 Kali ini resepnya saya tambahin tapioka, jadinya super renyah, ndak nyesel deh dengan rasa dan teksturnya....ini beneran loh, dengan penambahan tapioka rasanya lebih renyah di banding kalau full terigu aja..... Yuuuk di coba πŸ’• . . . . #MasakanBundaPashalenko #KueKering #PastelIsiAbon #PastelMini #PastelKering #CeritaDapurHariIni #IdeMasak #DiRumahAja #Cookpadcommunity_Kalbar #cookpadcommunity_Borneo #cookpadIndonesia

Kulit risol anti gagal

Kulit risol anti gagal

Untuk suami dan anak-anak tercinta

20 lembar
30 menit
Tahu isi crispy

Tahu isi crispy

Minggu ke-11 Pengen tahu isi crispy ini soalnya uda lama gak beli. Mungkin uda gak jualan gorengan kali ya soalnya minyak goreng mahal. Alhasil bikin sendiri. Habis goreng masih anget langsung comot ma cabeπŸ˜… #PejuangGoldenBatikApron #Cookpadcommunity_lamongan

10 buah
30 menit
Siomay Bandung Tanpa Ikan ala Abang Abang

Siomay Bandung Tanpa Ikan ala Abang Abang

Bismillah.. Dikasih bumbu kacang sisa sate banyak bgt.semangkok penuh.. soalnya pak lek ku kerja di katering. aq bingung kan kalo cuma rebus2 sayuran..nanti aq doang yg makan..jd aq dadakan bikin siomay ala abang3 ini. Alhamdulillah.. enakk kenyal empuk..wlwpun sudah dingin. Yuk kepo2 bund.. Oh ya..ini aq tulis resep sesuai si empunya.. tp aq bikin setengah resep.😁😊 Sumber Dapur mama Rizki YouTube #pejuanggoldenbatikapron #selaluistimewa #kopijosramadan #ceritadapurhariini #cookpadcommunity_yogyakarta

10 porsi
30 menit
Bala Bala Dadakan

Bala Bala Dadakan

Rekuk yang tertunda, alhamdulilah bisa posting juga. Maafkan mbak @mamailly . #cookmembergenkpeda2_Brilly #GenkPejuangDapur #GenkPeDa_eksis #PejuangGoldenBatikApron #Idemasakku #Cookpad_id Source : @mamailly

#86 Tahu Walik Aci

#86 Tahu Walik Aci

Huuu...Tahuuu.... Olahan tahu lagi ini, Moms... Keinget tahu aci khas Tegal tp pengen bikin yg luarnya kriuk-kriuk... Bikin TAHU WALIK ACI aja πŸ˜‰ #PejuangGoldenBatikApron #tahuaci #tahuwalik #olahantahu #gorengan

5 orang
30 menit
Martabak kulit pangsit isi mie & sosis

Martabak kulit pangsit isi mie & sosis

Asal resep buatan sendiri,dan cemilan ini berasal dari negara india,yaitu salah satu jajanan tradisional India,dan yg paling enk nya dari martabak pangsit ini selain jadi cemilan juga bisa buat lauk lho...malah tambah endul/enk lho..mom's, kuy selamat mencobaπŸ˜‡

5 orang
25 menit
Cireng Popcorn

Cireng Popcorn

Bismillahirrahmanirrahim... Kalau ini giliran takjil yang gurih. Ini recommended banget. Resep nya dari YouTube wais alqorni #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #anies_kitchen

Bakwan Sayur

Bakwan Sayur

Ngomong2 soal yang bikin lapar mata, sebelum bedug jangan kabita!! Kalau saya tim asin. Buka puasa tanpa gorengan bagaikan sayur tanpa garam 🀭🀭🀭 Hari ini sengaja bikin bakwan sahur requesan pak suami jg, krn kami sma2 tim asin. Happy cooking πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘©β€πŸ³πŸ‘©β€πŸ³ #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #CookpadCommunity_Malang

Bakso Tahu Khas Tegal | Bakso Aci Tahu

Bakso Tahu Khas Tegal | Bakso Aci Tahu

Bakso tahu untuk persediaan takjil, bisa di freeze. Hasilnya jumbo dan isiannya banyak, padet, sesuai deh sama selera keluarga di rumah. Sudah berkali-kali dibuat. Kalau kegedean tinggal potong jadi segitiga. Sebenarnya ini bakso aci, tapi saran teman yang asli dari Tegal isian acinya diisi tahu juga supaya ada tesksturnya. Jadilah bakso tahu Tegal aci ala-ala saya πŸ˜‹πŸ€­ tentu saja tetap endeus mantul 🀀 sekarang sih sudah ludes. Yuk mari dipraktekin. #PejuangGoldenBatikApron

20 buah
1 jam 20 menit
Kue Moho

Kue Moho

Misi Ramadan Camp ke 5 cluenya adalah 'Yang Bikin lapar mata, sebelum bedug jangan kabita! Apa itu?', Jawabannya adalah menu takjil. Takjil ini bisa kudapan manis / asin. Kali ini saya bikin yang versi manis dan merupakan jajanan jadul favorit saya yaitu kue moho, tapi uda sulit untuk menemukan penjualnya di Surabaya akhirnya saya bikin sendiri saja berbekal searching di cookpad, saya menemukan resep kue moho yang saya maksudkan ( yang teksturnya padat mirip bapao ), karena rerata yang beredar kebanyakan resep kue bolu mekar yang disebut ' kue moho' juga... Sekaligus untuk setoran semarak Clover yang dimenangkan oleh mbak Triana @GriyaSyariKitchen yg mengajak kita untuk berkreasi dengan aneka takjil Cooksnap Dari : @Erniyus Link Resep : https://cookpad.com/id/r/14271367 #RamadanCamp_Misi5 #CeritaDapurHariIni #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Surabaya #GA_TakjilRamadan #Semarak_GATakjilRamadan #TidakSekedarMemasak #CloverCookingLovers #CookingWithHeartEatingWithLove

Tahu Isi ala DCost

Tahu Isi ala DCost

Sudah lama banget gak makan di DCost, kangen tahu isinya. Entah masih ada atau gak menu tahu isi ini. Tapi setiap bikin tahu isi dengan isian udang dan jamur kuping seperti ini, aku menamakannya tahu isi DCost. Tahu Isi ini isinya terinspirasi dari tahu isinya D'Cost. Wortel, jamur kuping, daun bawang, baso, dan udang (di D'Cost isinya cumi). Enaak.. Tahunya bisa pakai tahu pong, atau tahu bandung yang digoreng dulu sampai berkulit. Yuuk cobain.... #mbantuk_lauksayur #idemasak #CookpadCommunity_Bandung

Kue Semprong Wijen

Kue Semprong Wijen

Kue favorit dikala lebaran. Dulu sering bantuin ibu bikin ini setiap mau lebaran. Sekarang udah bisa bikin sendiri. #PejuangGoldenBatikApron #RamadhanChamp_Misi7

Risol mayonise

Risol mayonise

penggemar risol acungkan jempolnya..πŸ‘πŸ‘πŸ‘

20 biji