Donat Kentang Susu

Dipos pada May 4, 2022

Donat Kentang Susu

Anda sedang mencari inspirasi resep Donat Kentang Susu yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Donat Kentang Susu yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Donat Kentang Susu, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Donat Kentang Susu enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Donat Kentang Susu adalah 24 biji. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Donat Kentang Susu diperkirakan sekitar 3 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Donat Kentang Susu sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Donat Kentang Susu memakai 12 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Hasil modifikasi dari resep donat NCC yang diperkenalkan oleh mbak Indah di FtC πŸ₯°, kadar airnya yg saya tambah dan tepungnya saya campur campur, hasilnya sama enaknya dan ini lembut bangeeet nyusss #foodtographyclub #cookpadcommunity_surabaya

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Donat Kentang Susu:

  1. 400 gr Tepung Terigu Pro Tinggi (Cakra)
  2. 100 gr Tepung Terigu Pro Sedang (Segitiga)
  3. 2 sdm maizena
  4. 200 gr Kentang
  5. 1 sachet Ragi Instan (Fermipan @11 gr)
  6. 4 kuning telur
  7. 2 sachet susu bubuk Dancow
  8. 100 gr Gula
  9. 1/2 sdt garam
  10. 75 gr margarin
  11. 1/2 sdt vanili bubuk
  12. 170 ml susu cair

Langkah-langkah untuk membuat Donat Kentang Susu

1
Siapkan dan timbang bahan, rebus kentang (dinginkan) lalu haluskan bersama gula dan kuning telur
Donat Kentang Susu - Step 1
Donat Kentang Susu - Step 1
2
Masukkan semua bahan kering (terigu, susu bubuk, fermipan, vanili bubuk) aduk rata, lalu masukkan bahan cair dan uleni hingga setengah kalis. Masukkan margarin dan garam, uleni lagi hingga benar2 kalis
Donat Kentang Susu - Step 2
3
Diamkan adonan hingga mengembang. Kempeskan lalu timbang sesuai selera (saya 45 gr). Bulatkan lalu taruh di kertas minyak/kertas roti tutup dengan kain bersih. Proofing lagi hingga mengembang lalu lubangi tengahnya dan goreng satu kali balik
Donat Kentang Susu - Step 3
4
Angkat, dinginkan dan siap diberi topping sesuai selera
Donat Kentang Susu - Step 4
Donat Kentang Susu - Step 4
5
Empuk dan Enak banget, buat jualan maupun oleh2 keluarga tersayang ❀️
Donat Kentang Susu - Step 5
Donat Kentang Susu - Step 5
6
Kesukaan si kecil, biar camilannya sehat dan penuh cinta.. buatan ibunya πŸ₯°
Donat Kentang Susu - Step 6
Donat Kentang Susu - Step 6
Donat Kentang Susu - Step 6

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Cilok sambal kacang (takaran sendok)

Tgl tua pengen jajan, akhirnya nguras bahan2 yg ada di dapurπŸ’–πŸ˜€πŸ™

3orang
Donat Manis Meses Warna Warni

Donat Manis Meses Warna Warni

Masih ada stock meses warna warni , Buat donat saja untuk cemilan sore dirumah sambil nunggu orang tercinta pulang kerja , pasti suka dibuatin donat kesukaannya πŸ©πŸ’•πŸ‘©πŸ»β€πŸ³ #kuetradisional #kreasibunda #dapurbahagia #donat #donatmaizena #donatmeses #donatmeseswarnawarni #donathias #donatglaze #tiramisu #donatmanis #dessert #donatmenul #donatempuk #donatlembut #Doughnuts #donuts #toppingdonat #meses

pcs
90 menit
Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Singkong rebus(rahasia singkong mempur ala kang gorengan)

Pernah ga sih kepikiran wlu dianggap sederhana tp ink tips n trik tersendiri mengenai singkongπŸ˜πŸ˜πŸ˜πŸ˜†πŸ˜‰? Klu beli kang gorengan pasti singkongnya mempur bagus.pdhal hasil membuktikan di lapangan kita sering kli dpti singkong krng bagus alias saat sdh di proses hasilnya ga mempur.sebetulnya dilihat mudahnya saat kita mndpti singkong kurang bgus berdampak emng ga mempur alias bisa bantet ibarat kata kerupuknya bgt ya. Saat kita kupas singkong.jika kulitnya mudah mengelupas biasanya ith tandanya singkong bgt dan mampur .sebaliknya jika kekep saat dikupasnya aga susahatau kulitnya nemepel bgt gt.biasanya hsilnya krng bagus Cusss tahap kepoin tahap selanjutnya agat singkong mempur dan bisa merekah yaakkπŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ€—πŸ˜‰πŸ˜† #MasakSetiapBagian

