Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak

Dipos pada May 4, 2022

Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak

Anda sedang mencari inspirasi resep Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak memakai 14 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bismillahirrahmanirrahim, ini kue jadul kesukaan. Rasanya kenyal dan legit. Namanya bermacam-macam Kue Ku atau kue Angku atau kue Tok kalau di Cirebon namanya kue Cikak. Ini cooksnap dari mbak @frida_frida & kak @Belvakitchen7, makasih saudara2ku untuk resep mantulnya. Tapi karena resepnya berbeda jadinya saya modifikasi sedikit sesuai selera keluarga. Aku tidak pakai daun pandan karena tidak ada dan untuk kacang hijau kupasnya aku ganti dengan Lentil karena disini tidak ada kacang hijau. Tapi untuk rasa keduanya bisa saling menggantikan, tidak jauh berbeda.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak:

  1. Bahan isi :
  2. 150 gr kacang hijau kupas (aku pakai Lentil)
  3. 75 gr gula pasir
  4. 1 sdt garam
  5. 165 ml santan/air (1 bungkus santan segitiga 65ml+air)
  6. Bahan kulit :
  7. 250 gr tepung ketan
  8. 125 gr kentang, kukus/rebus
  9. 1/2 sdt garam
  10. 25 gr gula pasir/gula halus juga boleh
  11. 200 ml santan/air (1 bungkus santan segitiga 65ml+air)
  12. 1/2 sdt pewarna merah tua
  13. Lain-lain :
  14. 100 minyak sayur untuk mengoles adonan

Langkah-langkah untuk membuat Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak

1
Bikin isian. Rendam kacang hijau kupas/Lentil selama 2 jam. Kukus/rebus selama 30 menit atau sampai empuk. Blender kacang hijau/Lentil dan santan. (Aku pakai blender tangan)
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 1
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 1
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 1
2
Masukkan ke panci/wajan lalu masak kacang hijau/Lentil dengan api sedang sambil di aduk-aduk agar tidak gosong. Masukkan gula pasir dan garam. Aduk terus sampai gula larut. Angkat. Dinginkan.
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 2
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 2
3
Ambil 1 sdm lalu bentuk bulatan-bulatan. Sisihkan.
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 3
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 3
4
Bikin kulit. panaskan santan, garam dan gula pasir, tambahkan pewarna merah, aduk sampai gula larut. Angkat. Haluskan kentang lalu masukkan tepung ketan aduk rata dan uleni dengan tangan sambil masukkan santan sedikit demi sedikit sampai adonan dapat dipulung.
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 4
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 4
Kue Ku/Angku/Kue Tok/kue Cikak - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Vietnamese Spring Roll

Vietnamese Spring Roll

Menu makanan sehat dari sayuran yang masih tetap enak!! Rasanya fresh dan gurih, selamat mencoba <3

1-2 orang
20 menit
Risoles Ragout

Risoles Ragout

Di kulkas ada sayur yg belum sempat dimasak, masih bagus-bagus. Ada brokoli, seledri, tadinya mau dibuat sop. Tapi akhirnya dibikin risoles. Coba pake metoda dadar kulitnya. Lembut banget. Tapi isianya ini bukan ragout asli yg pake terigu, ini aku cukup tambahkan kentang jd dapet kekentalannya dari kentang yg direbus terlebih dahulu. Trs dikasih susu cair dan keju dan potongan bakso untuk protein hewaninya. Dimasak sampai kental. Jadi isiannya ini tidak murni cair ya, karena takut bocor. Ini ragoutnya wangi sekali, bau seldri dan lada berpadu. Enak banget. Juga saat digigit ada krenyes-krenyes juga dr brokolinya. Yuk dicobain.. Belanda

15 risoles
2 jam
Kue Putri Mandi Ubi Ungu

Kue Putri Mandi Ubi Ungu

Paling suka Kalo makan kue kue tradisional macam Gini. Ini versi pake kuah santan kental yang membedakannya dengan kue Bugis. Tampilannya Yang cantik berwarna ungu menggoda selera 🤗🤗 Kudapan manis gang bikin senyum kamu tambah manis 😊😊 #ehhhh Late post ..udah dari 6 Bulan Lalu bikinnya, efek malas ngetik inih 🤭 Source : Moona's Kitchen #RecookBubuhanKaltim #BubuhanKaltim #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_samarinda #RecookBubuhanKaltim #barampaan #berampaanubi #BubuhanKaltim #KulaEtamCocok #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kaltim #CookpadCommunity_samarinda

3-4 orang
30 menit
Bakwan Caisim Kobe

Bakwan Caisim Kobe

Assalamualaikum... Selamat pagi semuanya... Akhir pekan ini masak apa nih Bunda ? Gimana kalau kita cobain resep terbaru dari Kobe ? Ya... Bakwan Caisim Kobe. Caisim atau sawi hijau selain dimasak juga enak lho dibikin bakwan. Apalagi buat anak-anak yang susah banget makan sayur, Bakwan Caisim ini adalah solusinya. Dengan menggunakan tepung bakwan Kobe, tekstur bakwan jadi renyah dan empuk. Anak-anak pasti suka... #TepungKobe #BakwanCaisimKobe

Kue ulang tahun praktis

Kue ulang tahun praktis

Aku bikin resep ini utk temanku yg kebetulan ulang tahun .... Ini resepnya praktis ...

10org
40menit
Bakwan Bayam Kobe

Bakwan Bayam Kobe

Assalamu'alaikum... Selamat sore.. Saatnya santai bersama keluarga.. Mensiasati si kecil agar suka makan sayur kali ini saya bikin bakwan Bayam Kobe .. Cara Asyik makan sayur, anak suka...semua org rumah juga suka dan doyan banget sama bakwannya.. Bahan dan cara pembuatannya pun mudah dan simple. Hanya 2 bahan saja .. kalian bisa merasakan nikmatnya sajian bakwan yang krispi dan Renyah. Tidak perlu bumbu tambahan tentunya dengan Tepung Bumbu Bakwan Kress dari @dapurkobe dan campuran Bayam yang dipotong2 sudah jadi sajian nikmat.. Yuk dicoba yukkk Simple. Praktis dan Enak...❤️ #TepungKobe #KobeTepungBakwan #BakwanBayamKobe #CookpadCommunity_kalsel #CaraAsyikMakanSayur

Tahu isi saos jamur

Tahu isi saos jamur

Coba lagi resep dari IG dada.tastes. Ada modifikasi di bahannya. Untuk resep original cek langsung ke IGnya ya.

4 porsi
1 jam 30 menit
Martabak Telur

Martabak Telur

Nyoba buat sendiri, eh ternyata ga mudah ngelebarin adonan kulitnya. Kalo liat abangnya puter-puter adonan, kayanya enak, pas nyoba sendiri, masyaAllah.. #CookpadCommunity_Tangerang

3 orang
1 jam
Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu Isi Mercon Crispy

Tahu isi pedes versi saya ya.. Maafkan gorengan lagi, hihihi.. *boleh di tumis dulu cabenya, tapi rasa pedesnya agak berkurang *boleh juga cabenya disiram minyak panas (seperti membuat sambal korek) untuk menghilangkan bau langu cabe

10 buah
1 jam
Donat kentang HALLOWEEN

Donat kentang HALLOWEEN

Kesukaan anak adalah donat dan sekarang pas banget bulan oktober yakni bulan halloween langsung cus buat donat tema halloween! Yok moms coba di buat!

16pcs donat
1 jam
Bakwan Caisim : Hanya 2 Bahan !

Bakwan Caisim : Hanya 2 Bahan !

Sianggg.... hari Minggu pengennya bikin yg simple2. Nahhh yg lagi mager bisa coba resep satu ini bun : Bakwan Caisim Kobe. Hanya 2 bahan : caisim/sawi hijau dan tepung bakwan kres dari @dapurkobe. Selain bikinnya superrrr gampang karena tidak perlu ditambah bumbu apapun, kress nya juga tahan lama dan bakwan caisim ini bisa menjadi solusi untuk anak yg susah makan sayur. Bakwan caisim Kobe menjadi salah satu cara asik makan sayur ❤️ Yukk cobain bunda 😘 #tepungkobe #kobetepungbakwan #bakwancaisimkobe

Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Dapet challenge dari Kobe, bikin bakwan dari sayuran yang kaya manfaat ini, udah pada tau kan manfaat nya? Ya, Caisim. Sayuran yang menyehatkan karena mengandung sumber Vitamin K, meningkatkan imunitas, memiliki efek antikanker, membantu menyehatkan mata dan juga dapat menurunkan resiko penyakit jantung. Banyak cara untuk mengolah sayur caisim. Kali ini saya sajikan bakwan dengan sayur caisim. Rasanya yang enak dan tekstur nya krees banget saat dimakan. Anak-anak pun pasti suka. Membuatnya juga tidak sulit. Bikin bareng saya ya. Bismillah Source: @dapurkobe #DapurKobe #BakwanCaisim #CookpadCommunity_Palembang #ResepWongKito

10-15 buah
15 menit
Martabak telur kornet kulit lumpia

Martabak telur kornet kulit lumpia

Daripada bengong neh...sore2 hujan mending buat cemilan sore....cuzzz cek kulkas donk....ada telur ama stock daun bawang banyak neh ..hmmm kulit lumpia oh ternyata ada....yuk..ahh buat....

Lumpia Isi Kentang & Wortel

Lumpia Isi Kentang & Wortel

Niat awalnya pengen bikin pastel, kemudian mager menyerang jadilah isian pastel buat isian lumpia. Kebetulan masih ada sisa misoa, jadi saya tambahkan juga untuk isiannya.

22 pcs
Resep cireng kentang

Resep cireng kentang

mirip perkedel cara buat nya. cuzz

4 orang
1 jam
DONAT ENAK, MENUL2 DAN RINGAN

DONAT ENAK, MENUL2 DAN RINGAN

Udah beberapa kali coba resep donut, dan kayaknya ini yg paling pas. Hasil rotinya ringan, menul2, lembut, tidak perlu tambahan kentang.

30-32 pcs
1 jam 30 menit
Tahu Cilok Bunga Telang

Tahu Cilok Bunga Telang

Hasilnya kenyal walo sudah dingin #tahucilok

20 pcs