Donat Kentang Empuk

Donat Kentang Empuk

Pecinta donat kentang pasti suka deh. Ini rasa kentangnya kuat dan empuk tahan sampai 3-4 hari ya. Adopsi dari resep donat kentang NCC tapi sedikit saya modifikasi ya bunda.

12 pcs besar
3 jam
Bakwan Labu Siam

Bakwan Labu Siam

Dalam rangka posbar dengan tema palawija, jadi penasaran apa siy itu tanaman palawija, trus googling2. Ternyata palawija itu adalah tanaman rotasi dalam bidang pertanian, yg biasanya ditanam pd saat musim kemarau, krn tanaman ini tidak memerlukan banyak air, dan jenisnya cukup banyak. Kebetulan banget di kulkas masih nyimpan salah satu tanaman palawija yaitu 'labu siam', yg biasanya dimasak tumis pedas gitu. Kali ini coba diolah dg cara lain yaitu dibuat cemilan bakwan. Ternyata enak banget, cocok utk cemilan di pagi hari atau sore... πŸ€—πŸ˜˜. #OlahanPalawijaWongkito #CookpadCommunity_Palembang

Dimsum siomay ayam

Dimsum siomay ayam

Buat cemilan cocok nih buund... bikin yuuuk

Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll)

Bumbu Kacang (bisa untuk pecel, gorengan, cilok, dll)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Source: Dapur Olive Akhirnya kesampean juga bikin sambel kacang sendiri. Pedesnya sedengan. Haluskan kacangnya pake chopper speed sedang ke tinggi selama 3 menit bertahap, dan dibagi 3x prosesnya. Aroma jeruknya ada dikit, gak terlalu kuat. Jadi disesuaikan dgn selera aja. Resep pecelnya terlampir. #AR_PecelPincuk #CookpadCommunity_Tangerang

200 gr
30 menit
Martabak Mini

Martabak Mini

Bismillah.... Source Bude Ati @MomsFirza_310571 Yeeaaayyy..... akhirnya bisa tayang si marmin, mamacih resepnya bude πŸ₯° Resep bude Ati cuzzzzz πŸ‘‡ https://cookpad.com/id/resep/11681411-martabak-manis-mini-115?invite_token=BRpyUYgmiRiTvpewDHYHaPt8&shared_at=1632797764 #Terimakasih_TimCocomtang #Terimakasih_AtiAgusSapto #CookpadCommunity_Tangerang

16. Siomay

16. Siomay

5 org
45menit
Kue Jaring Laba-laba Matcha

Kue Jaring Laba-laba Matcha

Bismillah ... Rabu, 22 September 2021 Goyang dapur bareng Komunitas Paders hari ini temanya Baking Olahan Matcha. Ide dari Mak Hana @IzzaHan yang naik tayang. Maaak temanya syusyah tauuuk πŸ˜‚ udah keliling2 warung di kampung gak Nemu juga si matcha. Untung adekku tadi ke supermarket di kota, gak jadi bolos deh aku πŸ˜‚πŸ˜‚ Aku baru kali ini loh nyobain si matcha ini, ternyata enak yak (jangan bilang katro yaa πŸ˜‚) makasih temanya Mak Hana 😘 Source : Kiki Fhatria #GoDa_Matchaciih #GoDa_Paders #KomunitasPaders #Cookpad_Paders #CookpadIndonesia

Donut Pudding

Donut Pudding

Donat itu termasuk jenis roti, cuma cara memasaknya digoreng dan diberi topping macam-macam πŸ˜‚πŸ˜‚. Nah... Biasanya kalau ada roti sisa yang nganggur dibuat jadi bread pudding, kali ini saya bikin donut pudding pake sisa donat yang ada di toples untuk sarapan, karena donat kalau dipanaskan jadi nggak enak apalagi donat dengan topping. Setelah dibikin jadi donut pudding donatnya enak, nggak keras dan rasa nggak kalah dari bread pudding biasanya. Note : Di sini saya pake donat yang dibaluri gula halus, jadi langsung saya campur jadi satu dalam cup. Kalau menggunakan donat dengan aneka macam topping, pisahkan topping dari donatnya terlebih dahulu atau langsung dipottong tapi dimasukkan dalam 1 cup dengan topping yang sama. Untuk donat yang toppingx tidak dipisahkan takaran gula pada custard vla bisa dikurangi agar tidak terlalu manis. #MasakSetiapBagian #FoodplaceCookingLeague #CookpadCommunity_Kalteng

3 cup
30 menit
Donat

Donat

Gatau saya mau kasih judul apa hahaha Tapi donat ini dalemnya lembut banget, menul-menul juga. Pembuatannya gak pakai mixer apalagi harus di ulenin lama. Tapi waktu masaknya jadi agak lebih lama

3 porsi
Martabak manis tanpa telur

Martabak manis tanpa telur

Lg buat martabak manis,biasa kl lg masak misua suka ngerecokin,apa aja maunya d suruh tambahain.kebetulan ada kismis suruh tambah kismis,manut aja wis dr pd bentrokπŸ˜‚πŸ˜‚

Siomay Ayam

Siomay Ayam

Bismillah.. Meramaikan kelas yoglosemar kemaren tema ngukus.. aq cb bikin siomay yg selama ini aq kira dimsum dan siomay kulit itu sama aja..trnyata emang beda.. maaf karena kmren aq telat nyimak.. mau masuk grup gak bisa otomatis trnyata.. tp aq lihat ulasan dr temen2 yg ikut kelas alhamdulillah lumayan paham..β˜ΊοΈπŸ™ Sumber @setiaanggri #Pekanposbar #Kelasyoglosemar_kukus #Kopijos #Cookpadcommunity_yogyakarta

21 buah
30menit
Pare kukus bumbu somay kw

Pare kukus bumbu somay kw

Punya sisa2 bahan di kulkas,di satu in jadi lah masakan ini,simple dan yummy ,knp bumbu somay nya kw krn sy tidak pakai kacang tanah 😁, yuk kita cek cara membuat nya #CocomtangPost_Kukusan #CookpadCommunity_Tangerang

Bakwan Kulit Semangka - Wortel

Bakwan Kulit Semangka - Wortel

Hey there πŸ₯° Kali pertama saya bikin bakwan dari kulit semangka nih. Dapet petunjuk jalan dari Mbak Vey @Alodia_Kitchen πŸ’πŸ’πŸ’ Terima kasih ya Mbak Vey sharingnya di CP Bali kami. Cakep banget rasa bakwan ini dikreasikan sama si palawija, wortel. My God, so yummy! Bakwan ini bisa untuk cemilan dan bisa juga untuk lauk. Eh tapi ini sih langsung ludes... #MasakSetiapBagian #CPBali_OlahanPalawija #CookpadCommunity_Bali

20 menit
Donat maizena empuukk

Donat maizena empuukk

Dah lama bgt gak bikin donat.. Pgen bikin tapi males kupas" kentang,cari resep di cookpad Alhamdulillah dapet resep ny mbk Wiwit Sri w .. Bahan nya simple,cara bikin nya jg mudah .. rasa nya dijamin enaakkk lembut empuukkk.. Catet dlu resep nya sebelum kelupaan hehe..

Bakwan Caisim

Bakwan Caisim

Bismillah.. Selamat sore moms.. ujan ga..disini mulai mendung2 manjah.. Weekend+ mendung enaknya ngemil bareng keluarga ya moms.. Kebetulan anak2 minta bikin gorengan aja yang simple dan kesukaan.. tapi.. Pas uprek kulkas ternyata stok sayuran tinggal cesim doang, maklum baru besok jadwalnya belanja sayur mingguan.. Dipikir2 belom pernah nii coba bikin bakwan pake cesim, trs kenapa ga dicoba.. Eh ternyata dimakan anget2 enak loh, palagi cuma 2bahan aja ini, pake Tepung Bakwan Kress dari @DapurKobe yang bikin ga males kalo mau bikin gorengan sendiri.. Cocolin aja pake sambel kesukaan.. Ini moms resepnya.. #BakwanKobe #BakwanCaisimKobe